MASIGNCLEAN103

10 Tips Panduan Cara Memilih dan Klaim Asuransi Mobil Terbaik

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Tepat Untuk Kendaraan

Pada kesempatan ini kita akan membahas apa saja tips dan bagaimana cara memilih asuransi kendaraan terbaik dan bagus yang tepat untuk mobil kesayangan anda.Beserta panduan cara mengajukan klaim asuransi mobil.

Mobil termasuk aset yang bernilai ekonomi tinggi yang penting sekali untuk dijaga.Cara melindungi mobil dari bermacam macam kemungkinan yang dapat merugikan adalah dengan asuransi mobil.

Asuransi mobil bertujuan untuk memindahkan risiko tersebut kepada pihak perusahaan asuransi.Risiko yang kemungkinan dapat terjadi yaitu kerusakan mobil dan kehilangan mobil karena pencurian atau perampasan.

Saat ini telah banyak tersedia perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi kendaraan dan beragam produk asuransi yang ditawarkan.

Oleh karena itu sebelum memilih asuransi mobil untuk kendaraan anda sangat penting untuk mempertimbangkan beberapa tips memilih asuransi dibawah ini.
cara memilih perusahaan asuransi kendaraan mobil terbaik

Tips dan Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik


Berikut ini tips untuk memilih asuransi mobil:


  • Kenali dan pahami jenis asuransi apa yang anda butuhkan
  • Jangan memilih hanya karena biaya premi yang murah
  • Bandingkan penawaran dari beberapa perusahaan asuransi mobil
  • Lihat dan cari tau reputasi perusahaan asuransi dari kesaksian pelanggan
  • Tanyakan pendapat beberapa orang yang telah menggunakan produk asuransi
  • Evaluasi perlindungan asuransi mobil secara spesific.

Cara Memilih Asuransi Mobil Yang Tepat


Jenis jenis asuransi menurut perlindungannya ada 2 macam yaitu
  • Asuransi mobil All Risk
  • Asuransi mobil Total Lost Only

Sebagai calon nasabah kita dapat melakukan perbandingan dari dua jenis perlindungan mobil yang ditawarkan pihak perusahaan asuransi yaitu:
  1. Asuransi Total Lost Only,  yang artinya perusahaan asuransi hanya akan membayar klaim jika kendaraan tersebut rusak berat diatas 75% atau jika anda kehilangan mobil tersebut (pencurian, perampasan).
  2. Asuransi Mobil All Risk/comprehensive, yang artinya perusahaan asuransi akan membayar klaim terhadap segala jenis kendaraan baik kerusakan kendaraan.Mulai dari kerusakan ringan hingga rusak berat, bahkan risiko kehilangan kendaraan.
  3. Kedua jenis asuransi tersebut memiliki kelebihan dan jangkauan perlindungannya masing masing.Besarnya biaya premi asuransi All Risk memang jauh lebih mahal ketimbang asuransi jenis Total Lost Only (TLO) apalagi jika menambah perluasan perlindungan.
  4. Apabila anda memiliki mobil dengan harga yang lumayan tinggi sehingga memerlukan biaya besar walaupun mengalami kerusakan ringan maka disarankan untuk memilih jenis asuransi All Risk.Hal tersebut karena risiko kerusakan ringan terbilang tinggi.
  5. Frekuensi pemakaian mobil juga hal yang perlu untuk dipertimbangkan dalam memilih jenis asuransi, semakin sering dipakai artinya semakin besar juga resiko kemungkinan terjadinya kecelakaan.
  6. Terlebih lagi jika rute yang sering dilalui adalah jalur padat, maka asuransi jenis All Risk sebagai pilihan yang tepat dan efektif.
  7. Asuransi jenis All Risk sangat tepat untuk mobil baru.
  8. Apabila mobil anda jarang dipakai atau lebih sering parkir dirumah dari pada dibawa keluar maka sebaiknya memilih jenis asuransi Total Lost Only (TLO).Semaikn jarang dipakai semakin sedikit resiko kemungkinan terjadinya kecelakaan.
  9. Disamping hal itu kecelakaan bukanlah satu satunya faktor penentu, pertimbangkan juga faktor kriminalitas.
  10. Tingkat kriminalitas pada daerah tertentu terbilang tinggi apabila anda tinggal dan sering ke daerah kriminalitas tinggi tersebut sebaiknya memilih asuransi mobil jenis TLO
Baik asuransi TLO maupun All Risk memiliki kelebihannya masing masing, oleh karena itu pertimbangkan sesuai kebutuhan untuk mobil anda dan kemampuan keuangan yang anda miliki.

Baca juga ; Perbedaan Asuransi Mobil Syariah dan Asuransi Mobil Konvensional

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Mobil


Slah satu tujuan dari asuransi adalah menggantikan biaya perbaikan mobil sesuai dengan apa yang tertulis pada polis asuransi.

Namun dapat saja klaim asuransi mobil anda ditolak jika tidak sesuai prosedur klaim asuransi.Pihak perusahaan asuransi mempunyai cara yang jelas agar klaim asuransi dapat dicairkan.

Berikut langkah langkah dalam mengajukan klaim asuransi mobil:


1. Menghubungi Pihak Asuransi Mobil 

Dalam menghubungi pihak asuransi mobil paling telat 3 x 24 jam sejak terjadinya kejadian.Kemudian ceritakan kronologi kejadiannya dan juga katakan bahwa anda bermaksud melakukan klaim lewat bengkel rekanan asuransi.

Jika anda mengalami kecelakaan yang berakibat pada kerusakan mobil, dan kejadiannya diluar kota sebaiknya segera menghubungi kantor perwakilan perusahaan asuransi mobil anda didaerah tersebut.

Selanjutnya ceritakan kejadian kecelakaan tersebut dan meminta petunjuk untuk melakukan klaim disana.

Tidak lupa untuk mendokumentasikan kondisi mobil dari berbagai sudut, terlebih lagi jika mobil anda mengalami rusak berat. Dengan dokumentasi berupa foto dapat menjadi bukti bahwa anda benar benar telah mengalami kecelakaan.

2. Melengkapi Dokumen Yang Dibutuhkan

Pada polis asuransi terdapat informasi tentang dokumen apa saja yang harus dipersiapkan untuk prosedur pengajuan klaim asuransi.Oleh karena itu secepatnya persiapkan dokumen tersebut untuk selanjutnya dibawa ke bengkel.

Biasanya dokumen dokumen yang dibutuhkan tersebut:
  • Fotokopi Polis Asuransi
  • Fotokopi SIM,STNK dan KTP
  • Identitas pengemudi lain yang terlibat insiden kecelakaan(jika menginginkan klaim tanggungan pihak ketiga)
  • Surat kehilangan dari kepolisian (untuk kasus kehilangan kendaraan)
Pastikan SIM anda dalam keadaan masih aktif, karena jika SIM sudah mati/tidak aktif klaim asuransi anda akan ditolak.

3. Mendatangi Bengkel Rekanan

Mendatangi bengkel dengan membawa berkas/dokumen yang diperlukan.Kemudian bilang akan melakukan klaim asuransi.

Bengkel rekanan akan menghubungi pihak perusahaan asuransi mobil dan mensurvey kerusakan mobil tersebut.

Perlu diingat; Jangan mendatangi bengkel yang bukan rekanan perusahaan asuransi anda dan langsung melakukan perbaikan, sebab klaim asuransi anda pasti akan ditolak.

4. Mengisi Formulir

Ketika berada di bengkel rekanan, anda akan dikasih formulir klaim asuransi.Kemudian isilah formulir tersebut dengan jelas dan jujur seperti detail kejadian mulai dari jam berapa, lokasi kejadian, nomor jalan, dll.

Apabila data dari formulir anda tidak sesuai dengan yang ada dilapangan, klaim asuransi tersebut akan ditolak.

Setelah ke empat langkah tersebut dilalui, anda hanya tinggal menunggu kabar dari bengkel rekanan tersebut.

Apabila kerusakan yang terjadi termasuk ringan biasanya klaim dan perbaikan selesai dalam satu minggu, namun jika kerusakan parah dapat memakan waktu dua minggu bahkan sebulan.

Terlebih lagi jika harus mendatangkan spare part dari luar negeri, yang mana barang tersebut hanya tersedia setelah melakukan order.

Untuk sekarang ini biasanya perusahaan asuransi mobil banyak yang menyediakan fasilitas mobil pengganti untuk peserta asuransi yang mobilnya harus diperbaiki dalam waktu lama.

Agar anda lebih memahami dan mudah dalam mengajukan klaim, pastikan sebelum anda membeli asuransi mobil pahami terlebih dahulu proses klaim dari asuransi yang akan anda pilih.Jangan sampai menyulitkan anda nantinya.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi dan wawasan bagi anda yang akan membeli asuransi untuk mobil kesayangan anda.Semoga bermanfaat.
Share This :
Eko Susilo

Mulai Mengetik Lalu Tekan Enter Untuk search