MASIGNCLEAN103

Langkah dan Kiat Sukses Cara Memulai Membuka Usaha Bisnis agar Mampu Bersaing

Strategi,Tips dan Trik Sukses Memulai Bisnis Usaha Agar Mampu Bersaing

Setiap bisnis atau usaha pasti selalu mengalami kendala,salah satu rintangan yang tidak terelakan adalah persaingan bisnis.

Semakin ketat persaingannya,maka semakin sulit kita bersaing.Begitu juga sebaliknya,semakin sedikit persaingan maka kita akan lebih mudah melenggang menuju kesuksesan.

Tetapi jangan disalah artikan,peluang usaha yang memiliki persaingan ketat,bukan berarti kita sebagai pemain baru tidak bisa sukses,tetapi ini adalah tantangan sebagai pelaku bisnis/usaha.

Dan jangan menganggap sebuah peluang bisnis yang memiliki persaingan rendah,akan memudahkan kita lebih cepat sukses.

Karena,jika pemain dalam peluang usaha tersebut sedikit bisa jadi potensi untuk meraih keuntungan juga sedikit sehingga para pebisnis kurang melirik/tertarik dengan jenis/bidang usaha tersebut.

Seperti kata pepatah:''Jika pada sebuah sungai banyak yang memancing artinya sungai tersebut banyak ikannya,begitu juga sebaliknya jika tidak ada yang tertarik memancing disungai tersebut bisa jadi tidak ada ikannya atau ikannya sedikit.''

kiat sukses dan langkah langkah memulai usaha
Pada kesempatan ini kita akan membahas langkah langkah dan kiat sukses cara memulai sebuah usaha atau bisnis dari nol.Peluang bisnis tentunya bermacam macam mulai dari usaha kuliner,usaha pakaian,dan usaha dagang kecil kecilan ,dll.

Setiap usaha bisnis pasti membutuhkan modal,tetapi jika anda ingin memulai usaha tanpa modal dapat menjalankan bisnis dropship.Untuk pembahasan mengenai dropship telah saya ulas secara lengkap pada artikel berikut Klik => Peluang Usaha Jualan Online Tanpa Modal

Strategi Tips dan Langkah Langkah Memulai Membuka Usaha Agar Sukses


Setiap usaha atau bisnis harus membutuhkan strategi dan rencana agar mampu bersaing dan sukses,berikut ini langkah langkahnya:


1.Mengurus Izin Usaha

Jika kita ingin merencanakan sebuah bisnis dengan tujuan yang serius,dapat Go Nasional seluruh Indonesia atau bahkan Internasional keseluruh dunia agar profesional dan lebih terpercaya maka disarankan untuk mengurus atau membuat izin usaha.Diantaranya perizinan usaha dan perpajakan dll.

Keuntungan dan manfaat setelah memiliki ijin usaha yaitu mendapat perlindungan hukum,kemudahan dalam pengembangan usaha,serta mudah bekerjasama dengan perusahaan lain,baik milik swasta maupun instansi pemerintah.

Sehingga peluang wawasan perluasan usaha telah dimiliki.

2.Membuat Strategi Dengan Matang

Setiap memulai usaha harus menyiapkan rencana terlebih dahulu agar tidak bingung nantinya.Beragam hal yang harus direncanakan dan dipersiapkan seperti:
  • Menentukan target bisnis
  • Mengenali dan menganalisa calon konsumen
  • Mengamati dan mempelajari kompetitor/pesaing usaha
  • Merencanakan strategi yang akan digunakan dalam usaha yang akan dijalankan.
  • Bagaimana cara agar memiliki nilai lebih dari kompetitor
  • Bagaimana cara mengambil hati calon pelanggan
  • Dan lain lain.
Jangan lewatkan juga untuk memeriksa kemampuan modal dana untuk membangun bisnis tersebut.Pertimbangkan juga apakah anda menggunakan modal sendiri atau menggunakan dana hasil pinjaman.

3.Membangun Brand Awareness

Brand awareness adalah kemampuan daya ingat konsumen atau calon konsumen tentang suatu produk.

Apa saja yang biasanya di ingat oleh konsumen atau calon konsumen?

Ada beragam faktor yang dapat mempengaruhi brand awareness seperti: logo, gambar, tag line, serta mudahnya penyebutan nama merek dari sebuah produk.

Semakin banyak orang yang akan mengingat produk/merek tersebut tentu saja akan berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan.

Brand awareness termasuk bagian penting ketika membangun sebuah bisnis.Karena brand awareness bukan hanya mengundang calon pembeli,melainkan juga menjadikan mereka untuk terus menerus membeli sehingga menjadi pelanggan.

Dengan brand awareness,bisnis kita akan lebih mudah dikenali dan memudahkan dalam membangun kepercayaan dari konsumen.

Jika telah banyak yang mengenal bisnis kita,maka bukan hal yang aneh jika para konsumen yang mulai berdatangan mendatangi bisnis kita.

Biasanya bagi perusahaan besar Brand Awareness termasuk dijadikan tolak ukuran dari kinerja sebuah merek bisnis.

Memulai brand awareness agar memiliki kemudahan dalam mengembangkan usaha bisnisnya hingga mendatangkan investasi dana yang besar.Bahkan ketika brand awareness mengalami penurunan,maka diterapkannya segala macam marketing untuk menaikkan level brand awareness tersebut.

Sangat dianjurkan untuk kita merencanakan sebuah brand awareness sebelum membangun bisnis.

Contoh brand awareness ''Starbuck'',Taukah anda apa bedanya minuman yang dijual di starbuck dengan ditempat lain?kemungkinan rasanya sama saja atau bahkan ditempat lain lebih enak.Tetapi kenapa harga di Starbuck lebih mahal dan banyak peminatnya ketimbang tempat lain misalnya?

Jawabannya adalah Brand Awareness.

4.Pantang Menyerah dan Terus Mengembangkan Kemampuan Diri

Disaat kita sedang membangun dan menjalankan sebuah bisnis yang telah kita rencanakan sebelumnya,janganlah melihat jenis bisnis orang lain yang berbeda tetapi lebih sukses dari kita.

Misalnya kita menjalankan usaha sebuah cafe,dan usaha milik orang lain misalnya usaha bengkel motor.Nah usaha milik orang lain tersebut ternyata lebih sukses dan menghasilkan banyak uang.

Maksudnya kita jangan hanya melihat kesuksesan orang lain saja,karena akibatnya kita akan tergoda untuk mencoba jenis bisnis orang lain dan meninggalkan jenis bisnis kita yang telah direncanakan sebelumnya.

Nah sikap yang benar adalah kita dengarkan kisah sukses mereka dalam usahanya mempertahankan serta mengembangkan bisnisnya hingga bisa sukses.Kemudian kita cermati,lakukan riset,meniru dan memodifikasi cara yang orang lain tersebut lakukan kedalam bisnis kita.

Seperti layaknya ketika kita sedang mengalami badai,misalnya usaha bisnis yang dijalankan tidak berkembang dan tidak menghasilkan keuntungan.

Maka sikap dan cara yang harus dilakukan adalah bertahan dari serangan badai tersebut,bukan malah keluar dan menantang badai,karena akibatnya kita dapat terbawa angin.

Nah ketika badai telah reda (usaha bisnis sudah lancar dan menguntungkan) serta bisa melihat pelangi yang indah (penghasilan terus mengalir),barulah kita dapat melangkah maju (mengembangkan bisnis dan usaha atau bisa juga melakukan investasi usaha pada bidang lain yang sekiranya potensial).

Kesimpulannya adalah dalam menjalankan bisnis selalu ada kesulitan dan rintangan,jadi hadapilah dan jangan menyerah.

5.Selalu Mau Beradaptasi

Jaman selalu berkembang dan selalu berubah dari waktu kewaktu dengan begitu cepat.Perkembangan teknologi yang sekarang berkembang pesat,memaksa siapapun harus mengikutinya.

Dengan teknologi yang terus berkembang mau nggak mau kita harus mengikutinya serta beradaptasi dengan teknologi.

Jangan sampai kita hanya jalan ditempat dengan tidak mau berinovasi dalam mengembangkan bisnis terhadap sumber daya yang ada saat ini.

Kita harus terus mencoba hal hal baru demi pengembangan usaha bisnis dan berusaha untuk selalu siap terhadap perubahan.

Janganlah terpaku menggunakan cara dan ide lama.karena sebuah cara dan ide pasti ada masanya dan kedaluarsa.

6.Selalu Menghindari Kesalahan Kesalahan Fatal Ketika Memulai Usaha

Disaat membangun sebuah usaha baru,tentu kita akan menemukan trial dan eror sebelum mendapatkan kesuksesan.Dengan belajar dari kegagalan dan pengalaman,kita akan menjadi lebih baik lagi.

Dalam belajar melalui pengalaman,tidak hanya belajar dari kegagalan sendiri,tetapi kita juga dapat belajar dari pengalaman orang lain dalam membangun usaha bisnis.

Lebih baik kita belajar dari kesalahan orang lain daripada orang lain belajar dari kesalahan kita,oleh karena itu pelajari kesalahan orang lain berikut ini agar kita tidak perlu mengalaminya.

Kesalahan Umum Dalam Memulai Sebuah Bisnis Atau Usaha


Berikut ini beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan dalam membuka sebuah usaha:


1.Kurang Memahami Seluk Beluk dan Permasalahannya

Biasanya kesalahan yang paling banyak adalah banyak orang yang tertarik untuk membuka sebuah usaha atau bisnis karena tergiur dari kesuksesan orang lain.

Hal tersebut menjadikan mereka langsung membuka dan memulai usaha yang sama dengan tanpa strategi dan tanpa mempelajari dahulu seluk beluk serta permasalahan yang mendalam tentang apa yang akan dilalui dan dihadapi.

Untuk itu sebaiknya sebelum memulai usaha,disamping merencanakan strategi dan kiat bisnis terlebih dahulu harus mengetahui apa saja keadaan dari bidang jenis usaha yang akan dijalankan.

Untuk mengetahuinya dapat melalui membaca pada artikel artikel,membaca buku,mengikuti seminar dan workshop.

2.Kurang Sigap Dalam Mengambil Peluang

Salah satu hal yang sangat disayangkan adalah tidak sigap dalam mengambil peluang.Hal ini sering dilakukan oleh wirausahawan pada umumnya,entah apa alasannya.

Mungkin karena takut gagal,atau bisa jadi karena terlalu banyak berpikir sehingga tidak ada tindakan sama sekali untuk mengeksekusi peluang yang muncul.

Dalam membangun,menjalankan dan mengembangkan bisnis,tidak cukup hanya dengan kerja keras,tetapi juga harus mampu memanfaatkan momen munculnya peluang usaha.Hal tersebut sangat penting demi perkembangan usaha.

3.Tidak Peka Terhadap Konsumen

Dapat saja Anda mempunyai strategi dan cara pemasaran yang sangat hebat.Tetapi hal tersebut tidak akan berlaku jika tidak mengaplikasikan keinginan dan kemauan konsumen kedalam rencana strategi marketing anda.

Kuncu keberhasilan dan kesuksesan bisnis adalah konsumen,sehingga sering kita mendengar konsumen adalah raja.

Jika kita sanggup menaklukan hati para konsumen,maka peluang untuk menguasai pasar akan terbuka lebar.

4.Tidak Mengembangkan Jaringan

Dalam dunia usaha atau bisnis,Jaringan adalah dasar atau pondasi yang penting.Karena dengan adanya jaringan yang luas,maka sebah bisnis akan sanggup bertahan dan kesempatan untuk mengembangkan bisnis akan menjadi lebih mudah.

5.Meremehkan Marketing

Meremehkan marketing adalah kesalahan fatal.Apalagi setiap waktu,strategi marketing atau pemasaran selalu berkembang dan semakin banyak macamnya.

Perlu diketahui juga marketing adalah ujung tombak dalam sebuah bisnis.

Dengan adanya kemajuan teknologi,sekarang pemasaran menjadi luas jangkauannya.Pemasaran dengan media internet atau digital disebut dengan digital marketing.

Dengan adanya digital marketing atau internet marketing,kita bisa mempromosikan sebuah produk maupun jasa bisnis kepada jutaan bahkan milyaran orang hanya menggunakan gadget dan sentuhan jari.

Untuk pembahasan mengenai Digital Marketing atau Internet Mareketing telah saya ulas secara lengkap pada artikel berikut klik => Belajar Internet Marketing Dengan Mudah

Bisa dibayangkan buka,semakin banyak yang mengenal produk/bisnis anda ,maka semakin meningkatkan besarnya penjualan.

Baca juga => Macam Macam Ide Usaha Jualan Makanan Ringan Yang Menguntungkan

Oleh karena itu penting sekali untuk menggunakan marketing dan mengikuti perkembangan yang ada.

 Itulah Cara dan langkah langkah serta kiat sukses untuk memulai dan membuka bisnis usaha secara online maupun offline agar sukses dan menguntungkan.Semoga bermanfaat...
Share This :
Eko Susilo

Mulai Mengetik Lalu Tekan Enter Untuk search