MASIGNCLEAN103

+27 Macam Peluang Usaha Bisnis Sampingan Yang Menguntungkan

Macam macam jenis ide peluang usaha bisnis sampingan karyawan yang menguntungkan bagi pemula

Pada kesempatan ini kita akan membahas macam macam ide peluang usaha atau bisnis sampingan yang menguntungkan dan cocok untuk karyawan pabrik.

Tetapi ide bisnis sampingan ini juga cocok diterapkan oleh ibu rumah tangga baik yang tinggal dikota maupun di desa.Kita bisa memilih jenis usaha dengan modal kecil atau tanpa modal,menyesuaikan kemampuan yang dimiliki.Sehingga usaha tersebut cocok bagi pemula.

Biasanya beberapa karyawan merasa penting untuk menambah penghasilan lebih dari gaji yang ada,sehingga cara terbaiknya adalah memulai jenis usaha sampingan.Usaha sampingan yang dijalankan tentu saja yang tidak mengganggu pekerjaan utama.

Rintangan yang paling umum dan klasik yaitu terkait masalah modal usaha.Tidak sedikit yang menganggap untuk memulai usaha harus dengan modal yang besar agar usaha cepat berkembang.

macam macam jenis peluang bisnis mitra usaha sampingan karyawan pabrik ibu rumah tangga yang menguntungkan bagi pemula
Tetapi sebaiknya memulai usaha sampingan yang bisa dijalankan dengan modal kecil.Jika anda masih bingung apa saja peluang usaha sampingan yang sekiranya menguntungkan dan dapat dijalankan secara bersamaan dengan pekerjaan utama,berikut berbagai macam ide tersebut.

Macam Macam Ide Peluang Usaha Sampingan Yang Menguntungkan Dengan Modal Minim


Berikut beberapa ide usaha sampingan dengan modal kecil tetapi menguntungkan:


1.Menjual Pulsa Elektrik

Estimasi Modal :Rp 500 ribu

Hampir semua orang menggunakan handphone atau smartphone,bahkan kebutuhan akan pulsa sudah dianggap seperti kebutuhan pokok.Usaha jualan pulsa merupakan usaha yang tidak pernah mati,karena semua orang pasti membutuhkannya.

Apabila anda mencari ide bisnis usaha dengan modal kecil bisa memilih berjualan pulsa elektrik,usaha ini dapat dijalankan dengan modal sekitar Rp 500 ribu.

Uniknya lagi meskipun anda karyawan,tetap masih bisa berjualan pulsa,kelebihannya usaha ini dapat dijalankan dengan modal yang tidak terlalu besar dan waktu yang fleksibel.

Target penjualan pulsa elektrik bisa siapa saja yaitu keluarga,teman kerja/kantor,tetangga dan siapapun itu.

2.Menjual Makanan Untuk Sarapan

Estimasi modal :Rp 2 juta

Apabila anda mempunyai kemampuan memasak,tidak ada salahnya mencoba berjualan makanan untuk sarapan.Biasanya usaha sampingan ini sering dijalankan oleh ibu rumah tangga.

Seperti yang kita lihat,kesibukan para karyawan dipagi hari sehingga tidak sempat untuk membuat sarapan sendiri.Nah ini merupakan peluang dengan menyediakan mereka sarapan.

Kita tidak harus membuat masakan yang rumit,cukup membuat masakan sederhana seperti nasi uduk,nasi kuning,bubur ayam,aneka gorengan dll.

Usaha jenis ini juga termasuk yang tidak ada matinya.Karena setiap orang pasti membutuhkan makanan.

3.Membuka Usaha Jasa Laundry

Estimasi modal : Rp 5 juta

Semakin meningkatnya kesibukan dan keinginan banyak orang yang serba praktis adalah faktor pendukung keberhasilan usaha ini.

Usaha jasa laundry merupakan usaha sampingan dengan modal yang tidak terlalu besar tetapi mampu memberikan hasil yang lumayan.Yaitu hanya dengan modal sekitar 5 jutaan,sudah dapat memulai usaha ini.Modal yang dibutuhkan yaitu:
  • Mesin cuci
  • Mesin pengering
  • Setrika
  • Mesin timbangan
  • Deterjen
  • Pewangi
  • Plastik
Seperti yang kita ketahui banyak karyawan dan anak kost yang tidak sempat atau malas mencuci baju sendiri,dan ini menjadi peluang usaha yang menjanjikan.Oleh karena itu usaha ini sangat cocok dijalankan diwilayah yang dekat dengan kost-kostan dan perkantoran.

3.Menjual Foto di Internet

Modal : Kamera

Apabila anda menyukai fotografi,maka usaha sampingan menjual foto di internet dapat anda jadikan sumber penghasilan tambahan.

Caranya sangat mudah,jika anda sudah mempunyai banyak koleksi foto maka anda tinggal menjualnya melalui internet.

Caranya yaitu menjual foto secara online melalui website yang menerima penjualan foto.Biasanya sistem penghasilannya dengan sistem royalti.Artinya anda akan mendapatkan bayaran setiap ada yang membeli foto tersebut.Sehingga sangat cocok untuk mendapatkan pasif income.

Anda cukup mendaftarkan diri dan mengupload pada situs berikut:
  • ShutterStock.com
  • Istockphoto.com
  • Dreamstime.com
  • dll.
Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini yaitu kamera digital.Usahakan membuat foto yang berkualitas dan yang penting foto tersebut memiliki karakter yang menggambarkan kondisi tertentu.Target pasarnya yaitu situs online yang memerlukan foto untuk keperluan situs mereka.

5.Usaha Jasa Cuci Motor

Estimasi modal Rp 2 juta

Hampir setiap keluarga memiliki kendaraan bermotor atau mobil.Dengan semakin banyak orang yang sibuk dan malas mencuci motor sendiri,hal ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan.

Usaha ini sangat menguntungkan jika membuka usaha di daerah yang tepat.Untuk memulainya bisa didaerah perumahan tempat anda tingal.Sehingga tidak usah membayar sewa tempat usaha.

Modal yang dibutuhkan yaitu:Air,pompa air,kompressor,kain lap,sabun motor serta peralatan semir ban.Saya rasa tidak perlu skill khusus untuk bisa mencuci motor dan hampir semua orang bisa melakukannya.

6.Usaha Jual Beli Motor Bekas

Estimasi modal :Rp 5 juta

Usaha jual beli motor bekas sekarang bukan hal yang baru lagi.Seperti yang kita ketahui penjualan motor baru selalu meningkat setiap tahunnya,artinya jumlah motor bekas semakin banyak.

Meskipun banyak tersedia motor baru,tetapi tidak sedikit juga orang yang lebih memilih membeli motor bekas,disamping harganya yang lebih murah,nilai jual kembalinya juga tidak terlalu rugi banyak.

Memang untuk berjualan motor bekas,tidak selalu laku setiap hari,tetapi sekalinya ada yang terjual akan mendapat keuntungan yang lumayan.

7.Usaha Jasa Design Grafis

Modal : Skill,Software dan Komputer/laptop

Usaha ini sangat cocok untuk anda yang kreatif dan memiliki keahlian dibidang desain grafis.Diantaranya membuat gambar vector,membuat logo,desain kartu nama,desain undangan,gambar untuk kaos,poster dll.

Untuk memulainya dapat mendaftar sebgai freelancer pada website yang mempertemukan anda dengan calon klien.Beberapa website tersebut yaitu:

Website Indonesia:
  • Sribu.com
  • Projects.co.id
Website Internasional:
  • 99design.com
  • elance.com
  • upwork.com
Di website tersebut akan terdapat beberapa job yang diantaranya akan sesuai dengan skill yang anda miliki,lalu ajukan proposal anda,jika anda beruntung maka klien akan memilih anda untuk mengerjakan tugas tersebut.

Biasanya harga setiap job berdasarkan kesepakatan kedua pihak.

8.Menjadi Sosial Media Influencer

Modal : Follower

Jika anda pengguna sosial media yang aktif,tentu saja istilah sosial media influencer bukanlah hal yang asing lagi.

Sekarang banyak pemilik akun sosial media influencer yang memiliki pekerjaan membuat konten di akun sosial medianya diantaranya akun instagram,facebook dan youtube.

Usaha sampingan ini sangat cocok untuk anda yang aktif dan memiliki banyak follower.Biasanya di instagram banyak akun influencer yang menyajikan konten mempromosikan suatu produk/jasa milik klien.Dari mempromosikan itulah anda akan mendapat komisi.

Seperti yang kita lihat,sering kita melihat pada akun instagram yang menawarkan jasa promote pada profilnya.Seperti itulah caranya.Untuk besarnya komisis berdasarkan kesepakatan kedua pihak.

9.Usaha Jasa Les Privat

Estimasi Modal : Rp 1 juta

Jika anda memiliki dan menguasai suatu keahlian yang sekiranya bermanfaat,maka bisa dimanfaatkan untuk meraih penghasilan tambahan.

Beberapa keahlian yang bisa dijual dan banyak peminatnya yaitu:
  • Keahlian bermain alat musik
  • Keahlian berbahasa asing
  • Keahlian desain grafis
  • Keahlian menyetir mobil
  • dan lain lain
Anda dapat membuka les dirumah anda atau bisa juga mengunjungi rumah murid untuk mengajar mereka.

Modal utama dari membuka usaha les ini adalah keahlian yang anda miliki,pastikan anda menguasai benar keahlian yang diajarkan tersebut.

Untuk besarnya biaya les sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan atau perekonomian wilayah yang bersangkutan.

10.Jasa Penerjemah Bahasa

Modal: Keahlian Berbahasa Asing

Jika anda tidak mau membuka usaha jasa les kursus bahasa asing,maka anda bisa memilih untuk menjadi penerjemah.Pastikan juga anda menguasai keahlian bahasa tersebut.

Untuk mencari job terjemahan dapat mendaftar pada website freelancer yang berperan mempertemukan anda dengan calon klien.Anda bisa mendaftar pada situs Freelancer.co.id atau sribulancer.com.

Biasanya job yang terkait dengan terjemahan yaitu menerjemahkan bahasa untuk kebutuhan skripsi,artikel,makalah dan dokumen lainnya.

Selain skill penerjemah,juga membutuhkan komputer/laptop dan sambungan internet untuk memulai usaha sampingan ini.

11.Makelar Property

Modal : Pengetahuan Tentang Property

Property merupakan aset yang tidak akan pernah mengalami penurunan nilai atau depresiasi,diantaranya yaitu rumah,apartemen,ruko.

Yang mana semua jenis property tersebut mempunyai harga jual yang selalu naik seiring berjalannya waktu atau boleh dibilang semakin lama semakin mahal.

Jika berbisnis property pasti membutuhkan modal yang sangat besar,oleh karena itu jika anda tidak memiliki banyak modal tetap masih bisa menjalankan usaha sampingan ini yaitu sebagai makelar property.

Anda hanya harus mencari informasi perusahaan agen property yang mau menerima agen lepas.Selanjutnya anda pelajari sistem komisi dan bonusnya dan juga anda perlu mengetahui serta memahami pengetahuan tentang property.

Sesudah memperoleh informasi mengenai property anda sudah bisa memulai mencoba menjual property kepada orang yang anda kenal sebagai permulaan.

Besarnya nilai komisi yang diperoleh dari hasil penjualan biasanya bervariasi sesuai kesepakatan developer property dengan perusahaan agen.Biasanya sekitar 1%  sampai 3% per penjualan.

12.Agen Asuransi

Modal : Pengetahuan Mengenai Asuransi

Untuk memulai usaha sebagai agen asuransi,Anda wajib mengetahui wawasan soal asuransi dan pintar menjual.Penghasilan yang diperoleh dari penjualan polis asuransi, akan berkelanjutan selama periode tertentu.Sesuai dengan jenis asuransi yang dijual.

Usaha sampingan ini tidak memerlukan modal,namun agen asuransi biasanya dijadikan sebagai pilihan karir disaat mulai sukses.

13.Usaha Katering Rumahan

Estimasi Modal :Rp 3 juta

Jika anda pandai memasak tidak ada salahnya mencoba usaha ini.Usaha ini tidak akan pernah ada matiya,sebab banyak yang membutuhkan jasa katering.

Tidak semua orang mempunyai waktu untuk membuat masakan sehari hari oleh karena itu membeli katering menjadi jalan keluarnya.Karyawan pabrik/kantor juga akan membutuhkan jasa katering,ketimbang harus mengantri memesan makanan diluar.

Memang usaha sampingan ini akan menyita banyak waktu dimulai dari belanja bahan masakan,memasak,mengemas dan mengantarkan ke pelanggan dan mencuci peralatan memasak.

14.Bisnis Trading Forex

Estimasi Modal : Sesuai Kemampuan

Peluang usaha ini dapat dijadikan sebagai sampingan karena kita bisa melakukan trading forex kapan pun anda sempat.Anda bisa melakukan trading dari hari senin hingga jumat.

Untuk pembahasan mengenai bisnis trading forex sudah saya ulas secara lengkap pada artikel berikut Klik => Apa itu trading forex?

Itulah beberapa macam dan jenis ide peluang usaha bisnis sampingan yang cocok dijalankan oleh karyawan pabrik maupun kantor dan ibu rumah tangga bagi pemula.Semoga bermanfaat.salam sukses.
Share This :
Eko Susilo

Mulai Mengetik Lalu Tekan Enter Untuk search