MASIGNCLEAN103

+10 Kelebihan dan Kekurangan Pinjam Uang Dana Modal di BANK

Inilah Untung dan Ruginya Meminjam Uang di Bank

Biasanya jalan yang ditempuh ketika kita memiliki kebutuhan keuangan yang mendesak atau kebutuhan keuangan untuk membangun maupun mengembangkan usaha dan bisnis adalah dengan melakukan pinjaman uang.

Bank merupakan tempat yang kerap kali menjadi tujuan untuk mengajukan pinjaman terutama para pengusaha karena dibank mereka bisa mendapatkan bantuan dana permodalan dalam bentuk pinjaman atau kredit.

Mengajukan  pinjaman atau kredit kebank memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, oleh karena itu sebelum anda bermaksud pergi kebank untuk mengajukan permohonan pinjaman sebaiknya mengetahui terlebih dahulu tentang untung dan ruginya meminjam dana modal usaha ke bank.

Keuntungan dan Kerugian Meminjam Uang di Bank


Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan pinjam uang dibank, ada beberapa hal hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pinjaman uang baik ke bank maupun orang lain seperti keluarga dan teman.

Inilah hal hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pinjaman uang:


1. Tujuan pinjaman harus jelas

Maksudnya adalah tidak disarankan menggunakan uang pinjaman untuk berfoya foya seperti membeli barang yang tidak penting,jalan jalan, dll.

2. Harus memiliki sumber penghasilan yang jelas

Jangan sampai pada saat mengajukan pinjaman uang atau modal kebank, anda tidak mempunyai sumber penghasilan atau pekerjaan yang jelas, karena nanti akan kesulitan dalam membayar cicilan hutang tersebut.

3. Pilih jangka waktu pinjaman sesuai kemampuan

Sebaiknya jangka waktu pelunasan cicilan tidak terlalu lama, namun disesuaikan dengan kemampuan anda. Tetapi jika anda mampu untuk membayar cicilan hutang dalam waktu yang lebih cepat, pilihlah jangka waktu pendek.

Karena semakin lama, semakin besar bunga pinjaman yang harus dibayarkan.

4. Pastikan nilai atau besarnya pinjaman tepat sesuai kebutuhan

Sebaiknya jangan melebihkan jumlah pinjaman untuk hal hal yang tidak masuk dalam daftar kebutuhan yang direncanakan dari awal.

5. Pastikan kejelasan produk pinjaman atau kredit seperti suku bunga, besarnya cicilan dan besarnya denda jika telat bayar.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan mengajukan permohonan pinjaman uang untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya gagal bayar atau kredit macet ditengah jalan nantinya.

Baca Juga => Solusi Cara Mengatasi Kredit Macet/ Gagal bayar di Bank
untung dan ruginya pinjam uang di bank

Kelebihan Meminjam Uang atau Dana Modal di Bank


Berikut Keunggulan atau Keuntungan dan Manfaat Meminjam Uang/kredit di Bank:


1. Menawarkan beragam kemudahan

Untuk nasabah yang secara teratur telah menyimpan uangnya dibank, sangat besar kemungkinannya pihak bank akan mempermudah pengajuan permohonan pinjaman atau kredit.

Persyaratan untuk pengajuan pinjaman juga terbilang mudah yaitu dokumen pribadi dan riwayat kredit (jika ada).

Baca juga => Cara Mengajukan Permohonan Pinjaman Cepat di Setujui

2. Tersedia beragam jenis pinjaman

Terdapat banyak produk pinjaman mulai dari Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan Kredit Multiguna.

Setiap produk pinjaman memiliki kriteria dan kelebihannya masing masing, sehingga nasabah hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhannya.

Baca Juga => Lebih Pilih Mana antara Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau Kredit Dengan Agunan?

3. Bank tidak ikut campur dengan urusan bisnis yang dijalankan nasabah

Maksudnya yaitu meskipun bank adalah pemberi pinjaman modal, namun bank sama sekali tidak akan ikut campur dalam bisnis yang dijalankan dengan uang pinjaman tersebut.

Hal utama yang akan diurusi oleh bank adalah kelancaran dan kedisiplinan nasabah dalam membayar atau mengembalikan cicilan pinjaman.

4. Bunga rendah

Biasanya produk pinjaman untuk jenis usaha mikro memiliki tingkat suku bunga yang lebih kecil atau rendah jika dibandingkan dengan produk pinjaman lain yang bersifat konsumtif.

5. Agunan/jaminan lebih aman

Disaat meminjam uang atau dana di bank, biasanya nasabah akan diminta untuk menyerahkan jaminan atau agunan berupa asset berharga. Dan untuk hal ini pihak bank akan sepenuhnya bertanggung jawab terhadap keamanan agunan tersebut.

7. Pembayaran pinjaman dapat diprediksi, karena tidak terpengaruh pada fluktuasi bisnis

8. Adanya kejelasan suku bunga pinjaman yang telah disepakati bersama dan bunga yang ditetapkan bank sesuai standar.

9. Menambah kekurangan modal secara mudah dan cepat

10. Dapat membantu membuka usaha baru dengan dana pinjaman yang didapatkan dari bank

Kekurangan Meminjam Uang di Bank


Berikut ini kerugian ,resiko dan bahaya meminjam uang atau kredit di bank:


1. Prosesnya yang rumit

Meskipun persyaratannya tergolong mudah, tidak sedikit bank yang memberlakukan proses yang berbelit belit.

Diantaranya: setelah menerima formulir permohonan pinjaman, mereka akan memverifikasi dan selanjutnya melakukan survey terhadap usaha yang dijalankan si pemohon. Selanjutnya kembali melakukan verifikasi dan beberapa prosedur lainnya.

2. Memerlukan atau menghabiskan banyak waktu

Dikarenakan prosesnya yang rumit dan juga berbelit belit, tidak sedikit nasabah yang harus menunggu sampai berhari hari bahkan hingga berminggu minggu untuk menerima dana pinjaman.

3. Lebih mengutamakan nasabah (yang pernah meminjam) yang memiliki riwayat pinjaman yang baik.

Walaupun merupakan kebijakan bank, biasanya pihak bank memilih milih nasabah. Nasabah yang pernah mendapat pinjaman dan memiliki riwayat yang baik atau lancar dalam membayar cicilan akan lebih mudah mengajukan pinjaman baru.

Sedangkan nasabah baru biasanya harus rela mengikuti berbagai prosedur yang merepotkan karena dianggap memiliki resiko tinggi.

4.Apabila tidak sanggup melunasi hutang atau gagal bayar, maka agunan akan menjadi milik bank.

Hal ini merupakan yang paling ditakutkan oleh masyarakat dalam mengajukan pinjaman kebank. mereka takut jika ternyata usaha yang dijalankan hasil keuntungannya tidak mencukupi untuk mencicil hutang tersebut.

Dan jika itu terjadi mereka harus merelakan aset yang dijadikan agunan menjadi milik bank.

5. Tidak mendapatkan jumlah uang sesuai kebutuhan

Umumnya pihak bank akan memberikan besarnya nilai pinjaman sesuai dengan nilai dari aset yang dijadikan jaminan atau agunan.

Untuk hal tersebut jika nilai taksiran bank lebih rendah dari yang dibutuhkan oleh nasabah, maka nasabah harus mau mencari tambahan dari sumber lainnya.

6. Waktu cicilan pelunasan harus tepat waktu dan jika telat akan dikenakan denda

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari pinjam uang atau dana untuk modal usaha ke bank.

Semoga pembahasan ini dapat membantu anda dalam memahami keputusan sebelum meminjam uang di bank.

Sebenarnya tidak ada yang harus ditakutkan untuk meminjam uang dibank jika anda memiliki manajemen keuangan yang baik yaitu jangan meminjam uang melebihi batas kemampuan anda, biasanya batas kemampuan yang disarankan yaitu maksimal cicilan pinjaman perbulan adalah 30% dari pendapatan anda perbulan.

Contohnya jika penghasilan anda perbulan Rp 10 juta, maka jika anda mengajukan pinjaman sebaiknya memilih cicilan pelunasan yang maksimal Rp 3 juta perbulan. Semoga bermanfaat.
Share This :
Eko Susilo
avatar

Terima kasih atas infonya sangat bermanfaat, ditunggu info bermanfaat selanjutnya. Jangan lupa kunjungi website kami juga ya di http://bpr.bba.com/
semoga sukses selalu :)

1 Agustus 2018 16.21

Mulai Mengetik Lalu Tekan Enter Untuk search