MASIGNCLEAN103

7 Jenis Investasi Syariah Terbaik dan Paling Menguntungkan Terpercaya

Macam Macam Investasi Syariah Terpercaya di Indonesia

Seiring perkembangan jaman masyarakat Indonesia semakin sadar akan pentingnya berinvestasi.Investasi merupakan cara efektif untuk mengembangkan dan meningkatkan keuntungan dari nilai uang.

Seperti yang kita ketahui, nilai uang semakin lama semakin menurun.Misalnya saja dahulu dengan uang Rp 100 ribu sudah dapat membeli emas 1 gram, tetapi untuk sekarang ini sudah tidak dapat lagi.

Karena sebagian masyarakat Indonesia adalah muslim yang menginginkan hasil investasi yang benar benar halal, maka saat ini sudah tersedia banyak investasi syariah yang berdasar pada prinsip hukum islam.

Investasi syariah adalah kegiatan bisnis yang sesuai untuk umat muslim. Sehingga Anda tidak lagi khawatir mengenai riba yang biasanya terdapat pada kegiatan investasi.

Perlu diketahui juga bahwa investasi termasuk salah satu solusi terbaik untuk menyimpan harta pada perusahaan atau badan usaha lainnya.

jenis investasi syariah paling menguntungkan
Tujuannya yaitu agar harta yang diinvestasikan bisa memberikan keuntungan.Melalui investasi, maka secara tidak langsung Anda sudah menabung dan mempersiapkan masa depan dengan aman.

Investasi syariah tentu saja bebas dari unsur riba, gharar (sistem tak transparan), hingga maysir (terbebas dari spekulasi-spekulasi).

Lalu, apa saja jenis investasi syariah terbaik dan paling menguntungkan saat ini?

Berikut pembahasannya:

Jenis Jenis Investasi Syariah Terpercaya dan Paling Menguntungkan


Berikut ini beberapa jenis investasi syariah terbaik di Indonesia:


1.Reksadana Syariah

Reksadana syariah adalah penghimpunan dana investasi dari investor yang pengelolaannya diserahkan kepada pihak manajer investasi dan resikonya akan ditanggung bersama.

Yang mana dana investasi tersebut dikelola untuk jenis usaha yang tidak melanggar syariat islam.

Sistemnya mirip dengan membeli saham perusahaan tertentu.Jadi dana investasi dari investor akan dikelola secara transparan.

Investor juga dapat mengetahui data lengkap dan untuk apa saja modal investasi yang ditanamkan pada perusahaan tersebut.

Investasi syariah dilakukan oleh manager investasi yang sistemnya tidak berhubungan dengan gharar, riba, dan maysir. Sehingga semua hasil keuntungan yang diperoleh adalah benar-benar halal.

Sekarang ini telah banyak perusahaan penyedia investasi reksadana syariah yang dapat Anda ikuti.

Produk-produk reksadana syariah juga sangat beragam mulai dari reksadana syariah pasar uang, pendapatan tetap,dan saham.

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai investasi reksadana syariah dapat dibaca pada artikel berikut ini = > Apa itu Investasi Reksadana Syariah dan Kelebihannya?

2.Investasi Produk Perbankan Syariah

Ada beberapa produk perbankan syariah yang menggunakan sistem transaksi diantaranya:
  • Tabungan syariah
  • Giro syariah
  • Deposito syariah.
Selain itu, terdapat juga kombinasi antara asuransi dan perbankan dalam bentuk bancassurance syariah.

Dari jenis investasi produk perbankan diatas, deposito syariah adalah salah satu jenis investasi yang memiliki potensi keuntungan terbanyak.

Cara dan sistem dari mekanisme deposito syariah yaitu Investor atau nasabah memberikan modal kepada pihak bank syariah untuk kegiatan bisnis.

Yang kemudian, pembagian hasil keuntungan bisnis tersebut akan dibagi berdasarkan kesepakatan yang diterapkan pada bank syariah tersebut.

Biasanya pembagian hasil keuntungan dalam bentuk persen. Semakin banyak dana investasi yang investor berikan pada bank syariah, maka semakin besar juga prosentasi keuntungan yang mungkin akan didapatkan.

3.Investasi Properti dan Tanah

Walaupun jenis investasi properti dan tanah tidak memiliki embel-embel syariah, tetapi pada kenyataannya, jenis investasi ini benar-benar berpotensi memberikan keuntungan melalui cara yang halal.

Seperti yang kita ketahui bahwa harga tanah semakin lama akan semakin mahal.Jika kurang percaya coba Anda bandingkan harga tanah dari tahun ke tahun.

Yang pasti harga tanah tidak pernah mengalami penurunan? Hal tersebut tentu juga dipengaruhi oleh faktor semakin sedikitnya lahan sehingga harga tanah pun cenderung meningkat setiap tahunnya.

Hal tersebut berlaku untuk investasi properti dalam bentuk bangunan. Walaupun kenaikan harganya tak terlalu meningkat drastis seperti tanah, tetapi semakin tahun nilai bangunan pun akan semakin tinggi.

 Sehingga tidak ada salahnya untuk mulai mencoba investasi pada tanah atau bangunan.

4.Investasi Emas

Hampir sama seperti investasi tanah, emas juga memiliki harga yang sangat stabil dan akan selalu mengalami  peningkatan setiap tahunnya.

Investasi dalam bentuk emas juga bisa disebut  sebagai investasi yang halal yang  sangat sesuai  bagi semua orang, terlebih untuk masyarakat muslim yang tidak ingin memperoleh keuntungan berupa riba.

Hal tersebut dikarenakan harga emas itu ditentukan secara global sehingga tidak terpengaruh dengan sistem riba apapun.

Sedikitnya nya dalam jangka waktu 5 tahun saja jika Anda menginvestasikan emas, maka keuntungan yang bisa  Anda peroleh adalah sekitar 15% sampai 20% dari harga emas..

Walaupun harga  emas juga terkadang mengalami harga yang sangat fluktuatif, tetapi sangat jarang investasi emas mengalami kerugian.

Hal itulah yang menjadikan  investasi syariah berupa emas sangat cocok untuk dilakukan.

5. Asuransi Syariah

Pada dasarnya jenis asuransi ada dua macam yaitu asuransi syariah dan asuransi konvensional.

Perbedaannya yaitu:

  • Pada asuransi konvensional

Dana premis yang Anda setorkan akan sepenuhnya menjadi hak dan milik perusahaan.

Boleh dibilang, perusahaan asuransi konvensional memiliki risiko jual beli sehingga keuntungannya pun tidak selalu pasti sehingga mengandung maysir atau prediksi-prediksi mengenai keuntungan.

  • Pada  asuransi syariah

Asuransi syariah menggunakan sistem bisnis Islam. Dana modal yang Anda setorkan adalah tetap menjadi milik Anda sehingga Anda juga tetap memiliki kuasa pada uang tersebut.

Boleh dikatakan disamping halal investasi syariah juga akan sangat menguntungkan Anda sebagai nasabah atau investor.

Sekarang ini telah banyak perusahaan penyedia asuransi syariah yang bisa Anda ikuti.

Baca juga => Macam Macam Produk Investasi Beserta Kelebihan dan Kekurangannya 

6.Deposito Bagi Hasil

Sekarang ini kebanyakan perbankan syariah juga menawarkan sistem deposito bagi hasil yang pastinya keuntungan Anda nanti benar-benar halal, sehingga tidak perlu khawatir jika keuntungan yang anda dapatkan terdapat unsur riba.



Pada sistem deposito bagi hasil yang pada perbankan syariah, Anda bisa mendepositkan dana berupa uang pada perbankan syariah dengan besarnya nominal yang sudah ditentukan oleh pihak perbankan.

Pada  deposito bagi hasil syariah, keuntungan yang akan didapatkan tidak dipatok dengan jumlah tertentu.

Artinya besarnya keuntungan yang akan didapatkan tersebut sangat tergantung pada perkembangan bisnis perbankan syariah.

Biasanya dana yang telah diinvestasikan pada perbankan syariah bisa diambil pada  periode selama 5 tahun sampai 10 tahun setelah terjadinya kesepakatan.

Deposito bagi hasil menggunakan prinsip mudhorobah muthlaqoh.

Artinya pihak perbankan syariah akan mengelola dana investasi Anda dengan cara produktif dan menguntungkan.

Disamping itu perbankan syariah akan tetap memegang teguh prinsip yang sesuai dengan hukum bisnis yang diperbolehkan dalam Islam.

Nah, itulah beberapa pilihan jenis investasi berbasis syariah yang dapat dijadikan untuk investasi masa depan.Semoga pembahasan ini dapat memberikan manfaat dan salam profit.
Share This :
Eko Susilo

Mulai Mengetik Lalu Tekan Enter Untuk search