MASIGNCLEAN103

10 Daftar Asuransi Mobil Terbaik dan Murah yang Bagus di Indonesia

Asuransi Kendaraan Yang Bagus Beserta Tips Memilihnya

Dapat memiliki kendaraan seperti mobil merupakan sebuah kebanggaan, mengingat untuk dapat membeli sebuah mobil membutuhkan uang yang lumayan besar.

Hal tersebut tentu saja membuat anda harus memikirkan banyak hal dalam memelihara, merawat dan menjaganya.

Selain sebagai kebutuhan transportasi mobil juga termasuk aset yang mempunyai ekonomi tinggi sehingga sudah sepatutnya untuk menyisihkan anggaran dana sebagai keperluan untuk perawatan.

Salah satu cara untuk meminimalisir resiko yang dapat anda tanggung dengan memiliki mobil yaitu melindunginya dengan asuransi kendaraan.

Dengan asuransi mobil anda mengalihkan risiko kemungkinan yang dapat terjadi kapan saja terhadap mobil anda tersebut, diantaranya:
  • Timbulnya kerusakan terhadap kendaraan/mobil tersebut
  • Kerugian yang terjadi karena adanya kewajiban dalam bentuk tanggung jawab hukum yang harus dipenuhi oleh tertanggung kepada pihak ketiga.
Pihak ketiga yang dimaksud adalah pihak atau orang lain yang mengalami kerugian tindakan kita sebagai pengendara.Contohnya: Orang yang mengalami kerugian karena kita menabrak kendaraannya dijalan.
asuransi mobil all risk terbaik yang bagus dan murah

Jenis Asuransi Mobil


Sebelum anda membeli asuransi mobil penting sekali untuk memilih jenis asuransi yang tepat untuk kendaraan anda.

Anda harus mengetahui apa saja jenis perlindungan dari asuransi yang anda pilih sehingga dapat memahami dan memperoleh manfaat secara maksimal berdasarkan keinginan dan harapan anda terhadap perlindungan asuransi tersebut.

Inilah jenis perlindungan atau pertanggungan yang diberikan oleh asuransi mobil:


  • Gabungan / All Risk / Comprehensive
Asuransi jenis ini akan memberikan jaminan pada kerugian yang terjadi akibat adanya kerusakan baik itu sebagian maupun keseluruhan kendaraan yang terjadi karena bermacam macam resiko yang disebutkan pada polis asuransi.

  • Total Lost Only / TLO
Asuransi jenis ini hanya akan memberikan jaminan atas kehilangan (pencurian kendaraan) maupun kerusakan yang mencapai 75% yang terjadi karena bermacam macam resiko yang disebutkan pada polis asuransi.

Asuransi TLO hanya akan memberikan jaminan jika mobil yang diasuransikan hilang atau rusak diatas 75%.

Setelah anda mengetahui jenis perlindungan dari asuransi kendaraan dan telah memutuskan akan memilih asuransi jenis All risk atau TLO, selanjutnya tinggal memilih daftar perusahaan penyedia asuransi yang terbaik.

Daftar Asuransi Mobil/Kendaraan Terbaik di Indonesia

Berikut perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi all risk dan TLO di Indonesia:

1.Asuransi Mobil Sinarmas (Simasnet)

Asuransi mobil Simasnet adalah anak perusahaan dari PT.Sinarmas Multi Artha Tbk.Perusahaan ini telah memperoleh ijin usaha keuangan dari OJK sejak 21 Oktober 2014.

Simasnet bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada bidang jasa asuransi mobil yang mampu memenuhi kebutuhan calon nasabah secara online maupun offline.

Produk Asuransi kendaraan bermotor Simas Mobil terdiri dari:
  • Gabungan ( Comprehensive) + TPL
  • Total Loss Only + TPL
  • Simas Mobil TPL ( TPL Only)

2.Asuransi Mobil Adira Autocillin

Adira Insurance merupakan salah satu perusahaan dari Danamon Group yang menjalankan usaha pada bidang asuransi umum.

Sedangkan Adira Autocillin adalah merek dagang untuk produk asuransi mobil mereka.Adira Insurance mulai berdiri sejak 24 januari 2002.

Produk asuransi yang ditawarkan yaitu
  • Gabungan/Comprehensive
  • Comprehensive Plus
  • Total lost only

3.Asuransi Mobil Multi Artha Guna / MAG

Asuransi yang lebih populer sebagai asuransi MAG ini didirikan sejak 14 November 1980.Awalnya perusahaan ini hanya bergerak pada jasa asuransi umum ini telah telah tercatat pada Bursa Efek Jakarta sebagai perusahaan yang sahamnya bisa dimiliki siapapun yang membelinya.

Asuransi MAG menawarkan beragam jenis asuransi mulai dari asuransi kesehatan hingga asuransi wisata.Produk asuransi MAG yaitu:
  • MAGNA Properti
  • MAGNA Sehat
  • MAGNA Wisata
  • MAGNA Mobil (Comprehensive dan total lost only)

4.Asuransi Mobil Malacca

PT Malacca Trust Wuwungan Insurance merupakan perusahaan asuransi yang telah ada sejak 1952, perusahaan ini awalnya bernama PT Asuransi Wuwungan.

Dapat dikatakan bahwa ini adalah perusahaan asuransi tertua di Indonesia yang sekarang telah mengembangkan usahanya ke bermacam macam bidang diantaranya manajemen aset,sekuritas,multifinance hingga asuransi umum.

Sejak tahun 2011 PT Malacca Trust Wuwungan mulai menawarkan jasa asuransinya di Indonesia.Dan telah memiliki layanan melalui aplikasi smartphone untuk memudahkan nasabahnya dalam membeli polis asuransi danmengajukan klaim.

Produk asuransi yang ditawarkan juga beragam yaitu:
  • Asuransi kesehatan
  • Asuransi Harta Benda
  • Asuransi Perjalanan
  • Asuransi Pengangkutan
  • Asuransi Kecelakaan Diri
  • Asuransi Mobil
Asuransi mobil pada PT Malacca  menyediakan mobil pengganti untuk mobil anda yang sedang diperbaiki di bengkel.

5.Asuransi Mobil ACA

PT Asuransi Central Asia merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang asuransi umum.Perusahaan yang didirikan pada 29 Agustus 1956 ini telah memiliki 42 kantor cabang dan 23 perwakilan yang tersebar dikota besar di Indonesia.

Produk yang ditawarkan PT ACA juga beragam yaitu:
  • Asuransi Properti
  • Asuransi Mikro
  • Asuransi Mobil (Comprehensive dan Otomate)
Asuransi mobil ACA juga menyediakan mobil pengganti selagi mobil anda dalam perbaikan.

7.Jasaraharja Putera

Hampir semua orang familiar dengan nama jasaraharja.Layanan asuransi yang sering melayani asuransi kecelakaan pada kendaraan umum seperti bus, kereta api, maupun pesawat.

Disamping itu Jasaraharja juga termasuk penyedia jasa asuransi mobil terbaik di Indonesia dengan produk asuransinya yang diberi nama JP-ASTOR (Asuransi kendaraan bermotor).

Jaminan pertanggungan atau perlindungan yang disediakan yaitu Comprehensive atau All risk dan Total lost only (TLO).Dengan biaya premi asuransi yang tergolong lebih murah dibanding penyedia asuransi lainnya.

8.Asuransi Garda Oto

Garda Oto pernah meraih gelar sebagai layanan asuransi mobil terbaik pada tahun 2013.Hingga sekarang ini Garda Oto tetap memberikan layanan yang terbaik dengan produk asuransinya yaitu All risk, TLO, pertanggung jawaban pihak ketiga dan perluasan huru hara serta bencana alam.

9.Asuransi Allianz Utama Indonesia

Allianz adalah perusahaan penyedia layanan asuransi yang telah diakui oleh dunia.Untuk di Indonesia Allianz memiliki produk asuransi kendaraan yang diberi nama Allianz Mobilku.

Allianz Mobilku menawarkan 3 macam paket Comprehensive yaitu:
  • Allianz Mobilku Grand, yang memberikan perlindungan kendaraan paling lengkap dari kerusakan dan pencurian
  • Allianz Mobilku ECO, yang menawarkan biaya premi dengan lebih murah
  • Allianz Mobilku Suka Suka, yang memberikan paket asuransi sesuai pilihan dan keinginan anda.

10.AXA Auto Insurance

AXA Auto Insurance menawarkan produk asuransi unggulannya bernama Smartdrive.Yang mana layanan dari asuransi ini akan memberikan jaminan dari kehilangan kunci kendaraan dan perlindungan terhadap kerugian total ketika mobil mengalami kecelakaan maupun pencurian oleh supir pribadi.

Disamping itu anda juga akan memperoleh pertanggung jawaban hukum dari pihak ketiga dan beragam manfaat lainnya.Sehingga asuransi mobil dari AXA ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggannya.

Baca juga : Perbedaan Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Mobil Syariah dan Konvensional

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik Yang Bagus


Karena banyak perusahaan penyedia asuransi yang menawarkan layanan asuransi kendaraan, tidak sedikit bagi para calon pelanggan kesulitan dalam mempertimbangkan akan memilih yang mana.

Berikut ini beberapa tips dalam memilih asuransi yang tepat:

1. Pilih Sesuai Kebutuhan

Ketika akan membeli sesuatu sangat penting untuk mengenali kebutuhan anda terlebih dahulu.Begitu juga dalam membeli asuransi mobil.

Pastikan anda memahami dengan jelas layanan dan jaminan yang diberikan oleh perusahaan asuransi, sehingga anda dapat memilih satu yang terbaik sesuai dengan kebutuhan mobil anda itu.

2. Mempertimbangkan Kredibilitas Perusahaan

Janganlah memilih perusahaan asuransi sembarangan sebab hal tersebut berkaitan dengan aset anda yang memiliki nilai ekonomi yang lumayan tinggi.Dan juga tentu anda tidak ingin mengalami kesulitan dan kerugian karena memilih perusahaan asuransi yang tidak profesional.

Pastikan anda memilih perusahaan asuransi yang telah memiliki reputasi baik dan layanan yang memuaskan serta mudah dalam proses pengajuan klaim.

3.Membandingkan Besaran Premi Yang Ditetapkan

Sangat penting untuk mempertimbangkan besaran premi yang akan anda bayarkan nanti, jangan sampai anda mengalami kesulitan dalam membayar premi di kemudian hari.

Selain itu pertimbangkan juga dari apa saja perlindungan yang ditawarkan dari perusahaan asuransi.

4.Layanan dan Kredibilitas Bengkel Rekanan

Jangan lupa untuk mempertimbangkan bengkel rekanan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi, sebab anda akan berhubungan dengan mereka jika suatu hari nanti terjadi sesuatu menimpa mobil anda.

Pastikan bengkel rekanan tersebut mempunyai infrastruktur yang memadai dan layanan yang memuaskan agar anda nyaman dan juga tenang ketika berurusan dengan mereka.

Selain kredibilitas bengkel rekanan, juga pertimbangkan juga berapa jumlah bengkel rekanan yang dimiliki perusahaan asuransi tersebut.

Disamping itu pertimbangkan juga letak dan jarak jangkauan bengkel rekanan dari tempat tinggal anda.

5.Fitur Layanan Yang diTawarkan

Walaupun terlihat sama, tetapi pada kenyataannya masing masing perusahaan asuransi memiliki fitur layanan yang berbeda beda dan keunggulan tersendiri.

Hal tersebut mungkin bisa menambah jumlah premi yang harus anda bayarkan, jadi disarankan gunakan fitur fitur tersebut jika memang anda membutuhkannya.

Sebelum menentukan pilihan sebaiknya menanyakan kepada staf perusahaan asuransi tentang macam macam fitur yang dimiliki diantaranya:
  • Fasilitas mobil derek
  • Hotline service
  • Jasa layanan bengkel
  • Mobil ambulans
  • Mobil pengganti
  • Dan lain lain
Nah itulah tips memilih perusahaan asuransi terbaik yang bagus agar tepat sesuai dengan mobil anda.Semoga pembahasan ini dapat memberikan pencerahan bagi anda yang berniat akan membeli asuransi untuk mobil kesayangan anda.Semoga bermanfaat.
Share This :
Eko Susilo

Mulai Mengetik Lalu Tekan Enter Untuk search