MASIGNCLEAN103

Cara Ampuh Mengajukan Pinjaman ke Bank Agar Langsung Cair

Tips dan Cara Mengajukan Kredit Pinjaman Ke Bank Agar Mudah dan Cepat di Setujui atau di Approv

Meskipun tidak semua orang membutuhkan pinjaman uang atau kredit,tetapi sebagian masyarakat bukan hanya kalangan menengah kebawah saja yang melakukan pinjaman.

Bahkan masyarakat kalangan menengah keatas dan para pengusaha sukses pun masih tidak lepas dari yang namanya kredit atau pinjaman.

Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mengajukan permohonan kredit ke bank,baik untuk kewirausahaan maupun kebutuhan lainnya.Beserta dengan prosedur syarat yang harus dilakukan dan alasan atau penyebab (kta) pengajuan kredit / pinjaman ditolak.

Ada dua penilaian mengenai kredit atau pinjaman di mata masyarakat,ada yang menilai positif dan tidak sedikit juga yang menilai negatif.

Bagi masyarakat yang tidak memerlukan adanya pinjaman bank mengira,bahwa sistem kredit yang ditawarkan,hanya bermaksud untuk memperoleh keuntungan yang besar.Hal itu dilihat dari adanya sistem bunga yang dibebankan,mereka beranggapan bank yang berkaitan akan menjadi kaya.

Namun bagi masyarakat yang membutuhkan dan melakukan pinjaman ke bank,mereka beranggapan bahwa pinjaman tersebut malah membantu kebutuhan keuangan mereka.Apalagi disaat momen yang benar benar memerlukan uang.

Maka dengan ada sistem pinjaman,kebutuhan tersebut terpenuhi dan usaha yang dijalankan menjadi lancar karena terbantu keuangannya.

cara mengajukan permohonan kredit kewirausahaan
Sebelum kita membahas tentang tips dan cara mengajukan kredit,kita pelajari terlebih dahulu persyaratan persyaratannya sebagai berikut:

Inilah Syarat Untuk Pengajuan Permohonan Kredit/Pinjaman ke Bank 


Apa saja yang perlu dilampirkan dalam mengajukan kredit?


Setiap bank memiliki syarat untuk administrasi dalam pengajuan pinjaman yang wajib dipenuhi oleh calon peminjam/kreditur.Prosedurnya setelah berkas/dokumen yang diajukan lengkap,barulah pihak bank akan memproses permohonan kredit untuk dilakukan analisis.

Setiap bank kemungkinan memberikan persyaratan yang berbeda dalam aplikasi pinjamannya,tetapi secara umum persyaratan yang diminta oleh bank adalah sebagai berikut:

Syarat Umum:
  • Mengisi formuli
  • Fotokopi identitas diri (KTP, SIM, atau paspor).
  • Fotokopi akta nikah (bagi yang sudah menikah).
  • Fotokopi kartu keluarga (KK).
  • Fotokopi buku tabungan beberapa bulan terakhir.

Syarat Khusus:

Di samping persyaratan umum, biasanya ada syarat-syarat khusus yang lebih spesifik, yaitu:

1.#Persyaratan khusus menurut pekerjaan/profesi terbagi menjadi:
  • Untuk Karyawan
  • Untuk Wirausaha
Untuk Pegawai/Karyawan Swasta, yaitu:

  1. Kartu pegawai (karpeg) serta tabungan dan asuransi pensiun (taspen) (fotokopi dan asli) untuk pegawai.
  2. Slip gaji dan surat keterangan bekerja dari perusahaan (bagi karyawan).
  3. SK CPNS (fotokopi dan asli).
  4. SK PNS.
  5. SK kenaikan pangkat terahir (fotokopi dan asli).
  6. SK kenaikan gaji berkala terahir (fotokopi dan asli).
  7. Daftar gaji kolektif.
  8. Surat keterangan perincian penghasilan.
Untuk Wirausaha, yaitu:
  1. Fotokopi rekening koran/giro atau buku tabungan di bank manapun selama 3-6 bulan terakhir.
  2. Data keuangan lain, seperti neraca keuangan, laporan rugi laba, catatan penjualan dan pembelian harian, serta data pembukuan lainnya.
2.#Untuk aplikasi kredit kendaraan bermotor dan KPR

Anda perlu mempersiapkan uang muka (down payment/DP) sesuai dengan ketentuan (DP  KPR 10-15%).

Untuk mempermudah kelancaran proses, pastikan untuk berkonsultasi dengan pihak bank agar mengetahui syarat apa saja yang harus dilengkapi dalam mengajukan aplikasi kredit.

Tips Cara Mengajukan Kredit ke Bank Agar Cepat dan Mudah Di Setujui


Berikut beberapa tips dalam mengajukan permohonan pinjaman ke bank agar cepat di approv:


1.Menentukan Tujuan Pinjaman

Sangat penting untuk menentukan tujuan dari kredit yang diajukan.Untuk keperluan apa dana atau uang yang diperoleh dari pinjaman jika disetujui?

Anda wajib memberikan informasi portfolio usaha anda secara detail.Dengan adanya portfolio yang mendetail,diharapkan calon peminjam bisa menentukan secara pasti tujuan kredit usahanya.Misalnya untuk keperluan modal kerja ataupun investasi dalam meningkatkan produktifitas usaha.

Calon peminjam juga harus mengetahui secara pasti menggunakan kredit usaha tersebut dari:
  •  Berapa besar nominal yang diajukan
  • Jangka waktu kredit
  • Sumber dana untuk pembayaran kredit
Setiap prosedur permohonan pinjaman,pihak bank akan melakukan wawancara kepada calon peminjam untuk menganalisa sejauh mana calon peminjam mengetahui portfolio usahanya serta tujuan dari pengajuan pinjaman tersebut.

Sebaiknya mempersiapkan jawaban wawancara yang jujur dan logis.Melalui jawaban itu kita harap bank mempunyai keyakinan dan prospek yang baik dari usaha yang dijalankan calon peminjam.

2.Memenuhi Persyaratan Dengan Lengkap

Masing masing bank tentunya memiliki kriteria serta syarat kepada mereka yang akan mengajukan permohonan pinjaman.Calon peminjam/debitur harus mengetahui dan memahami betul semua persyaratan yang harus dipersiapkan.

Dengan kelengkapan persyaratan,hal ini akan menghemat waktu dan proses dari pengajuan pinjaman.Selain kelengkapan dari berkas/dokumen persyaratn,keabsahan dari berkas juga ikut menjadi pertimbangan utama untuk persetujuan pinjaman oleh pihak bank.

3.Kredibilitas Calon Peminjam

Setelah berkas/dokumen persyaratan diajukan,maka pihak bank akan melakukan analisa selanjutnya yaitu

  • Pengecekan di pusat data Bank Indonesia (BI Checking).
Pengecekan ini bertujuan untuk memeriksa rekaman/histori jejak finansial calon peminjam.Salah satunya untuk memeriksa apakah calon peminjam pernah mengalami kredit macet maupun permasalahan lainnya di perbankan.

Oleh karena itu pastikan rekam jejak finansial anda dalam keadaan lancar,karena jika calon peminjam pernah bermasalah atau kredit macet dalam pembayaran di bank lain misalnya,maka bisa saja permohonan pinjaman akan ditolak.
  • Trade Checking/Community Checking
Adalah pemeriksaan kepada rekan rekan usaha dari calon peminjam atau para tetangga lingkungan sekitar dari calon debitur.Survey ini bertujuan untuk menilai dan mengetahui calon peminjam seberapa besar kekuatan/kemampuan yang dimiliki untuk membayar kredit tersebut.

4.Kemampuan Calon Peminjam

Kekuatan atau kemampuan calon peminjam adalah termasuk syarat penting dalam persetujuan pinjaman,seperti kemampuan pengelolaan usaha ataupun kemampuan keuangan calon peminjam.

Untuk memastikan calon peminjam mempunyai kemampuan yang cukup bisanya bisa dilihat dari data keuangan yang diberikan dan survey langsung ke tempat usaha calon peminjam.

Oleh karena itu data/berkas keuangan yang akan diberikan ke pihak bank sebaiknya disusun secara rapi serta lengkap agar pihak bank ketika melakukan pengecekan lebih mudah dan meyakinkan.

Analisa ini bermaksud untuk menilai kondisi kesehatan keuangan usaha dan seberapa besar kebutuhan serta kemampuan pembayaran pinjaman.

5.Jaminan Yang Diberikan Calon Peminjam

Seringkali pihak bank maupun lembaga keuangan yang lain memberi syarat dengan adanya jaminan atau agunan untuk setiap pengajuan pinjaman.Pastinya tidak semua barang bisa dijadikan jaminan.

Beberapa kriteria tertentu suatu agunan bisa layak dijadikan jaminan pinjaman yaitu:
  • Memiliki kelengkapan dokumen
  • Legalitas
  • Kondisi
  • Umur agunan
  • lokasi
  • dan lain lain.
Agunan yang diberikan sebaiknya memiliki nilai harga dengan kisaran yang setara atau melebihi dari besarnya nominal pinjaman yang diajukan.Tujuan adanya agunan yaitu sebagai pelindung oleh bank dari resiko kerugian jika nantinya kredit terjadi masalah atau macet dalam pembayaran.

Oleh karena itu sebelum memutuskan mengajukan pinjaman,persiapkan dulu aset atau barang apa yang akan dijadikan agunan,dan sesuaikan dengan jumlah pinjaman.

Hal ini penting karena apabila nilai agunan jauh lebih kecil dari besarnya pinjaman yang diajukan,sangat kecil kemungkinan permintaan kredit akan disetujui.

Tetapi kadang ada kalanya suatu pengajuan kredit tidak disetujui oleh pihak bank karena beberapa alasan.

Alasan Kenapa Pengajuan Pinjaman Di Tolak


Berikut beberapa penyebab mengapa pengajuan permohonan kredit ke bank ditolak:


1.Gagal Verifikasi

Pada formulir aplikasi pengajuan pinjaman,calon peminjam akan diharuskan untuk mengisi data data beserta nomor aktif yang dapat dihubungi,sebab nomor itu akan digunakan oleh pihak bank untuk memverifikasi data calon peminjam.

Verifikasi bisa menjadi gagal,apabila ketika pihak bank mencoba menghubungi calon peminjam,tetapi tidak bisa/tidak aktif.

Oleh karena itu masukan nomor yang selalu aktif pada formulir pengajuan pinjaman.

2.Penipuan/Pemalsuan

Dilarang untuk  mencoba memalsukan apapun ketika mengajukan pinjaman,entah itu data diri,dokumen dan informasi lainnya.

Jika anda kedapatan melakukan penipuan,sudah pasti pengajuan pinjaman akan ditolak.

3.Dokumen Tidak Terbaca

Walaupun semua berkas/dokumen lengkap telah diberikan,pengajuan pinjaman bisa saja ditolak apabila dokumen tersebut tidak dapat terbaca dengan jelas.

Seringkali masalah tersebut karena proses fotocopy,oleh karena itu sebaiknya pastikan dahulu dokumen yang diajukan dapat dibaca dengan jelas.

4.Jumlah Pinjaman Yang Di Ajukan Terlalu Besar

Besarnya limit pinjaman sebaiknya disesuaikan dengan kondisi keungan anda,seperti melihat berapa besar penghasilan dan kemampuan dalam membayar kredit pinjaman.

Apabila nominal pinjaman yang diajukan terlampau besar dari penghasilan dan kemampuan membayar kredit,biasanya pihak bank akan menolak pengajuan pinjaman tersebut.

Disamping itu,untuk pengajuan pinjaman dengan syarat wajib memberikan agunan /jaminan,jika jumlah pinjaman yang diajukan terlampau besar dari nilai agunan,juga biasanya pihak bank akan menolaknya.

5.Tunggakan Tagihan Kartu Kredit

Pengajuan pinjaman akan sulit disetujui jika calon peminjam ternyata memiliki riwayat rekam jejak yang buruk dalam membayar kartu kredit.

Sebaiknya disiplinlah dalam membayar kartu kredit,karena siapa tau suatu saat nanti anda memiliki kebutuhan untuk mengajukan pinjaman ke bank,dengan begitu akan mudah disetujui.

Baca juga:
Itulah pembahasan mengenai bagaimana cara mengajukan kredit ke bank lengkap dengan persyaratanya dan alasan pengajuan kta ditolak.

Semoga pembahasan ini dapat memberikan manfaat dan salam sukses.
Share This :
Eko Susilo
avatar

Saya Devina dari indonesia di Surabaya, saya mengabdikan waktu saya di sini karena janji yang saya buat untuk Nyonya Elizabeth yang kebetulan merupakan pemberi pinjaman online dari perusahaan pinjaman Elizabeth dan saya berdoa kepada ALLAH agar dia dapat melihat posting saya pada hari ini.

 Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar diposting oleh seorang wanita bernama Arnah dan bagaimana dia telah ditipu meminta pinjaman online dari Dr James Mowat, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Nyonya Elizabeth dan Nyonya Elizabeth meminjamkan Rp250.000.000 tanpa stres dan penundaan, tolong jangan hubungi Dr. James Mowat melalui email: jamesmowatloanfirm@gmail.com untuk menghindari menjadi korban penipuan.

Saya memutuskan untuk menghubungi Arnah untuk mengkonfirmasi apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari Nyonya Elizabeth, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Nyonya Elizabeth saya bersikeras bahwa dia harus tolong beri tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan itu sangat mudah tentang bagaimana mengajukan permohonan pinjaman dari Nyonya Elizabeth yang perlu saya lakukan adalah menghubungi dia, mengisi formulir aplikasi mengirimnya kembali, mengirim salinan pindaian kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya . lalu saya bertanya padanya bagaimana Anda mendapat pinjaman? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, itu sangat mengejutkan.

 Saya menghubungi Nyonya Elizabeth dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untungnya bagi saya saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya berhasil disetujui tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta untuk membuat janji untuk membagikan kabar baik Nyonya Elizabeth dan itu adalah mengapa Anda melihat posting ini hari ini. untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan dari 150000000 Rupiah. Jadi saya menyarankan setiap orang yang mencari sumber yang dapat dipercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Nyonya Elizabeth melalui Email: elizabethchristopherloan@gmail.com untuk pinjaman aman Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya : devinairf128@gmail.com atau Anda juga dapat menghubungi Arnah di arnahnana01@gmail.com. Saya percaya satu giliran yang baik layak mendapat yang lain.

15 Agustus 2018 20.24
avatar

Halo,
nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak peminjam pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang karena berhutang.

Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Ibu Alicia Radu yang mendapat pinjaman saya 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa ada tekanan dan pada suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan apa pun sehingga saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Alicia Radu

Saya ingin Anda mempercayai Ibu Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam kehidupan dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

22 September 2018 18.13

Mulai Mengetik Lalu Tekan Enter Untuk search