MASIGNCLEAN103

+5 Jenis Peluang Usaha Potensial/Prospek yang Cocok di Desa

Kumpulan Ide Peluang Usaha dan Bisnis Yang Prospek dan Menjanjikan di Kampung atau Desa

Pada kesempatan ini kita akan membahas apa saja jenis usaha yang cocok,prospek,menjanjikan dan menguntungkan untuk dijalankan dikampung atau didesa.

Banyak jenis usaha yang tadinya hanya dikota besar yang saat ini sudah ada didesa dan sukses.

Beragam jenis peluang usaha didesa berkembang maupun didesa yang masih sepi atau terpencil yang bisa diterapkan sebagai usaha untuk mendatangkan penghasilan. Mulai dari usaha dagang hingga industri rumahan.

Peluang usaha dan bisnis yang menjanjikan dan memiliki masa depan yang bagus banyak sekali pilihannya, hanya tinggal bagaimana kita bisa menganalisa salah satu jenis usaha yang paling berpotensi untuk dijalankan.

Bertempat tinggal di kampung atau desa tidak berarti memiliki keterbatasan untuk menjalankan usaha dan bisnis. Sama juga dengan masyarakat perkotaan yaitu sama sama masih tergantung dengan pihak lain untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari.

Akhir akhir ini sudah mulai banyak orang yang tadinya merantau dikota, pindah ke desa dan bermaksud mendirikan usahanya didesa. Banyak alasan yang membuat mereka meninggalkan kota diantaranya karena sudah jenuh tinggal dikota.

Untuk anda yang saat ini berniat akan mendirikan bisnis atau usaha namun masih bingung, berikut ini beberapa rekomendasi jenis usaha yang cocok untuk dijalankan dipedesaan.
kumpulan ide peluang usaha dan dagang yang prospek menjanjikan didesa

Kumpulan Daftar Jenis Usaha Yang Prospek dan Menjanjikan di Desa


Berikut ini beberapa contoh jenis usaha yang cocok untuk dilakukan di desa:
  1. Peluang usaha bidang pertanian
  2. Peluang usaha bidang budidaya dan ternak
  3. Peluang usaha bidang perdagangan
  4. Peluang usaha bidang jasa
  5. Peluang usaha bidang industri

1. Peluang Usaha di Bidang Pertanian


 Usaha pertanian sangat cocok untuk dilakukan diwilayah yang masih terdapat lahan yang luas seperti persawahan dan ladang.

Usaha pertanian merupakan usaha yang tidak ada matinya dan akan selalu dibutuhkan, mengingat hasil pertanian adalah kebutuhan pokok manusia.

Berikut ini beberapa pertanian yang memiliki prospek menjanjikan:


1.Pertanian Padi

Tanaman padi merupakan penghasil beras, yang mana beras adalah makanan pokok masyarakat Indonesia.

Saat ini permintaan kebutuhan beras di Indonesia belum terpenuhi jika mengandalkan hasil pertanian di negeri sendiri, sehingga saat ini kita masih harus mengimpornya dari luar negeri. Pertanian padi adalah usaha yang tidak ada matinya, selain bisa dikonsumsi sendiri dan juga dijual.

2. Pertanian Sayuran dan Buah Buahan

Sayuran dan buah juga termasuk kebutuhan penting untuk masyarakat Indonesia. Dan bisa dipastikan usaha jenis ini juga memiliki prospek yang menjanjikan. Sayuran dan buah buahan beragam dan banyak sekali macamnya, pastikan memilih jenis yang cocok dengan daerah anda.

3. Usaha dan Bisnis Tanaman Hias

Bisnis ini merupakan usaha yang sedang populer pada bidang pertanian. Usaha ini memiliki pangsa pasar yang sangat luas dan juga potensi keuntungan yang didapatkan juga sangat besar.

4. Pertanian dan Bisnis Rempah Rempah

Rempah rempah juga termasuk usaha yang menjanjikan dan potensi keuntungannya juga lumayan besar. Rempah rempah yang biasanya banyak dibutuhkan diantaranya Bawang merah, bawang putih, jahe, lada, cengkeh, ketumbar, merica, pala, seledri, dll.

Rempah rempah asli dari Indonesia sangat disukai oleh masyarakat dalam dan luar negeri. Selain itu kita tidak akan sulit untuk menjualnya, sebab sudah banyak pedagang, pengepul dan bandar yang siap menerima hasil panen dari rempah rempah dengan harga mahal.

5. Usaha Tanaman Hidroponik

Usaha menanam tanaman dan sayuran secara hidroponik merupakan usaha dibidang pertanian yang sedang populer saat ini. Hal ini karena harga jual produk sayuran hidroponik lebih mahal jika dibandingkan dengan sayuran yang ditanam secara konvensional.

Sayuran hidroponik dikatakan lebih sehat, lebih bersih dan memiliki rasa yang lebih enak dimakan. Hal ini menjadi alasan kenapa peluang usaha tanaman hidroponik layak sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Sebab usaha tanaman hidroponik termasuk usaha pertanian yang menguntungkan.

6. Pertanian Cabe Merah Keriting

Di Indonesia hampir sebagian banyak orang menyukai rasa pedas.  Banyak rumah makan dan restoran menggunakan cabai merah keriting sebagai bumbu olahannya. Permintaan akan cabai masih belum terpenuhi dan hal tersebut menjadikan harga cabai masih tinggi.

Peluang usaha bertani cabai termasuk usaha yang memiliki prospek bagus dan menjanjikan.

2. Peluang Usaha di Bidang Budidaya dan Peternakan


Selain usaha pada sektor pertanian, peluang usaha pada bidang peternakan juga tidak kalah menjanjikan dan menguntungkan.

Untuk beternak ada jenis ternak yang membutuhkan lahan sempit dan luas, jadi hal ini bisa juga dijadikan pertimbangan dalam memilih usaha ternak.

Jika anda sedang mencari usaha ternak yang paling cepat panen, mudah, menguntungkan atau menghasilkan dalam waktu singkat dengan modal kecil ataupun besar,

Berikut ini jenis usaha ternak yang bisa dijadikan pilihan usaha didesa:


1. Peluang Usaha Ternak Ayam Pedaging

Bisnis ternak ayam pedaging atau ayam boiler sudah banyak didesa desa. Ternak ayam boiler mudah untuk dilakukan dan memiliki potensi keuntungan yang cukup besar.

Hanya saja anda harus menyiapkan tempat yang jauh dari rumah rumah warga, karena biasanya akan menimbulkan bau yang tidak sedap yang ditimbulkan dari kotoran ayam tersebut.

2. Peluang Usaha Ternak Bebek

Biasanya ternak bebek lebih potensial untuk diambil telornya,  telor bebek memiliki harga yang lebih mahal ketimbang telor ayam. Selain itu permintaan akan pasar masih belum sepenuhnya terpenuhi menjadikan usaha ternak bebek masih menjanjikan untuk dilakukan.

Selain diambil telornya, biasanya bebek bebek jantan dan betina yang sudah tidak produktif dijual untuk dijadikan bebek konsumsi.

Dilihat dari persaingan usahanya, saat ini makin sedikit yang menggeluti usaha ini sehingga persaingan semakin kecil.

Justru persaingan pembeli yang meningkat, hal ini terbukti dengan kebanyakan para peternak bebek hasil telornya sudah dibooking terlebih dahulu oleh pengepul karena para pengepul tidak ingin kehilangan pasokannya jikalau didahului pembeli lainnya.

Usaha ternak bebek termasuk jenis usaha yang menjanjikan dan menguntungkan serta memiliki prospek yang cerah.

3. Peluang Usaha Ternak Sapi

Salah satu usaha ternak yang potensi untungnya paling besar yaitu usaha ternak sapi. Sampai sekarang ini permintaan pasar di Indonesia akan kebutuhan sapi masih sangat tinggi dan belum sepenuhnya tercukupi.

Bahkan harga daging sapi di Indonesia tergolong lebih tinggi dibandingkan dengan negara negara di Asia Tenggara lainnya.

Untuk memenuhi kebutuhan daging sapi di negara kita, pemerintah mengimpor sapi dari Australia dan India.

Peluang usaha ternak sapi masih sangat menjanjikan dan terbuka lebar dengan persaingan yang sedikit. Hal ini menjadikan usaha ternak sapi sangat menguntungkan dan memiliki prospek masa depan yang sangat bagus.

4. Peluang Usaha Ternak Kambing

Ternak kambing termasuk peluang usaha yang menguntungkan dalam waktu singkat pada sektor peternakan.

Biasanya masyarakat pedesaan beternak kambing dijadikan sebagai usaha sampingan. Namun meskipun dijadikan usaha sampingan keuntungan yang diperoleh lumayan besar karena harga jual kambing saat ini terbilang mahal. Terlebih pada saat menjelang hari raya Idul Adha, harganya bisa dua kali lipat dari harga biasanya.

Untuk beternak kambing sangat mudah, bahkan untuk makanannya bisa didapatkan dengan gratis asal kita mau mencari rumput sebagai makanannya.

5. Peluang Usaha Ternak Burung Kicau

Ternak burung bisa dijadikan usaha sampingan maupun usaha utama. Saat ini jumlah pecinta atau penghobi burung semakin meningkat dan populer.

Untuk ternak burung mulailah dengan jenis burung yang mudah diternakkan dan mudah dalam penjualannya seperti burung love bird, kenari, kacer, murai batu, dan lain lain.

6. Peluang Usaha Burung Walet

Usaha ternak burung walet termasuk usaha yang paling mudah dilakukan dan menghasilkan keuntungan besar. Telah banyak orang yang sukses dari usaha beternak sarang burung walet.

Harga jual sarang burung walet yang terbilang tinggi dan memiliki pangsa pasar yang masih sangat terbuka lebar untuk diekspor terutama ke cina. Usaha sarang burung walet tidak menyita banyak waktu sehingga usaha ini sangat cocok dijadikan sebagai usaha sampingan.

Untuk bisa memulai usaha ini diperlukan ruangan berupa gedung sebagai tempat tinggal burung walet bersarang, perlengkapan suara pemanggil burung walet dan lain lain.

Meskipun modal awalnya cukup besar tetapi juga memiliki keuntungan yang besar pula. Karena  air liur pada sarang walet bisa dijual dengan harga puluhan juta rupiah perkilogram.

7. Peluang Usaha Ternak Burung Puyuh

Permintaan pasar akan kebutuhan telor burung puyuh masih sangat tinggi dan peluang usaha ini masih sangat menjanjikan dan prospek untuk dijalankan.

Usaha ternak burung puyuh bisa dengan dua cara yaitu ternak dengan tujuan untuk mengambil telurnya atau ternak dengan tujuan pembibitan atau menjual bibit burung puyuh ke peternak lain. Atau anda bisa melakukan keduanya sekaligus.

8. Peluang Usaha Ternak Belut

Ternak belut termasuk usaha yang masih sedikit saingannya namun permintaan kebutuhan masyarakat sangat tinggi sehingga harga belut sangat mahal.

Untuk beternak belut bisa juga dilakukan pada lahan sempit yaitu menggunakan tong atau drum bekas.

Sekarang ini sudah sulit untuk mendapatkan belut disawah, tidak seperti beberapa tahun sebelumnya. Banyak belut yang tidak bisa bertahan hidup akibat banyak petani yang menggunakan bahan kimia untuk membunuh hama padi.

Usaha ternak belut akan sangat menjanjikan, sesuai dengan hukum ekonomi yaitu semakin banyak permintaan dan sedikit persediaan barang, maka harganya akan naik tinggi.

9. Peluang Usaha Ternak Ikan

Jika didaerah tempat tinggal anda banyak tersedia air mengalir bisa dimanfaatkan untuk budidaya atau beternak ikan. Beberapa jenis ikan yang banyak diminati yaitu ikan lele, nila, bawal,kakap, gurame dan lain lain.

Selain ikan, hewan air yang memiliki harga cukup tinggi yaitu udang. Udang memiliki pangsa pasar yang luas yaitu dalam negeri dan diekspor keluar negeri. Tidak sedikit orang yang sukses dari beternak udang.

10. Peluang Usaha Ternak Lebah Madu

Madu adalah cairan yang dikumpulkan oleh lebah lebah yang memiliki rasa manis dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Usaha ternak lebah madu termasuk usaha yang menguntungkan dan memiliki prospek sangat bagus. Masih sedikit orang yang memilih beternak madu, hal tersebut menjadikan usaha ini memiliki peluang yang sangat lebar untuk dijalankan.

3. Peluang Usaha di Bidang Perdagangan


Berikut ini usaha dagang yang cocok dan akan laris untuk dilakukan didesa:


1. Toko Pertanian dan Peternakan

Umumnya dipedesaan banyak masyarakat yang berprofesi sebagai petani ataupun peternak entah itu sebagai pekerjaan utama maupun sebagai pekerjaan sampingan.

Yang tentu saja petani akan membutuhkan pupuk agar tanamannya tumbuh subur dan membutuhkan pestisida agar tanamannya terhindar dari hama.

Begitu juga dengan peternak tentu saja membutuhkan pakan untuk ternaknya. Selain itu anda bisa menjual beragam kebutuhan lainnya seperti peralatan pertanian dan peternakan.

Usaha ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan dan menjadikan usaha ini sangat menjanjikan dan menguntungkan.

2. Pengepul Panen Pertanian dan Ternak

Pada masa penen tiba para petani dan peternak sangat membutuhkan pedagang yang mau membeli hasil panennya. Disinilah peran pedagang atau pengepul untuk membeli hasil penen mereka.

Menjadi pengepul memiliki potensi keuntungan yang lumayan, apalagi jika bisa menjual kebanyak kota didearah lain yang harganya lebih mahal.

3. Usaha Menjual Bibit Tanaman

Bibit tanaman tidak hanya dibutuhkan oleh sektor pertanian dan perkebunan saja, selain itu banyak juga orang yang memiliki hobi menanam juga membutuhkan bibit tersebut untuk ditanam sendiri di sekitar rumahnya.

Anda bisa menyediakan bibit buah buahan, tanaman hias dan bibit lainnya yang masih jarang didaerah anda.

4. Usaha Ayam Potong Cabut Bulu

Usaha ini biasanya menjual ayam yang masih hidup beserta jasa potong ayam sekaligus membersihkan bulu bulu ayam tersebut.

Saat ini banyak orang yang serba ingin lebih praktis dan cepat salah satunya dengan membeli ayam potong cabut bulu.

Usaha ini termasuk usaha yang laris dan menguntungkan dijalankan didesa, karena untuk saya sendiri juga lebih memilih beli ayam ditukang cabut bulu ketimbang beli ayam yang sudah dipotong potong ditukang daging.

Alasannya kalo di tukang cabut bulu kita memilih ayam yang masih hidup dan lebih fresh tentunya. Peluang usaha ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Untuk memulai usaha ayam potong cabut bulu yang terpenting menyiapkan alat untuk membersihkan bulu ayam.

5. Usaha Agen atau Jualan Gas LPG

Saat ini hampir setiap orang memasak memerlukan gas LPG sebagai bahan bakarnya. Gas LPG termasuk kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan. Boleh dibilang usaha ini termasuk usaha yang tidak ada matinya.

Untuk memulai sebagai agen penjual gas LPG harus mengajukan ijin ke Pertamina terlebih dahulu.

6. Usaha Pertamini atau Pom Bensin Mini

Pertamini atau pom bensin mini merupakan usaha yang sedang populer saat ini. Sebenarnya sama seperti menjual bensin eceran, hanya saja menggunakan alat seperti yang digunakan pada SPBU pertamina.

Usaha ini termasuk usaha yang tidak ada matinya karena bbm merupakan kebutuhan pokok untuk kendaraan bermotor. Yang mana hampir sebagian besar orang memiliki kendaraan bermotor.

Untuk memulai usaha pertamini bisa dengan modal Rp 5 juta, semakin besar modalnya tentu saja semakin bagus.

7. Usaha Toko Bangunan

Untuk membuka usaha toko bangunan memang membutuhkan modal yang lumayan besar, tetapi juga memiliki potensi keuntungan yang besar.

Banyak pengusaha yang sukses menjalankan usaha menyediakan kebutuhan untuk bangunan. Selain itu biasanya toko bangunan juga membutuhkan tenaga atau karyawan, dengan begitu anda turut membantu menyediakan lapangan kerja.

Usaha ini masih menjadi pilihan favorit bagi mereka yang memiliki modal besar.

8. Usaha Kuliner atau Jualan Makanan

Untuk anda yang ingin mendirikan usaha kuliner didesa, disarankan untuk memilih kuliner yang saat ini belum ada didesa anda. Hal tersebut bertujuan untuk menimbulkan rasa penasaran masyarakat sehingga ingin mencobanya.

Banyak usaha kuliner yang biasanya diperkotaan dan bisa sukses dijual di desa diantaranya : jual ayam kentaki/ fried chicken, batagor, martabak mini, sosis bakar dan lain lain.

4. Peluang Usaha di Bidang Jasa


Berikut ini beberapa usaha jasa yang cocok dijalankan didesa:


1. Jasa Membajak Sawah Dengan Traktor

Usaha ini sangat cocok jika anda tinggal didesa dengan wilayah geografis persawahan, jasa membajak tanah akan sangat ramai pelanggan ketika setelah musin panen atau menjelang musim tanam padi.

2. Jasa Penggilingan Padi

Didesa saya usaha penggilingan padi selalu ramai pelanggan meskipun tidak pada masa sehabis masa panen. Karena pada hari hari biasa juga banyak yang datang untuk menggiling gabah menjadi beras.

Peluang usaha ini sangat menjanjikan, apalagi jika didaerah anda belum anda yang membuka usaha ini.

3. Jasa Pengolahan/Pemotongan Kayu

Jasa pembelahan kayu menjadi lembaran lembaran atau potongan kecil sangat menjanjikan dan menguntungkan. Pasalnya didesa saya usaha ini juga selalu ramai pelanggan.

Peluang usaha ini masih menjadi pilihan favorit bagi mereka yang memiliki modal besar.

4. Jasa Penjahit Pakaian

Untuk memulai usaha ini tidak harus membutuhkan modal besar, tetapi harus memiliki skill menjahit. Kebetulan paman saya juga seorang penjahit pakaian dan sampai sekarang dia semakin maju dan banyak pelanggannya.

Usaha ini sangat ramai ketika masa pendaftaran anak sekolah dan menjelang idul fitri. Meskipun sudah banyak yang menjual baju jadi ditoko. Tetapi masih banyak yang membutuhkan dan lebih menyukai membuat baju melalui jasa penjahit.

Usaha ini memiliki prospek bagus dan semakin kedepannya persaingan akan semakin sedikit, hal ini dapat terlihat semakin sedikit minat anak muda yang tertarik sebagai penjahit.

5. Peluang Usaha di Bidang Industri


Tidak hanya dikota, didaerah pedesaan juga sudah mulai adanya usaha industri meskipun masih tergolong kecil diantaranya:

1. Usaha Pembuatan Batu Bata Merah

Didesa saya sudah banyak sekali yang mendirikan usaha bata merah. Apalagi saat ini sudah tersedia mesin pres untuk mencetak batu bata sehingga dalam satu hari mampu mencetak puluhan ribu batu bata.

Batu bata merah akan selalu dibutuhkan sebagai bahan baku untuk mendirikan bangunan. Usaha ini termasuk menjanjikan dan menguntungkan apalagi jika anda mampu memasarkannya dengan baik.

2. Usaha Pembuatan Lemari Etalase

Lemari etalase banyak dibutuhkan untuk toko atau tempat jualan, karena terlihat lebih bagus dan rapi. Untuk membuat lemari etalase juga tidak terlalu sulit jika anda mau belajar.

Usaha ini termasuk menguntungkan karena banyak pengusaha yang sukses menjalankan usaha ini.

3. Usaha Pembuatan Pintu Teralis dan semacamnya

Pembuatan pintu teralis dan semacamnya biasanya dijalankan oleh pemilik bengkel las. Untuk memulai usaha ini anda harus memiliki skill mengelas.

Kenapa usaha ini sangat menguntungkan dan menjanjikan, alasannya banyak pengusaha didesa saya yang sukses menjalankan usaha melayani pembuatan pintu besi teralis, rolling dor, dan lain lain yang berhubungan dengan pengelasan.

Nah, itulah bermacam macam jenis peluang usaha yang menguntungkan dan menjanjikan untuk dijalankan didaerah pedesaan atau kampung.

Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran untuk anda yang masih bingung akan berwirausaha apa didesa.
Share This :
Eko Susilo

Mulai Mengetik Lalu Tekan Enter Untuk search