MASIGNCLEAN103

Apa itu Bisnis MLM dan Bagaimana Cara Kerjanya?Penting!!!

Pengertian dan Pola Bisnis Multi Level Marketing

MLM adalah singkatan dari Multi Level Marketing yaitu strategi pemasaran suatu produk dengan system jaringan. Yang mana Sales (penjual) akan mendapat keuntungan dari hasil penjualan produk tersebut dan juga kompensasi penjualan dari sales yang Ia rekrut.

Artinya semakin Anda berhasil menjual banyak produk maka keuntungan yang didapat juga semakin besar.

Agar system MLM ini berjalan maka Anda harus merekrut orang lain untuk menjadi sales seperti Anda saat ini. Nah, jika orang yang Anda rekrut berhasil menjual produk maka Anda juga mendapat kompensasi keuntungan sekian persen.

Sehingga semakin banyak orang yang Anda rekrut maka Keuntungan yang bisa Anda dapatkan juga semakin besar.

Tingkatan Multi Level Marketing

Ada dua istilah yang sering digunakan dalam dunia MLM yaitu Upline dan Downline.
  • Upline yaitu seseorang yang telah merekrut Anda.
  • Downline yaitu orang yang Anda rekrut.
Pada umumnya member MLM akan diklasifikasikan tingkatannya berdasarkan banyaknya downline yang ia miliki dan omset penjualannya. Semakin banyak downline maka akan semakin tinggi tingkatannya.

Untuk memulai join bisnis MLM Anda harus disponsori atau bergabung sebagai downline dari seseorang yang telah terlebih dahulu menjadi member sebuah bisnis MLM.

Biasanya untuk bergabung akan ada modal yang harus dikeluarkan yaitu untuk biaya pendaftaran dan mengisi formulir pendaftara. Setelah diterima akan mendapatkan kartu anggota, buku pedoman,Informasi produk,formulir pesanan dan informasi penting lainnya.

Anda juga akan menandatangani kontrak yang berisi ketentuan penjualan harga produk dan informasi keuntungan beserta bonus dan komisi.

Tugas Anda selanjutnya adalah berjualan produk tersebut. Untuk penjualannya bebas bisa secara offline maupun online.

Sembari berjualan Anda diharuskan memperluas jaringan penjualan dengan cara merekrut orang sebanyak banyaknya untuk menjadi downline Anda.

Terkadang bisnis ini dianggap sebagai konsep bisnis piramida. Tidak sedikit orang beranggapan negative terhadap bisnis MLM.

Hal ini karena tidak sedikit bisnis ‘’money game’’ dengan berkedok MLM. Tapi bukan berarti semua bisnis yang berbau MLM adalah penipuan.Karena banyak juga teman sekolah saya yang sukses menjalankan bisnis MLM.

Namun Anda harus hati hati jika ada yang mengajak bisnis yang berbau MLM. Lihat dahulu apakah ada orang yang sukses menjalankan bisnis tersebut, apakah produknya dibutuhkan masyarakat atau tidak? Sebab jika produknya tidak terlalu dibutuhkan orang, bagaimana kita akan menjualnya.

MLM yang sehat dan benar system keuntungannya tidak memulu hanya dari merekrut orang tapi juga dari penjualan produk.

Sehingga meskipun Anda belum berhasil merekrut orang, tetap masih bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan produk.

Dan masih banyak hal lainnya yang akan kita bahas pada artikel selanjutnya. Pada kesempatan berikutnya kita akan membahas Tips Cara memilih bisnis MLM yang benar, aman dan menguntungkan beserta perbedaan bisnis MLM real dan MLM penipuan.

Baca juga >> Perbedaan bisnis MLM dan Money Game berkedok MLM

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, semoga Anda sehat selalu dan sukses dalam bekerja maupun berusaha.
Share This :
iq bisnis

Mulai Mengetik Lalu Tekan Enter Untuk search