MASIGNCLEAN103

Terbaik Mana? Kredit Tanpa Agunan atau Kredit Dengan Agunan

Perbedaan Kelebihan dan Keunggulan dari Pinjaman dengan Agunan dan Kredit Tanpa Agunan

Sebagian banyak orang pasti ada saatnya mengalami kebutuhan keuangan yang tidak terduga.Dan salah satu jalan keluarnya yaitu meminjam uang.

Selain meminjam ke saudara,kerabat dan teman biasanya meminjam uang ke bank atau perusahaan penyedia pinjaman.

Sebenarnya yang membutuhkan pinjaman tidak hanya masyarakat kelas menengah kebawah saja,bahkan masyarakat kelas atas juga masih membutuhkan adanya pinjaman.

Secara umum jenis pinjaman/kredit dibagi menjadi dua yaitu:
  1. Kredit tanpa agunan
  2. Kredit dengan agunan
Jika anda akan mengajukan permohonan pinjaman sebaiknya mengetahui perbedaan dari keduanya dan juga masing masing kelebihan serta kekurangannya.

Selanjutnya mempertimbangkan dengan kebutuhan dan kemampuan serta kelengkapan persyaratan yang anda miliki saat ini.

Mengajukan kredit atau pinjaman menggunakan agunan dapat menjadi pilihan yang tepat,jika anda membutuhkan pinjaman dalam jumlah yang besar.Tetapi ketahui dahulu segala kelebihan dan kekuranganya masing masing.

kelebihan dan kekurangan KTA dan Kredit dengan agunan
Pada kesempatan ini kita akan membahas perbedaan dan persamaan dan pengertian kredit tanpa jaminan dan kredit dengan jaminan.
  • Kredit tanpa agunan/jaminan yaitu kredit yang pengajuannya tidak membutuhkan aset sebagai jaminannya.
  • Kredit dengan agunan yaitu kredit yang pengajuannya memerlukan aset yang dijadikan sebagai jaminannya.
Agunan adalah aset yang berharga atau bernilai sebagai jaminan dari pinjaman,dan ketika si peminjam tidak mampu membayar pinjaman tersebut maka,aset yang dijadikan jaminan akan diambil alih kepemilikannya oleh pihak pemberi pinjaman.

Jenis pinjaman apa yang cocok dan anda butuhkan?Kredit dengan agunan atau tanpa agunan.Untuk mempermudah,kita akan mengupasnya berikut.

Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman/kredit tanpa agunan


Berikut kelebihan dan kekurangan kredit tanpa agunan:


#Kekurangan Kredit Tanpa Agunan (KTA):

1.Bunga Pinjaman Yang Relatif  Tinggi 
 
Sekarang ini rata rata bunga kredit tanpa agunan sekitar 0,9% sampai 2%.Dan jika dihitung pertahun mencapai 10,8% sampai 24% pertahun.

Bunga yang tinggi ini cukup wajar sebab pihak penyedia pinjaman memberikan resiko yang tinggi.Misalnya saja jika terjadi kemacetan pada pinjaman itu,mereka hanya dapat menagih saja dan tidak dapat menyita.

2.Jangka Waktu Pengembalian Yang Pendek

Umumnya kredit tanpa agunan memiliki jangka waktu yang relatif lebih pendek.Untuk jangka waktu paling lama berkisar 4-5 tahun.Sehingga jumlah uang yang wajib disiapkan untuk membayar menjadi cukup besar.

3.Denda

Perlu diketahui produk pinjaman tanpa jaminan akan mengenakan denda jika si peminjam ingin melunasi pinjaman sebelum jatuh tempo.

#Kelebihan Kredit Tanpa Agunan (KTA):

  • Angsuran Tetap
Hingga sekarang ini produk pinjaman yang memberikan angsuran bersifat tetap dan tanpa jaminan yaitu Kredit Tanpa Agunan.Dengan begitu untuk orang yang berpenghasilan tetap,jenis pinjaman ini sangat cocok sebab beban yang tetap,pastinya bisa diatasi dengan penghasilan yang juga tetap.
  • Solusi,Jika Kartu Kredit Bermasalah
Untuk mereka yang bermasalah pada kartu kredit,Kredit Tanpa Agunan bisa menjadi jalan keluarnya sebelum memutuskan untuk menyerah pada pihak penerbit kartu kredit.

Dengan angsuran yang bersifat tetap dan besarnya suku bunga yang lebih kecil yaitu mencapai setengah dari bunga kartu kredit.Pastinya KTA bisa menjadi solusi.Apalagi jika sudah mempunyai kartu kredit,maka akan mudah mengajukan KTA.

Baca juga => KTA Bank DBS,syarat dan pengajuannya

Selanjutnya kita bahas mengenai kredit dengan agunan.

Kelebihan dan Kekurangan Kredit/Pinjaman Dengan Agunan


Berikut keunggulan dan kekurangan pinjaman dengan memberikan jaminan/agunan:


#Keunggulan Kredit Dengan Agunan:

1.Limit Pinjaman Tinggi

Salah satu kelebihan kredit dengan agunan atau kredit multiguna yaitu memiliki batas pinjaman yang tinggi.Penyebabnya yaitu karena dalam pengajuan pinjamannya membutuhkan aset sebagai agunannya.

Nah dengan begitu resiko kerugian bank lebih kecil dan apabila si peminjam ternyata gagal bayar tinggal menyita agunan tersebut.

2.Jangka Waktu Tenor Lebih Panjang

Dengan limit pinjaman yang tinggi,sehingga kemampuan si peminjam untuk membayar cicilan hutangnya menjadi semakin panjang.Menanggapi hal tersebut,saat ini sejumlah bank memberikan layanan pinjaman (dengan agunan) dengan tenor hingga 10 tahun.

Kelebihan ini berbeda dengan kredit tanpa agunan yang rata rata hanya memberikan masa tenor maksimal 3 tahun saja.

3.Lebih Fleksibel

Kredit dengan agunan dapat digunakan untuk bermacam macam kebutuhan mulai dari tujuan konsumtif hingga bisnis.

Dengan kelebihan ini banyak orang yang berminat memilih kredit dengan agunan,karena apapun tujuan penggunaannya ,asal memiliki jaminan yang dibutuhkan.

#Kekurangan Kredit Dengan Agunan:

  • Jika Tidak Memiliki Jaminan,maka Tidak Bisa Meminjam
Ini merupakan salah satu alasan orang tidak jadi memilih pinjaman dengan agunan.Karena harus memiliki aset yang dijaminkan kepada bank.

Jika keadaannya memang tidak memiliki aset,maka tidak bisa menggunakan jenis pinjaman ini.
  • Proses Pengajuan Relatif  Lebih Lama
Karena dalam pengajuannya mensyaratkan memberikan aset sebagai agunan,maka proses aplikasi menjadi lebih lama.

Hal ini karena pihak bank memerlukan waktu untuk menganalisa dan menilai apakah aset yang diagunkan memiliki nilai yang sesuai dengan jumlah dana pinjaman yang diminta.Jika belum sesuai maka pihak bank akan meminta aset lainnya lagi.Jika tidak permohonan tidak disetujui.
  • Aset Terancam
Ini adalah resiko paling utama ,jika anda memilih mengajukan pinjaman dengan agunan.Yang mana jika ternyata si peminjam mengalami gagal bayar,maka aset yang diagunkan akan disita oleh penyedia pinjaman (bank).

Terlepas dari entah itu KTA maupun Kredit dengan agunan,si peminjam wajib membayar karena itu tanggungjawabnya.

Baca juga => Pilih mana? Pinjaman Online atau Pinjaman ke Bank

Lalu Manakah Yang Terbaik Kredit Tanpa Agunan atau Kredit Dengan Agunan?


Pinjaman dapat membantu anda mencapai bermacam macam tujuan keuangan dengan lebih cepat dan mudah,asalkan sanggup melunasinya.Oleh karena itu pilihlah pinjaman yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi yang ada.

Jika anda memiliki aset dan ingin mengajukan pinjaman dalam jumlah besar dan dengan jangka waktu pembayaran cicilan lebih lama,maka lebih efektif memilih kredit dengan agunan.

Begitu juga sebaliknya jika anda membutuhkan uang pinjaman yang tidak terlalu besar dan ingin memilih waktu pelunasan yang tidak terlalu lama,maka lebih efektif memilih kredit tanpa agunan.

Semua itu dikembalikan lagi dengan kondisi dan kebutuhan pinjaman serta kemampuan anda dalam membayar kembali pinjaman tersebut.

Itulah perbedaan kredit tanpa agunan dan kredit dengan agunan,dilihat dari kelebihan dan kekurangannya masing masing.Bijaklah dalam mengajukan pinjaman dan salam sukses.
Share This :
Eko Susilo
avatar

Halo,
nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak peminjam pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang karena berhutang.

Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Ibu Alicia Radu yang mendapat pinjaman saya 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa ada tekanan dan pada suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan apa pun sehingga saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Alicia Radu

Saya ingin Anda mempercayai Ibu Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam kehidupan dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

22 September 2018 18.13

Mulai Mengetik Lalu Tekan Enter Untuk search