MASIGNCLEAN103

7 Kelebihan,Keunggulan dan Manfaat Meminjam Uang Di Bank Syariah

Keuntungan dan Kelebihan Meminjam Dana di Bank Syariah

Saat ini bank dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan kegiatan operasionalnya yaitu bank syariah dan bank konvensional.

Kedua bank di atas (konvensional dan syariah) menerapkan basis yang berbeda antar satu yang lain.

Dengan begini masyarakat akan lebih mudah menerima layanan yang sesuai dengan apa yang ia inginkan dan ia butuhkan.

Pada kesempatan ini kita akan membahas keunggulan,keuntungan dan kelebihan dari meminjam uang di bank syariah.Mengenai syarat dan sistem bank syariah.

Perbedaan dari keduanya juga cukup signifikan sebab telah dipengaruhi dengan konsep yang telah digunakan. Jika bank syariah berdimensi atau mengacu pada sosial atau tidak mengacu pada komersial.

Lain halnya dengan bank konvensional , hal pinjam meminjam di bank konvensional murni untuk kegiatan komersial.

syarat pemijaman dan keunggulan bank syariah
 
Untuk masyarakat yang memperhatikan prinsip agama dan syariat islam pastinya akan tertarik dengan bank syariah di banding bank konvensional. Sebab konsep yang diterapkan pada bank syariah dapat memberikan ketenangan dalam syariat islam.

Meskipun anda melihat  tujuan bank ada persamaan , namun bank syariah tetap memperhatikan unsur-unsur apa saja yang tidak boleh dilakukan di agama islam.

Contohnya saja sistem bunga bank, perniagaan barang dan spkulasi yang saat ini penuh dengan manipulasi.

Keuntungan Meminjam Uang Di Bank Syariah Tanpa Riba

Di bawah ini keuntungan bagi anda yang meminjam dana di bank syariah :


1.Banyak produk yang ditawarkan

Meskipun bank syariah menjunjung unsur – unsur syariat islam tidak berarti produk yang ditawarkan kepada nasabahnya terbatas.

Ada banyak produk yang ditawarkan oleh bank syariah, contohnya saja jual beli, bagi hasil dan jaga sewa. Dengan adanya produk – produk diatas maka anda dapat memenuuhi kebutuhan dengan mudah.

2.Bank beroperasi menggunakan prinsip syariah islam

Bank syariah tentunya menggunakan ketentuan – ketentuan yang berkaitan dengan ajaran silam atau hal yang berkaitan dengan muamalah.

Hal ini pastinya akan menjadi daya tarik yang baik bagi anda yang memiliki agama islam untuk manjadi nasabah. Sebab dengan menggunakan bank syariah hidup anda akan lebih tenang.

3.Bank syariah lebih adil

Sebelum anda meminjam dana di bank ada baiknya anda mempertimbangkan sesuatunya dengan baik. Beda lagi di bank syariah, bank ini memang menjunjung prinsip keadilan yang tinggi.

Jadi ketika hubungan anda dan bank sudah terjalin maka hubungan yang sudah terjalin tersebut tidak akan disalahgunakan oleh pihak bank dan tidak ada kecurangan yang terjadi antara anda dan pihak bank.

Selain itu kedua belah pihak akan membuat kesepakatan dengan memperhatikan asaas kekeluargaan yang saling mendukung.

4.Menggunakan falsafah dasar koperasi bank syariah

Bank syariah menjunjung tinggi dalam hal operasionalnya. Bank ini menjunjun tinggi dalam hal keadilan, efisiensi dan juga  kebersamaan.

5.Harga sudah ditentukan dengan kedua belah pihak

Nasabah yang menyimpan dana di bank syariah mendapatkan penentuan harga oleh pihak bank dimana ia menyimpan dana.

Penyimpanan ini di bagi dengan dua jenis yaitu simpanan jangka waktu dan jangka pendek. Dimana hal tersebut dapat menentukan pendapatan yang akan diperoleh nantinya,

6.Menerapkan prinsip bank syariah

Prinsip – prinsip yang dimaksud disini ialah dasar yang digunakan untuk menjalankan segala transaksi di bank syariah.

Ada beberapa prinsip yang diberlakukan dalam bank ini, contohnya : Pemilihan dan pemindahan kepemilikan barang sewa pihak bank kepada pihak yang lain, pembiayaan barang modal berdasar sewa murni, pembiayssn tetsp berdasarkan prinsip penyertaan modal, prinsip jual beli dengan keuntungan, dan pembiayaan dengan prinsip bagi hasil.

7.Dijamin oleh LPS
   
Untuk anda yang berinvestasi di bank syariah maka akan diuntungkan dengan adanya LPS atau lembaga penjamin simpanan. Dengan begini investasi anda akan aman jika sewaktu –waktu mengalami sebuah masalah.

Tidak hanya tabungan yang sifatnya investasi namun tabungan yang bersifat titipan juga di jamin oleh LPS. Jumlah nominal tabungan dan investasi yang dijamin oleh LPS ini maksimal 2 milyar.

Demikian artikel tentang keuntungan meminjam dana di bank syariah,semoga dengan artikel yang saya tulis ini anda menjadi tahu keuntungan apa saja yang akan anda dapatkan ketika meminjam dana di bank syariah.

Baca juga:
Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan transaksi di bank syariah. Terimakasih.
Share This :
Eko Susilo

Mulai Mengetik Lalu Tekan Enter Untuk search