MASIGNCLEAN103

7 Jenis Investasi Jangka Panjang Paling Menguntungkan

Pengertian, Contoh, Jenis dan Keuntungan Investasi Jangka Panjang

Pada kesempatan ini kita akan membahas pengertian dan jenis jenis investasi jangka panjang beserta tujuan keuntungannya.

Salah satu cara untuk melakukan diversifikasi sember pendapatan agar penghasilan semakin meningkat adalah dengan berinvestasi.

Berinvestasi lebih menguntungkan ketimbang membiarkan dana mengendap di tabungan, melalui investasi dana tersebut akan diputar dengan tujuan menghasilkan lebih besar lagi.

Menurut jangka waktunya investasi dibedakan menjadi 2 macam yaitu
  1. Investasi jangka pendek (kurang dari 1 tahun)
  2. Investasi jangka panjang ( diatas 1 tahun)

Apa itu Investasi Jangka Panjang? 


Investasi jangka panjang yaitu suatu penanaman modal yang diputar dan baru bisa dicairkan minimal setelah jangka waktu satu tahun.

Karena jangka waktunya yang panjang maka investasi jenis ini hanya cocok untuk investor yang sabar menyaksikan uangnya tumbuh secara perlahan.
contoh jenis investasi jangka panjang dan keuntungannya


Keuntungan investasi jangka panjang dibandingkan investasi jangka pendek

Berdasarkan perbedaan jangka waktu yang dilakukan, maka hal tersebut juga mempengaruhi tingkat keuntungan yang diperoleh.Yang mana investasi jangka panjang memiliki peluang keuntungan yang lebih besar dibandingkan investasi jangka pendek.

Tujuan Investasi Jangka Panjang

Berikut tujuan investasi jangka panjang secara umum:

  • Mendapatkan penghasilan tetap dalam setiap periode, contohnya royalti, bunga, deviden, uang sewa,dll
  • Membentuk dana khusus, contohnya dana untuk membeli rumah, dana untuk ekspansi usaha/bisnis, dana untuk pensiun, dll
  • Mengendalikan dan mengontrol perusahaan lain melalui kepemilikan ekuitas (saham)
  • Menjamin ketersediaan bahan baku dan memperoleh pasar untuk produk yang dihasilkan dengan tujuan meminimalisir risiko kerugian
  • Menjaga hubungan antar perusahaan
  • Mengurangi persaingan perusahaan yang sejenis

Apa saja bentuk investasi jangka panjang?

Terdapat banyak pilihan bentuk investasi jangka panjang, misalnya dalam bentuk:
  • Tanah/bangunan, emas
  • Tabungan atau deposito
  • Saham
  • Obligasi
Investasi jangka  panjang dalam bentuk obligasi memberikan jaminan yang pasti atas penerimaan bunga selama periode waktu tertentu dengan tidak dipengaruhi oleh kondisi pasar, sebab kesepakatan telah ditetapkan dari awal.

Namun investasi jangka panjang dalam bentuk saham memiliki peluang penghasilan yang lebih tinggi dari bentuk obligasi jika perusahaan memperoleh keuntungan tinggi, namun juga memiliki resiko yang lebih tinggi.

Jenis Jenis Produk Investasi Jangka Panjang Terbaik dan Potensial


Berikut ini jenis jenis investasi jangka panjang yang ada di Indonesia:

1. Investasi Saham

Saham adalah surat berharga kepemilikan sebuah perusahaan. Saham memiliki potensi peluang keuntungan yang lebih besar ketimbang jenis investasi yang lain, namun juga memiliki potensi resiko kerugian yang besar pula ( high risk, high return ).

Dengan membeli saham artinya anda juga membeli kepemilikan perusahaan yang nantinya juga menanggung keuntungan dan kerugian perusahaan tersebut. Besarnya nilai kepemilikan saham sesuai dengan porsi saham yang dimilikinya.

Meskipun saham termasuk investasi jangka panjang, saham juga bisa dijadikan investasi jangka pandek, yaitu dengan cara melakukan jual beli saham atau yang lebih dikenal dengan trading saham. Membeli saham disaat harga masih murah dan menjualnya kembali ketika harga sudah naik atau mendapatkan keuntungan.

Baca juga => Apa itu Investasi Saham?

2.Investasi Reksadana

Reksadana yaitu kegiatan penghimpunan dana dari masyarakat, yang kemudian dana tersebut akan diolah dan dikelola oleh manajer investasi sesuai dengan jenis reksadana yang dipilih oleh investor.

Reksadana banyak dipilih oleh masyarakat atau investor yang memiliki uang lebih, namun tidak mempunyai banyak waktu atau kemampuan investasi, tetapi ingin turut merasakan pertumbuhan uangnya.

Melalui reksadana artinya investor menyerahkan uangnya untuk dikelola oleh manajer investasi, sehingga investor hanya mengawasi saja.

Beberapa manfaat memiliki investasi reksadana diantaranya investor yang memiliki sedikit dana dapat melakukan diversifikasi investasi sehingga semakin kecil resiko investasi.

Reksadana merupakan surat berharga sebagai klaim bukti atau aset. Keunggulan reksadana yang lain yaitu tersedia banyak pilihan yang bisa diambil oleh investor dalam menanamkan dananya, diantaranya: saham, obligasi, pasar uang, dll.

Sebagai investor tinggal memilih instrumen investasi mana yang menurutnya paling cocok sesuai dengan keuntungan dan tingkat resiko yang siap ditanggung.

Selengkapnya Baca juga => Apa itu Investasi Reksadana?

3.Investasi Emas

Emas paling banyak dimiliki oleh masyarakat ketimbang investasi jangka panjang lainnya, meskipun mereka memiliki emas tidak selalu dengan tujuan investasi jangka panjang.

Emas adalah salah satu bentuk investasi terbaik bagi mereka yang tidak ingin terlibat dengan High risk, High return seperti investasi saham.

Emas memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan memiliki harga yang stabil dan cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Berinvestasi emas akan terasa keuntungannya jika menyimpan emas dalam jangka waktu diatas 1 tahun.

5.Investasi Obligasi 

Obligasi adalah surat berharga bukti telah memberikan pinjaman dana kepada pihak penerbit obligasi. Yang mana pihak penerbit harus membayar bunga dan hutang pokok sebelum jatuh tempo.

Investor atau pemegang obligasi akan mendapatkan keuntungan atau bunga yang disebut kupon. Pihak yang berhak menerbitkan obligasi adalah perusahaan swasta, perusahaan pemerintah (BUMN) dan pemerintah daerah.

Selengkapnya Baca Juga => Apa itu Obligasi?

7. Investasi Tanah dan Bangunan (Property)

Barang atau produk yang memiliki nilai investasi yang tinggi selain emas adalah tanah dan bangunan. Investasi ini juga dikenal dengan investasi property.

Tanah dan bangunan merupakan investasi yang menguntungkan dan menjanjikan, sebab tanah dan bangunan selalu mengalami kenaikan harga setiap tahunnya.

Namun untuk dapat melakukan investasi properti dibutuhkan dana atau modal yang tidak sedikit. Jika anda memiliki kelebihan dana silahkan mencoba untuk memiliki investasi ini, namun untuk anda yang memiliki keterbatasan dana bisa memanfaatkan kredit kepemilikan rumah.

Nah, itulah beberapa jenis investasi jangka panjang yang dapat dijadikan pilihan untuk anda yang berencana melakukan investasi. Pastikan memilih jenis investasi yang cocok seuai dengan kebutuhan anda.
Share This :
Eko Susilo

Mulai Mengetik Lalu Tekan Enter Untuk search