MASIGNCLEAN103

+7 Jenis lembaga keuangan non bank di Indonesia Beserta Fungsi,Definisi dan Contohnya

Contoh Lembaga Keuangan Bukan Bank Yang Ada di Indonesia dilihat dari definisi,pengertian dan fungsi serta tujuannya

Sebenarnya lembaga keuangan di Indonesia bukan hanya Bank,tetapi masih banyak jenis jenis lembaga keuangan yang tergolong bukan bank.

Dan dari berbagai lembaga keuangan ini turut memiliki peran penting dalam kehidupan dan kebutuhan keuangan kita.

Pada kesempatan ini kita akan membahas contoh jenis jenis lembaga keuangan non bank,mulai dari pengertian,fungsi,bentuk,definisi dan perbedaan lembaga keuangan bank dan non bank.

Kegiatan perekonomian suatu negara pasti didukung serta dikontrol oleh lembaga keuangan.Adanya pinjaman dari lembaga keuangan,konsumsi dalam negeri akan bergerak dan mendorong jalannya perekonomian.

Begitu juga apabila lembaga keuangan mengalami problem atau terganggu dalam mengalirkan dana kredit atau pinjaman,maka roda perekonomian dalam negeri akan bergerak lambat.
fungsi dan perbedaan lembaga keuangan bank dan non bank
Karenanya dengan adanya lembaga keuangan yang sehat berdampak positif yaitu perekonomian dalam negeri akan terdorong naik.

Di Indonesia lembaga keuangan dikelompokkan menjadi 2 yaitu lembaga keuangan bank dan non bank.Tentu saja masing masing mempunyai peranan yang berbeda,tetapi memiliki tujuan yang sama yaitu menggerakan perekonomian rakyat dalam negeri.

Perbedaan Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank

Berikut pengertian,definisi dan fungsi serta tujuan dari lembaga keuangan bank dan non bank:


#Lembaga Keuangan Bank

Bank adalah lembaga keuangan yang dibangun dengan kewenangan untuk menyalurkan pengedaran uang,pembayaran dan pemberian pinjaman/kredit.

Fungsi dan tujuan lembaga keuangan bank yaitu:

1.Menyimpan atau penitipan uang

Macam macam bentuk penyimpanan uang tersebut dapat berupa rekening koran /giro,deposito dan tabungan.

2.Pembeli dan Penyalur Kredit

Bank akan mengelola dan memanfaatkan dana yang disimpan atau ditabung oleh nasabahnya dengan cara menyalurkannya kepada nasabah lain melalui produk kredit atau pinjaman uang.

3.Perantara Dalam Pembayaran

Bank juga berperan sebagai penghubung antar nasabah dengan nasabah maupun antar nasabah dengan pihak yang lain disaat mereka melakukan transaksi.Misalnya membayar tagihan listrik,mengirim uang dll.

#Lembaga Keuangan Non (Bukan) Bank

Berdasarkan keputusan menteri keuangan No.KEP/MK/IV/1972,Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) adalah lembaga yang menjalankan aktivitas yang beroperasi dalam hal keuangan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dengan menghimpun dana dari masyarakat dengan menerbitkan surat surat berharga,kemudian menyalurkannya untuk kebutuhan pembiayaan investasi perusahaan yang memerlukan kredit/pinjaman.

Fungsi dan tujuan dari lembaga keuangan non bank  adalah:

1.Pemberi Bantuan Modal

LKBB akan memberikan bantuan modal berupa kredit atau pinjaman,bisa kredit jangka panjang maupun kredit jangka pendek,supaya masyarakat tidak terjerat hutang dengan bunga yang tinggi dari rentenir.

2.Mengumpulkan Dana

LKBB berperan juga mengumpulkan dana dari masyarakat dengan menerbitkan surat berharga serta menyalurkannya kembali untuk kebutuhan pembiayaan investasi baik kepada perseorangan atau pihak perusahaan yang memerlukan kredit.

3.Mendorong Pengembangan Perekonomian Pasar Uang dan Pasar Modal

LKBB juga ikut berperan sebagai penggerak,penanggung dan penghubung dalam setiap pengeluaran dan penukaran saham,surat hutang,obligasi dan surat berharga lainnya.

Nah lalu apa saja contoh lembaga keuangan bukan bank yang ada di Indonesia saat ini?

Jenis Jenis Lembaga Keuangan Bukan Bank Di Indonesia


Sudah tersedia banyak sekali macam macam lembaga keuangan non bank di Indonesia berikut,diantaranya yang sering kita jumpai:


1.Pegadaian

 Pegadaian pastinya bukan hal yang asing lagi ditelinga kita bukan?.Lembaga keuangan yang terkenal dengan kata katanya yaitu'' mengatasi masalah tanpa masalah''.


Pegadaian adalah perusahaan milik pemerintah (BUMN) yang bergerak menyediakan pinjaman dengan menggunakan jaminan dan tanpa jaminan.Dan telah diakui dan dinaungi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Pada umumnya pegadaian dimanfaatkan oleh orang yang membutuhkan dana dengan mengajukan permohonan pinjaman dengan menjaminkan barang berharga seperti emas,bpkb dll.

Tetapi sekarang ini pegadaian juga sudah menyediakan layanan syariah untuk melayani masyarakat yang tidak menghendaki adanya riba,yang menurut hukum islam riba adalah dilarang atau haram.

Pegadaian sering dimanfaatkan oleh masyarakat kalangan menengah kebawah,sebab pegadaian tidak mempermasalahkan secara detail mengenai tujuan penggunaan uang pinjaman.

Berikut beberapa produk dan layanan yang ditawarkan oleh pegadaian:
  • Gadai Konvensional
Adalah layanan yang diberikan untuk memperoleh pinjaman uang dengan cara menggadaikan atau menjaminkan barang atau aset surat berharga.Bunga yang ditawarkan yaitu mulai dari 0,75% sampai 1,5% perbulan.
  • Gadai Syariah
Adalah layanan produk kredit yang menerapkan sistem ujrah atau sewa tempat,bukan sewa modal yang menggunakan sistem bunga.
  • Gadai Emas
Adalah produk layanan yang ditawarkan kepada mereka yang ingin mendapatkan emas dalam bentuk tunai atau dengan cara mencicil.
  • Jasa Taksiran dan Sertifikasi Logam Mulia
Adalah produk layanan pengujian terhadap barang bergerak atau barang tidak bergerak dan selanjutnya memberikan sertifikasi.Misalnya sertifikasi logam mulia agar terhindar dari penipuan.
  • Jasa Penitipan
Adalah jasa menitipkan suatu barang berharga misalnya sertifikat dan emas dengan membayar sewa tempat.

2.Koperasi Simpan Pinjam

Adalah Lembaga keuangan non bank yang menghimpun dana dari para anggotanya dan selanjutnya menyalurkannya kembali kepada anggotanya dan non anggotanya.

Bunga pinjaman yang diberikan biasanya lebih besar daripada bank dan pegadaian.Tetapi bagi anggotanya akan menerima bagi hasil atau biasa disebut SHU (Sisa Hasil Usaha) dari keuntungan yang diraih oleh koperasi tersebut.

Untuk syarat pengajuan pinjaman juga mudah yaitu peminjam hanya harus mengisi formulir pinjaman serta melampirkan fotokopi KTP,slip gaji,rekening listrik dan jaminan.

Kekurangan dari lembaga keuangan non bank ini yaitu karena dana yang tersedia koperasi biasanya terbatas (tergantung dari banyaknya anggota) sehingga kita belum tentu dapat meminjam dana dalam jumlah yang besar.

3.Perusahaan Modal Ventura

Lembaga keuangan non bank berikut ini adalah perusahaan yangberperan memberikan modal ke perusahaan lain yang memiliki kegiatan resiko tinggi akan tetapi memerlukan modal besar untuk mendirikannya dan memiliki masa depan atau prospek yang bagus.

Bentuk dari pembiayaannya sangat beragam yaitu mulai dari obligasi sampai pinjaman khusus.Yang pasti pinjaman produk ini harus menggunakan syarat pengembalian yang telah disepakati kedua pihak.

4.Perusahaan Leasing (Sewa Guna) atau Multifinance

Perusahaan ini biasa disebut leasing adalah lembaga keuangan bukan bank yang mempunyai sistem kontrak sewa yang dikombinasikan dengan pembelian melalui angsuran atau cicilan baik kepada perorangan maupun perusahaan.

Walaupun semua fasilitas dan manfaat barang dapat digunakan,tetapi jika pembayaran belum lunas,hak kepemilikan barang masih menjadi pihak leasing.Contoh yang paling familiar adalah kredit motor atau mobil.

Contoh lembaga multifinance atau leasing yang terkenal di Indonesia yaitu:
  • PT.Adira Dinamika Multi Finance,TBK
  • PT.Astra Credit Companies (ACC)
  • PT.Summit Oto Finance
  • PT.Federal International Finance (FIF)
  • BCA Finance
  • PT.Indomobil Finance Indonesia
  • BFI Finance
  • Smart Finance
  • Dan lain lain.

5.Dana Pensiun

Adalah lembaga keuangan yang menjalankan kegiatan menyediakan dana pensiun atau jaminan masa tua dengan cara mengumpulkan dana melalui pemotongan gaji pegawai tiap bulannya,disaat pegawai tersebut masih aktif bekerja.

Dana yang terkumpul tersebut akan dibayarkan kembali disaat pegawai tersebut telah pensiun.

Tujuan dari lembaga ini agar nantinya pegawai ketika telah pensiun tidak usah lagi memikirkan uang karena sudah tidak bekerja lagi.

Boleh dibilang dana pensiun bersifat tabungan jangka panjang.Perusahaan dana pensiun yang terkenal di Indonesia diantaranya PT Taspen dan Perum Asabri.

6.Pasar Modal

Kemungkinan anda sudah mengetahui bursa efek,ya pasar modal sama seperti bursa efek.Pasar modal adalah lembaga keuangan non bank yang menjadi tempat jual beli surat surat berharga jangka panjang.

Pasar modal berperan mempertemukan para pencari dana (emiten) dan para penanam modal (investor).

Di Pasar modal suatu perusahaan yang mencari dana akan menjual surat berharga seperti saham dan obligasi (surat hutang jangka panjang) untuk memperoleh dana dari investor.Dan untuk investor individu maupun perusahaan akan membeli saham atau obligasi melalui perusahaan sekuritas.

Pasar modal di Indonesia bernama Bursa Efek Indonesia yang berkantor di komplek SCBD Sudirman.

7.Perusahaan Asuransi

Adalah lembaga keuangan non bank yang menghimpun dana melalui penarikan premi atau sejumlah dana pada tiap bulannya selama periode tertentu berdasarkan perjanjian kedua belah pihak yang tercantum pada polis asuransi.

Apabila terjadi sesuatu pada pemilik polis asuransi,maka akan mendapat ganti rugi (klaim) dana yang besarnya berbeda beda sesuai besaran premi.

Tujuan adanya asuransi yaitu supaya keuangan anda tidak terganggu apabila terjadi sesuatu atau resiko kapada diri anda.

Produk asuransi yang umumnya ada di Indonesia yaitu asuransi kesehatan,asuransi perjalanan,asuransi kendaraan,asuransi jiwa,asuransi pendidikan,dan asuransi bangunan.

8.Layanan Keuangan Digital

Sekarang ini layanan keuangan digital makin banyak dan berkembang.Layanan keuangan digital bisa dibilang termasuk lembaga keuangan non bank.

Melalui layanan keuangan digital,anda dapat memperoleh layanan pinjaman uang tanpa jaminan.Biasanya pengajuan pinjamannya melalui website atau aplikasi layanan yang mereka sediakan.

Situs layanan keuangan ini sering disebut juga dengan fintech atau peer to peer lending.Biasanya bunga yang diberikan lumayan tinggi.

Untuk pembahasan mengenai layanan keuangan digital,bisa dibaca pada artikel berikut ini:
=> Aplikasi HP Pinjaman Online Terpercaya

 Nah itulah pembahasan mengenai lembaga keuangan dilihat dari fungsi,pengertian,definisinya.Semoga dapat memberikan manfaat.Salam sukses.
Share This :
Eko Susilo

Mulai Mengetik Lalu Tekan Enter Untuk search