MASIGNCLEAN103

Belajar Cara BerInvestasi dan Membeli Reksadana di Bank Untuk Pemula

Langkah Langkah Panduan Cara Membeli Reksa Dana di Bank

Buat anda yang berencana ingin melakukan investasi,bisa memulai investasi reksadana.Reksadana bukanlah hal yang asing lagi bagi masyarakat jaman sekarang ini.

Jenis investasi reksadana semakin populer dikalangan investor pemula atau mereka yang baru memasuki dunia investasi.

Pada kesempatan ini kita akan membahas bagaimana cara berinvestasi reksadana untuk pemula dibank (mandiri,bni,bca dll),cara nabung reksadana,produk reksadana dan panduan langkah langkah membeli reksa dana di bank.

Investasi reksadana dinilai lebih ringan ketimbang harus investasi saham sendiri.Apabila kita berinvestasi reksadana,maka kita hanya cukup mengawasi kerja manager investasi yang bertugas mengolah dana kita.

Berbeda jika kita yang main saham sendiri,tentunya harus memahami seluk beluk pasar saham.Saham mana yang akan bagus prospeknya dll.

cara berinvestasi di reksadana online,saham

Oleh karena itu para pemula disarankan memulai investasi reksadana,barulah mempelajari investasi sendiri.

Apa itu Reksadana?

Reksadana yaitu dana yang dihimpun dari masyarakat oleh perusahaan manajer investasi yang selanjutnya dikelola kedalam bentuk produk investasi misalnya saham,obligasi atau pasar uang.

Jika masih belum jelas bisa membaca pada artikel saya yang sebelumnya disini klik => Apa itu Investasi Reksadana dan jenis jenisnya?

Sistemnya kita tidak harus terjun langsung untuk berinvestasi reksadana.Karena telah banyak bank yang bermitra dengan perusahaan manajer investasi yang akan membantu mengelola dana investasi.

Jadi manajer investasi itulah yang akan bekerja mengelola,tetapi dengan pengawasan penuh dari pemilik modal.

Boleh dibilang kitalah yang menjadi bosnya dari manajer investasi.

Tetapi bisa saja terjadi kemungkinan ditengah jalan kinerja dari perusahaan manajer investasi tersebut hasilnya kurang memuaskan.

Contohnya saja imbal balik yang kita peroleh sedikit atau bahkan malah merugi.Apabila terjadi seperti itu,kita dapat mengganti dengan manajer investasi dengan yang lain yang sekiranya lebih menguntungkan.

Tetapi masih banyak orang yang ragu dengan investasi jenis ini,ya mungkin karena mereka takut dan juga belum mengerti cara membeli reksadana.

Biasanya jenis reksadana yang berpotensi imbal balik yang tinggi diikuti dengan tingkat resiko yang tinggi pula.

Langkah Langkah Membeli Reksadana di Bank


Berikut tips dan langkah langkah membeli reksadana di bank:


1.Cari dan Pilih Bank Terbaik

Carilah bank yang memiliki reputasi terbaik dan menyediakan layanan atau fitur yang memenuhi kebutuhan anda.

Disarankan untuk memilih bank yang sudah terkenal dan memiliki kredibilitas tinggi seperti bank BCA,MANDIRI dan CommonWealth.Baca juga => Pilihan Bank Penjual Reksadana Terbaik dan Terpercaya

2.Memahami Prospektus

Jika anda telah memutuskan memilih bank tersebut,pahamilah informasi tentang prospektus tersebut (bisa melalui situs resmi bank tersebut).

Prospektus menerangkan atau berisi tentang penjelasan seputar reksadana,boleh dibilang pedoman ketentuan untuk investor reksadana,biasanya berisi:
  • Jenis jenis produk reksadana
  • Manajer investasi yang bermitra
  • Tata cara membeli dan menjual kembali reksadana tersebut
  • Bank Kustodian
  • Dan lainlain
Sangat penting untuk memahami dan mengetahui prospektus,agar nantinya lebih paham ketika reksadana telah berjalan.Di prospektus juga terdapat manajer investasi mana saja yang akan kita pilih untuk mengelola dana kita.

Manajer investasi yang sudah terbukti kredibilitasnya adalah memilih manajer investasi yang telah terdaftar di Bapepam.

Tetapi tidak perlu khawatir karena pihak bank pastinya tidak akan sembarang memilih mitra manajer investasi dalam bisnis reksadananya.

Dan juga kita bisa mengganti manajer investasi jika ternyata hasilnya kurang bagus.

3.Memilih Produk Reksadana

Setelah memilih bank dan memahami prospektusnya,selanjutnya memilih jenis reksadana.berikut beberapa produk reksadana yang ada

Produk reksadana konvensional:
  • Reksadana Pasar Uang
  • Reksadana Pendapatan Tetap
  • Reksadana Saham
  • Reksadana Campuran
Produk Reksadana Terstruktur yaitu:
  • Reksadana Terproteksi
  • Reksadana dengan penjaminan
  • Reksadana Indeks
Tiap tiap produk reksadana memiliki potensi kekurangan dan kelebihannya masing masing.Nanti anda dapat menanyakannya langsung kepada pihak bank,karena setiap bank bisa saja berbeda.

4.Datang Langsung Ke Bank

Persiapkan dokumen persyaratan untuk membeli reksadana diantaranya KTP dan NPWP.Apabila anda tidak mempunyai NPWP dapat menggunakan NPWP milik pasangan suami/istri atau orang tua.

Datanglah ke bank yang sudah ditentukan dan bertanya kepada customer service,jika anda belum memiliki rekening di bank tersebut,maka anda wajib membuka rekening terlebih dahulu.

Nanti akan dijelaskan panjang lebar mengenai produk reksadana secara detail.

5.Membuat Portfolio

Sebelum resmi sebagai investor reksa dana,kita akan diminta mengisi formulir pembelian dan portfolio.

Portfolio adalah profil sebagai nasabah reksadana.Dan portfolio sangat penting untuk manajer investasi untuk menyarankan alokasi dana investasi.

Maka dari itu,kita harus mengetahui terlebih dahulu tujuan investasi reksadana dari semula.

Tentukan investasinya yaitu investasi jangka pendek,jangka menengah atau investasi jangka panjang.

Pilihan investasi tersebut akan menentukan besarnya dana yang akan diinvestasikan dan pilihan rekomendasi jenis produk reksadana dari manajer investasi.

6.Transfer Dana

Setelah resmi akan berinvestasi reksadana,selanjutnya adalah transfer dana sesuai kesepakatan dengan manajer investasi sebelumnya.

Nah dana tersebut yang akan dikelola oleh perusahaan manajer investasi.

Kemudian kita akan mendapatkan surat konfirmasi kepemilikan sebagai bukti bahwa telah membeli reksa dana.Simpanlah bukti tersebut untuk penarikan dana jika nanti diperlukan.

Setelah itu kita tinggal memeriksa laporan setiap bulan untuk mengetahui hasil dan kinerja perusahaan manajer investasi,apakah dana kita menjadi bertambah atau malah merugi.

Itulah cara dan langkah langkah investasi dan membeli reksadana di bank.semoga bermanfaat.
Share This :
Eko Susilo

Mulai Mengetik Lalu Tekan Enter Untuk search