MASIGNCLEAN103

Perbedaan Kegunaan dan Manfaat Kartu ATM, Debit dan Kredit

Perbedaan Penggunaan dan Pengertian Kartu ATM,Kartu Debit dan Kartu Kredit

Apa itu kartu ATM,kartu debit dan kartu kredit?Pada kesempatan ini kita akan mengupas pengertian dan macam macam manfaat serta kegunaan dari masing masing kartu tersebut.

Hampir setiap orang yang memiliki rekening bank pasti sudah mempunyai kartu ATM,tetapi tidak semua orang yang memiliki rekening juga memiliki kartu debit dan kartu kredit.

Buat anda yang masih awam mengenai kartu kartu yang dikeluarkan oleh bank tersebut tidak usah khawatir ,karena kita akan membahasnya kali ini.

Memang sekarang kartu ATM menjadi sangat penting karena sangat memudahkan untuk tarik tunai di mesin ATM,sehingga kita tidak perlu mengantri di teller bank.

pengertian kartu kredit dan kartu debit
Langsung saja kita bahas masing masing fungsi kartu tersebut beserta perbedaannnya.

Perbedaan Pengertian dan Penggunaan Kartu:ATM,Debit dan Kredit


Berikut penjelasan dan pengertian masing masing kartu tersebut:


#Apa itu Kartu ATM?

identifikasilah perbedaan kartu debit dan kartu kredit
Kartu ATM yaitu kartu yang dikeluarkan oleh pihak bank sebagai layanan nasabahnya yang kegunaannya untuk mengambil atau menarik uang tunai melalui mesin atm.

ATM merupakan singkatan dari Automatic Teller Machine,secara sederhana kartu ATM adalah kartu yang diperlukan untuk mengoperasikan mesin atm tersebut.

Disamping tujuan dan fungsi utamanya untuk layanan tarik tunai,kartu atm juga bisa untuk layanan transfer,cek saldo,bayar PLN,dan lain lain yang pengoperasiannya melalui mesin ATM.

Biasanya ketika menarik uang tunai,kartu ATM memiliki limit atau batasan.Misalnya saja untuk kartu ATM BCA jenis paspor BCA tipe gold hanya dapat menarik tunai maksimal Rp 10 juta saja perhari.

Kegunaan utama kartu ATM adalah untuk mengambil uang dari tabungan melalui mesin atm,jadi jika saldo tabungan sudah habis,kartu ATM tidak bisa digunakan untuk tarik tunai lagi.

#Apa itu Kartu Debit?
bentuk fisik kartu debit
Kartu debit adalah kartu pembayaran elektronik yang dikeluarkan oleh bank,yang fungsinya sebagai pembayaran pengganti uang tunai.Kartu debit mengacu pada saldo tabungan bank anda pada penerbit tersebut.

Banyak yang beranggapan bahwa kartu debit dan kartu ATM bentuk fisiknya sama atau kartunya itu itu juga.Tetapi sebenarnya memiliki perbedaan.

Perbedannya terletak pada penggunaan dari kartu tersebut.Kartu debit sering digunakan untuk pembayaran ketika belanja.Misalnya saja dimall,kita sering melihat di mall maupun tempat belanja lainnya ada yang menyediakan mesin EDC (Electronic Data Capture).

Selain Kartu Debit,Kartu ATM juga dapat digunakan pada mesin EDC tersebut,hanya saja fungsi dan kegunaanya bukanlah untuk tarik uang tunai,tetapi untuk membayar belanjaan yang kita beli,prosesnya dengan memotong saldo tabungan dibank.

Ketentuannya sama antara kartu ATM dan kartu debit,jika saldo kosong maka pembayaran belanja non tunai tidak bisa terselesaikan dan kartu tersebut tidak berfungsi.

Pada dasarnya perbedaan antara kartu ATM dengan kartu debit hanya pada cara penggunaannya saja.Baca juga pembahasan => Pilih mana.Kredit Tanpa Agunan atau Kredit dengan Agunan?

#Apa itu Kartu Kredit atau Credit Card?

kartu kredit adalah
Kartu kredit adalah kartu yang diterbitkan oleh bank untuk memudahkan para nasabahnya bertransaksi.Berbeda dengan kartu debit, dalam kartu kredit bank prinsipnya yaitu meminjamkan uang kepada nasabahnya untuk kebutuhan pembayaran suatu transaksi.

Penggunaannya sangat berbeda dengan kartu ATM,tetapi hampir sama dengan kartu debit.Kartu ATM dan kartu kredit adalah berbeda kartu.

Kegunaannya kartu kredit hampir sama dengan kartu debit yaitu untuk pembayaran belanja non tunai.Perbedaanya terletak dari cara mengambil atau memotong saldo.Jika kartu debit mengambil dari saldo,tetapi untuk kartu kredit dengan cara berhutang,yang nantinya harus dibayar kepada penerbit kartu kredit.

Hutang hutang dari kartu kredit akan ditotal dan ditagih perbulan.Karena sistemnya hutang,tentu saja ada suku bunga pinjaman yang diterapkan oleh kartu kredit.

Perlu diingat harus bijak dalam menggunakan kartu kredit,jika tidak bisa memanfaatkannya dengan baik malah akan menjadi boros dan pembayaran tagihannya besar.Jika sampai telat bunganya akan sangat besar.

Boleh dibilang kartu kredit sebenarnya kartu untuk berhutang,dan bisa membantu anda jika sedang mengalami masalah keuangan ketika berbelanja.

Itulah penjelasan pengertian dan perbedaan dari masing masing kartu yang diterbitkan oleh bany yaitu Kartu ATM,Kartu debit dan kartu kredit.Semoga bermanfaat.
Share This :
Eko Susilo

Mulai Mengetik Lalu Tekan Enter Untuk search