MASIGNCLEAN103

+5 Tips Memilih Aplikasi Pinjaman Online Terbaik & Terpercaya

Tips Penting Sebelum Memilih Aplikasi atau Situs Pinjaman Online

Biasanya mereka yang kesulitan untuk memperoleh pinjaman dari bank akan mencoba mengajukan pinjaman secara online melalui aplikasi atau website yang menyediakan kredit/pinjaman bagi yang membutuhkan.

Kemunculan beragam fintech pinjaman online semakin banyak dan beragam,hanya saja dari semua fintech yang ada belum tentu semuanya itu sesuai dengan kriteria yang anda butuhkan.

Pada kesempatan ini kita akan membahas tips cara memilih fintech pinjaman uang online paling baik dan terpercaya.

Karena banyak sekali aplikasi pinjaman online yang beredar sekarang ini,sehingga kita harus pintar memilih sesuai kebutuhan.
cara memilih aplikasi pinjaman online yang tepat

Pada artikel sebelumnya saya membahas mengenai review rupiah plus dari cara bayar,cara daftar dan cara pinjaman rupiah plus.Jika anda belum membacanya bisa klik => Review RupiahPlus Pinjaman tanpa agunan online

Beberapa kelebihan Pinjaman Online Jika Di Bandingkan dengan Pinjaman Bank

Berikut beberapa keunggulan pinjaman online

  • Tidak Mensyaratkan BI Checking
Tidak mempermasalahkan kepemilikan dari kartu kredit,yaitu akan semakin mempermudah sebab selama ini biasanya banyak pemohon pinjaman yang ditolak karena tidak memiliki histori kredit.

  • Proses Pencairan Uang Pinjaman Lebih Cepat Ketimbang Bank

Pencairan pinjaman lewat online paling lama adalah 3 hari,sedangkan proses pinjaman uang melalui bank biasa akan diproses sekitar 1 minggu hingga 2 minggu .

  • Pengajuan Pinjaman Secara Online Biasanya Melalui Aplikasi Mobile atau situs resminya
Pengajuan pinjaman secara online dinilai lebih mudah jika dibandingkan harus mendatangi kantor cabang suatu bank.Dengan pinjaman online tidak terhalang oleh waktu (kesibukan) dan tempat (bisa darimana saja).

Karena banyak sekali aplikasi fintech aplikasi atau situs penyedia pinjaman online,lalu bagaimana memilih pinjaman online yang terbaik dan terpercaya?

Tips memilih pinjaman online terbaik dan terpercaya


Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan ketika akan mengajukan pinjaman online:


1.Transparansi Biaya

Pinjaman online bersifat online,sehingga dibutuhkan kejelasan dari proses,persyaratan serta biaya menjadi faktor yang penting untuk diketahui dari awal.

Kita harus mengetahui hal hal berikut:
  • Berapa bunga pinjaman yang wajib dibayarkan
  • Berapa lama jangka waktu pinjaman
  • Biaya (jika ada)
Jika penyedia pinjaman memberikan biaya,maka calon peminjam harus mengetahui dari awal.

Biasanya website pinjaman online yang transparan,di home page situsnya,sudah tertera atau dijelaskan secara detail dari,bunga,waktu pinjaman,dan biaya.

Tetapi ada juga website pinjaman online yang tidak terlalu jelas memberikan informasi tersebut di home page situsnya.Berapa besar bunga yang dibebankan dan biaya tidak transparan.

2.Kemudahan Dalam Persyaratan

Karena faktor kemudahan dalam persyaratan inilah maka pinjaman online banyak diminati.Ya,kemudahan syarat merupakan daya tarik tersendiri dibandingkan pinjaman konvensional.

Termasuk kelengkapan dokumen,sebab banyak orang yang tidak bisa mengajukan permohonan pinjaman ke bank karena tidak dapat memenuhi persyaratan berkas/dokumen.

Biasanya pinjaman online hanya memerlukan persyaratan KTP dan foto si peminjam sebagai persyaratan.Syarat yang mudah ini pasti semua orang dapat memenuhinya.

Tetapi ada juga fintech pinjaman online yang mengharuskan syarat dengan dokumen lainnya seperti,Kartu Keluarga,Slip gaji,Rekening listrik dll.

Walaupun pinjaman online memiliki kemudahan dalam persyaratan dibanding pinjaman bank,tetapi tidak semuanya memiliki persyaratan yang mudah.

Pilihlah penyedia pinjaman yang memberikan syarat yang dapat anda penuhi.

Baca juga => Inilah kumpulan aplikasi pinjaman online terbaik dan terpercaya

3.Kecepatan Pencairan

Salah satu keutamaan dalam pinjaman online yaitu proses pencairan pinjaman yang cepat.Dan biasanya mereka lebih cepat pencairannya dari bank.

Tetapi beragam fintech pinjaman online memiliki kecepatan pencairan yang beragam atau berbeda,ada yang cepat sekali dalam hitungan jam,ada juga yang membutuhkan waktu berhari hari.

Calon peminjam harus mengetahui pengertian dari janji kecepatan pencairan dana dari pihak peminjam.

Karena faktanya tidak semua pinjaman online menerapkan pengertian yang sama.Sebab ada yang mengatakan persetujuan cepat apabila segala persyaratan dipenuhi serta sudah terverifikasi.

Perhatikan juga perhitungan jangka waktu jatuh tempo pinjaman.Karena bisa saja perhitungan jatuh tempo dihitung atau dimulai dari hari proses verifikasi permohonan atau dimulai ketika uang telah masuk kerekening peminjam.

Biasanya mereka yang mengajukan pinjaman online karena kebutuhan yang mendesak sehingga pilihlah fintech pinjaman online yang paling cepat proses pencairannya,untuk hal ini bisa ditanyakan ke admin penyedia pinjaman terkait.

4.Fleksibilitas Pengajuan 

Jika pada pinjaman bank terdapat beberapa keterbatasan dalam produk pinjaman tanpa jaminan.Misalnya minimal pinjaman lumayan besar (biasanya diatas 5 juta) dengan lama cicilan minimal 6 bulan dan apabila pelunasan dipercepat akan dikenakan denda.

Tetapi pinjaman online memberikan fleksibilitas yang tidak terdapat pada pinjaman bank,seperti:
  • Pinjaman bisa dibawah 2 juta
  • Jangka waktu pinjaman ada yang harian dan ada yang bulanan 
  • Ada yang harus dicicil dan tidak perlu dicicil dalam pelunasannya
  • Jika pembayaran pinjaman dipercepat tidak akan kena denda
Nah biasanya setiap fintech pinjaman yang berbeda memiliki ketentuan yang berbeda juga misalnya besar pinjaman dan jangka waktu cicilan.

Oleh karena itu dalam memilih fintech penyedia pinjaman online sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Baca juga => Tips agar terhindar dari penipuan pinjaman online

5.Coverge Area

Biasanya fintech penyedia pinjaman dalam pelayanannya belum bisa beroperasi secara global diseluruh Indonesia,melainkan hanya sebatas kota atau beberapa kota saja.Biasanya target utama kotanya adalah jakarta.

Tetapi sudah ada beberapa penyedia pinjaman yang beroperasi tidak hanya dijakarta,tetapi telah merambah ke kota kota lainnya.

Dalam memilih fintech penyedia pinjaman ini,sudah tentu harus memilih fintech yang beroperasi dikota tempat anda tinggal.

Perlu diketahui juga meskipun fintech pinjaman online memiliki banyak kelebihan dibanding pinjaman bank,tetapi biasanya pinjaman online memberikan bunga pinjaman yang cukup besar,dan sebaiknya anda mengetahuinya.

Itulah beberapa tips dalam memilih fintech penyedia pinjaman online yang tepat,terbaik sesuai kebutuhan anda.Semoga bermanfaat dan salam sukses.
Share This :
Eko Susilo

Mulai Mengetik Lalu Tekan Enter Untuk search