MASIGNCLEAN103

4 Macam Investasi Syariah Terbaik Terpercaya dan Paling Menguntungkan

Jenis Jenis Investasi Syariah Terbaik di Indonesia yang Paling Menguntungkan

Sekarang ini masyarakat Indonesia telah semakin banyak yang mengetahui pentingnya sebuah investasi,bahkan investasi sudah menjadi lahan bisnis itu sendiri.

Dari sekian banyak macam macam jenis investasi baik investasi jangka pendek maupun jangka panjang,tidak semuanya sesuai dengan syariat islam,yang mana terdapat unsur riba.

Di Indonesia yang mayoritas masyarakat beragama islam menghindari sistem bisnis dengan adanya unsur riba,karena melanggar ajaran islam.

Sehingga untuk memenuhi kebutuhan tersebut semakin banyak bank bank yang memiliki sistem dengan dasar syariat Islam yang berlandaskan pada Al Quran,Hadist serta Fatwa Ulama yaitu MUI.Bank bank dengan sistem ini sering disebut dengan bank syariah.

daftar lengkap investasi terbaik yang paling menguntungkan
Tidak kalah ketinggalan produk produk investasi juga mengikuti,dan investasi yang didasari dengan cara islami disebut dengan investasi syariah.Lalu apa kelebihan investasi syariah dengan investasi non syariah lainnya?berikut penjelasannya:

Kelebihan Investasi Syariah Dibandingkan Investasi Non Syariah


Dengan semakin meningkatnya kesadaran warga Indonesia tentang keberadaan sistem Bank Syariah, maka semakin banyak yang telah mulai berinvestasi.

Seperti  menabung dan memiliki produk produk lain yang ditawarkannya. Kenyatannya, investasi syariah ini bahkanjuga  banyak diminati oleh kalangan non-muslim pula.

Hal ini karena sistem Bank syariah dinilai lebih menguntungkan dibandingkan dengan Bank konvensional. Adapun keuntungannya antara lain:

1. Bebas Riba

Tanpa riba merupakan  alasan utama yang menjadi alasan dari banyak masyarakat Indonesia pada awalnya memilih Bank syariah.

Praktik riba mengenai dengan bunga yang diberikan pihak Bank kepada setiap nasabah dalam tabungan, deposito dan investasi tidak akan ditemukan pada sistem Bank Syariah.Keuntungannya justru Bank syariah menawarkan bagi hasil atau nisbah.

Sehingga banyaknya keuntungan yang dihasilkan tidak selalu menentu. Nasabah juga tidak bisa mengetahui berapa besar jumlah keuntungan sampai periode yang disepakati telah berakhir.
Pada umumnya keuntungan yang didapatkan lebih besar jika dibandingkan dengan bunga Bank.

2. Bebas dari Praktik Gharar

Praktik gharar bisa disebut sebagai ketidak terbukaan suatu sistem, baik jual beli maupun transaksi lain, yang menyebabkan adanya potensi  penipuan dapat terjadi secara mudah.

Pada sistem Bank syariah menerapkan semua proses penanaman modal ataupun penyalurannya secara terbuka,kleuntungannya nasabah tidak merasa diberatkan.Dan nasabah juga menginvestasikan modal secara sadar serta terbuka.

3. Bebas dari Maysir

Maysir merupakan istilah untuk adanya spekulasi. Bank syariah menetapkan harga yang jelas sehingga tidak ada spekulasi yang berkembang mengenai  berapa yang harus dibayarkan atau memberikan celah adanya oknum tertentu untuk melakukan penipuan.

4. Manajemen Islami

Semua pengelolaan dan proses yang ada dalam Bank syariah dilandaskan sesuai syariat Islam.Sehingga nasabah akan merasa aman untuk menginvestasikan uangnya.

Apalagi Jaminan tersebut juga ditambah dengan keuntungan yang besar dalam investasi hasil bagi sehingga banyak calon nasabah yang tertarik berinvestasi syariah.

Inilah 5 Jenis Investasi Syariah Terbaik dan Menguntungkan Di Indonesia


Setelah mengetahui bermacam macam atau beragam keuntungan berinvestasi syariah, selanjutnya kita bahas produk investasi syariah terbaik yang dapat dipilih dan berbagai keuntungannya. Produk investasi syariah yang bisa dipilih antara lain:

Berikut macam macam bisnis investasi syariah terpercaya di Indonesia:


1. Deposito Syariah

Seperti juga  halnya dengan jenis deposito pada Bank konvensional, deposito syariah juga  simpanan dana yang hanya dapat diambil pada periode jangka waktu yang ditentukan.

 Perbedaannya yaitu keuntungan selama periode tersebut  diberikan sebagai keuntungan bagi hasil sedangkan pada Bank konvensional menggunakan bunga. Biasanya keuntungan yang didapat lebih besar jika dibandingkan dengan tabungan syariah.

Ketika memilih deposito, nasabah bisa memilih periode/jangka waktu penyimpanan deposito, dengan beragam pilihan mulai dari: 1 bulan, 2 bulan, atau lebih dari itu. Jika jangka waktu yang diambil 1 bulan, biasanya bagi hasil yang ditetapkan sebesar 50:50.

Hasilnya akan lebih besar  jika jangka waktunya lebih lama.Pihak bank, sebagai pengelola dana, yang akan mengelola dana ini dan ketika periode jangka waktu yang telah ditetapkan habis, nasabah bisa mengambil uangnya beserta jumlah keuntungan selama periode tersebut.

Sedangkan apabila nasabah ingin mengambil depositonya sebelum jangka waktu yang ditentukan habis, maka deposito tersebut bisa diambil dengan tanpa keuntungan.

Berikut beberapa produk investasi deposito terbaik di Indonesia:


1.BCA Syariah Deposito iB 0.00/5
investasi syariah terbaik

  • Akad syariah: Mudharabah Muthlaqah
  • Setoran Pertama Rp 8 juta
  • Dapat digunakan sebagai jaminan fasilitas pembiayaan
  • Tersedia layanan pemotongan zakat
  • Jangka waktu 1, 3, 6, 12 bulan

2.BSM Deposito 0.00/5
investasi paling menguntungkan

  • Akad syariah: Mudharabah Muthlaqah
  • Setoran Pertama Rp 2 juta
  • Dapat digunakan sebagai jaminan fasilitas pembiayaan
  • Jangka waktu 1, 3, 6, 12 bulan

3.Bank DKI Syariah Deposito iB 0.00/5
investasi deposito syariah jakarta

  • Akad syariah: Mudharabah Muthlaqah
  • Setoran Pertama Rp 1 juta
  • Jangka waktu 1, 3, 6, 12 bulan
  • Dapat digunakan sebagai jaminan fasilitas pembiayaan
  • Bebas biaya penalti pencairan sebelum jatuh tempo

2. Asuransi Syariah

Asuransi termasuk  jenis investasi yang lebih bersifat pribadi dan banyak dicari. Tidak sama dengan asuransi konvensional, pemegang asuransi syariah berperan sebagai pemilik dana sedangkan perusahaan asuransi berperan sebagai pengelola dana saja.

Sehingga perusahaan asuransi tidak bisa menggunakan dana tersebut tanpa kuasa dari pemilik dana.

Hal ini tentu sangat berbeda dengan asuransi konvensional ,yang mana biasanya pemegang asuransi tidak bisa mengetahui secara pasti berapa jumlah premi yang dihasilkan oleh perusahaan.

Perusahaan asuransi konvensional juga dapat menginvestasikan dana yang terkumpul kemanapun karena mereka  bertindak sebagai penanggung dana klaim.

Dibawah ini beberapa  daftar  Asuransi Syariah Terbaik di Indonesia saat ini yang dapat dijadikan untuk bahan rekomendasi asuransi, dalam memilih layanan asuransi syariah islami terbaik di Indonesia.

Daftar Perusahaan Asuransi Syariah Terbaik di Indonesia


1.Perusahaan Asuransi Takaful

Perusahaan asuransi yang murni berbasis syariah di Indonesia. Perusahaan ini mempunyai salah satu dewan yang ditunjuk untuk mengawasi jalannya suatu proses  perputaran tentang bagaimana sistem asuransi ini berkerja.

Disamping itu, perusahaan ini juga mempunyai dan menawarkan beragam jenis produk produk asuransi yang bisa kita pilih bagi para nasabah muslim di Indonesia.

2.Perusahaan Asuransi Allianz Syariah

Perusahaan yang menyediakan layanan asuransi berbasis syariah ini termasuk salah satu perusahaan asuransi yang telah terkenal dan sangat bonafit.

Perusahaan ini mempunyai sistem layanan asuransi syariah yang bisa kita ikuti dan juga oleh nasabah diseluruh Indonesia yang beragama Islam.

Pasalnya, Perusahaan ini juga memberlakukan tata cara kartu serta tersedia juga sistem reimbursement sehingga nasabah nantinya akan mempunyaii dua cara disaat proses klaim suatu kejadian terjadi.

Disamping itu perusahaan asuransi ini juga menawarkan berbagai macam jenis produk asuransi yang berbasis syariah Islami.

3.Perusahaan Asuransi Manulife Syariah


Perusahaan yang menyediakan layanan asuransi dari Manulife ini termasuk dalam salah satu perusahaan sudah bonafit dan juga terkenal di Indonesia.

Perusahaan yang sekarang ini telah memiliki sistem asuransi syariah yang dapat di ikuti  oleh nasabah muslim.

Sistem asuransi dari manulife menggunakan sistem cashless dan tersedia juga sistem reimbursement yang sangat mudah penggunaannya untuk setiap nasabahnya.

4.Perusahaan Asuransi AIA Syariah

Perusahaan ini merupakan perusahaan asuransi yang lumayan besar di Indonesia. Perusahaan ini juga menawarkan berbagai produk asuransi yang berbasis syariah Islami.AIA menyediakan tiga macam produk asuransi yang berbasis syairah.

5.Perusahaan Asuransi PruSyariah


Perusahaan ini sekarang bekerja dengan menggunakan sistem syariah sesuai dengan tata cara dan ketentuan Islam.

Perusahaan ini menjalankan sistem bagi hasil yang mana semua pihak yang terkait akan memperoleh keuntungan jika yang tertanggung tidak melakukan klaim sama sekali sampai dengan periode yang telah disepakati berakhir.

Sistem ini berjalan seperti sistem koperasi pada umumnya.

6.Perusahaan Asuransi Prudential Syariah


Prudential telah dikenal sebagai perusahaan asuransi terbesar dan terpercaya di Indonesia. Perusahaan asuransi ini juga di klaim sebagai perusahaan yang sekarang memiliki sistem syariah terbaik dan terpercaya.

7.Perusahaan Asuransi Sinar Mas Syariah

Perusahaan Asuransi Sinar Mas Syariah juga menawarkan sistem asuransi syariah yang sesuai anjuran agama Islam yang dapat dimiliki oleh nasabah beragama muslim.

Perusahaan ini menyediakan beberapa layanan produk yang bisa digunakan oleh nasabahnya.

8.Perusahaan Asuransi Bumiputera Syariah

Perusahaan ini juga merupakan salah satu asuransi syariah terbaik di Indonesia dan dapat dimiliki oleh nasabah yang beragama muslim dengan beragam produk unggulan asuransi yang ditawarkan.

3.Obligasi Syariah

Dalam penerapan sistem obligasi syariah, maka surat-surat atau dokumen tertentu dalam bentuk sertifikat aset yang dicetak oleh emiten akan menjadi benda yang dapat dijual.

Dan, sistem syariah yang diterapkan di sini adalah aset tersebut tidak boleh digunakan untuk hal-hal yang melanggar syariat.

Sistem jual belinya pun harus sesuai hukum syariat yang berlaku.

4. Saham Syariah

Saham merupakan surat bukti bagian modal suatu perusahaan yang bisa diperjual belikan. Jadi sama halnya dengan jual beli lainnya, jual beli saham juga diperbolehkan oleh ajaran agama Islam.

Namun sayangnya tidak semua perusahaan yang dibeli sahamnya melakukan aktivitas perusahaannya sesuai ajaran agama islam.Contohnya saja, perusahaan yang memproduksi minuman keras.

Saham syariah tidak jauh berbeda dengan saham lainnya.Hanya saja kita sebagai investor tidak akan berinvestasi untuk perusahaan yang memproduksi/menjual barang barang yang dilarang atau kegiatan kegiatan yang bertentangan dengan agama islam.

5. Reksa Dana Syariah

Reksa dana adalah jenis investasi yang jarang diketahui dibanding investasi syariah lainnya.Tetapi selama 5 tahun terakhir ini perkembangan investasi reksa dana naik cukup pesat.

Reksa dana syariah tidak jauh berbeda dengan reksa dana konvensional yaitu mengumpulkan dana dari masyarakat pemodal lalu diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer efek.

Pada reksa dana syariah, semua dana investasi diawasi ketat oleh Dewan Pengawas Syariah MUI.

Sehingga tidak perlu khawatir, dana yang dikumpulkan tidak akan disalurkan pada perusahaan yang berkaitan dengan riba, barang tidak halal, pornografi maupun kegiatan lain yang bertentangan dengan ajaran Islam.

Bisnis investasi melalui reksa dana syariah juga tidak selalu memerlukan modal yang besar. Kita bisa berinvestasi mulai dari Ada nilai Rp. 100.000.

Berikut ini daftar Reksa dana saham syariah terbaik di Indonesia:
  • BNP Paribas Pesona Syariah
  • TRIM Syariah Saham
  • CiptaSyariah Equity
  • Manulife Syariah Sektoral Amanah
  • Batavia Dana Saham Amanah

Baca juga :
Itulah pembahasan mengenai macam macam dan jenis jenis investasi syariah yang aman terpercaya dan terbaik diIndonesia dan tentu saja yang menguntungkan.
Share This :
Eko Susilo

Mulai Mengetik Lalu Tekan Enter Untuk search