MASIGNCLEAN103

Ide Peluang Usaha Potensial dan Menjanjikan Paling Sukses di Desa

15 Contoh Bisnis yang Bisa Dijalankan di Desa atau Kampung Dengan Keuntungan Menjanjikan

Anda tinggal dikampung atau di desa dan sedang bingung mencari ide bisnis apa yang menguntungkan dan bisa dijadikan tambahan atau bisnis utama? Bisnis sebenarnya tidak peduli dimana letaknya, asalkan anda bisa melihat peluang, maka bisa berjalan disana.

Jadi, tergantung bagaimana anda dalam menyikapi peluang yang ada.

Buat anda yang tinggal didesa dan berniat akan membangung sebuah usaha atau bisnis tetapi masih bingung memilih usaha apa yang cocok dan sekiranya menjanjikan,akan kita bahas pada artikel ini.

Bahkan mereka yang aslinya berasal dari kampung ,kemudian merantau dikota pun biasanya ingin pulang kampung dan merintis usaha dikampung karena berbagai macam alasan seperti sudah lelah merantau.
 ide peluang bisnis paling menjanjikan didesa

Pada kesempatan ini kita akan membahas ide peluang usaha didesa atau kampung agar berkembang,menguntungkan dan menjanjikan didesa baik didaerah sepi maupun terpencil.

Sebelum anda menjalankan bisnis di desa atau kampung, ikuti dulu beberapa tips di bawah ini!

  • Survey dulu
Perhatikan dan cermati sekeliling anda. Cobalah vari tahu apa saja kebutuhan masyarakat di sekitar tempat anda. Dengan begitu, anda akan mendapatkan peluang bisnis prospek tinggi yang bisa dijalankan.

Anda bisa melakukan survey dengan cara bertanya langsung pada teman-teman, kerabat maupun para tetangga anda. Oh ya jangan lewatkan sarang orang tua anda.
  • Apa minat dan bakat anda
Sadari dan pikirkan baik-baik apa sebenarnya minat dan bakat anda. Sebab, menjalankan bisnis yang sesuai minat bisa memberikan efek positif. Dimana itu akan membuat anda bersemangat dan serius dalam menekuni usaha.
  • Amati, tiru dan modifikasi
Kalau ingin sukses ya belajar kepada orang yang tepat. Amati apa yang diperbuat seseorang dalam menghasilkan produk untuk diuangkan.

Setelah itu, belajarlah dari mereka dan hasilkan produk yang benar-benar bagus tapi dengan sedikit modifikasi. Tunjukkan suatu khas dari prpduk yang anda buat itu dan mulailah menjualnya.

Nah, berikut ini beberapa peluang usaha yang cocok dijalankan di desa atau dikampung!

1.Pom bensin mini portable (Pertamini)

Kalau ke desa, untuk mengisi bensin harus ke jalan yang besar dulu. Gunakan peluang ini untuk membuka Pertamini.

Kebutuhan bbm sekarang ini cukup tinggi, tidak di kota maupun di desa. Anda bisa mendapatkan keuntungan besar bila membuka bisnis ini.

Nah, berikut ini rincian modal yang harus anda keluarkan untuk membuka Pertamini :
Harga per unit pertamini sekitar : Rp 5 juta
Modal bensi 100 liter kalau harganya Rp 7500/ liter : Rp 750 ribu
Biaya listrik per bulan untuk operasional : -/+ Rp 60 ribu
Alat pemadam kebakaran untuk menjaga keslamatan Rp 150 ribu
Biaya tambahan : -/+ Rp 1,5 juta
Total modal Rp 7,460 juta

Itulah gambaran garis besar rincian modalnya, kalau ingin lebih akurat lagi anda tanyakan pada agen di daerah anda.

Sebab, harga per unit pertamini tergantung lokasi dan jenis peralatan yang dipilih. Pom bensin mini akan lebih menguntungkan daripada toko atau kios, mengingat kebutuhan akan bensin yang setiap hari relatif tinggi.

2.Ternak ayam dengan 3 sistem

Jika ingin membuka bisnis di desa yang menjanjikan adalah ternak ayam. Kebutuhan daging ayam terus meningkat setiap harinya.

Sedangkan peternak ayam kampung masih belum bisa memenuhi kebutuhan pasar. Kalau memang kondisinya seperti itu di desamu, maka kenapa tidak mencoba untuk membuka bisnis ternak ayam saja.

Gunakan 3 metode jika anda mencoba beternak ayam kampung!
  • Metode umbaran
Cara yang pertama dan paling populer adalah umbaran. Metode ini memerlukan perawatan khusus dan masih menggunakan langkah tradisional.

Dimana hanya ada kandang ayam untuk tempat berteduh saat hujan atau di malam hari dan ayam dibiarkan mencari makanan sendiri saat siang hari. Umumnya, ternak ayam dengan metode umbaran apabila skalanya masih kecil. Kalau skalanya besar, bisa-bisa ayam mengganggu tetangga.
  • Metode semi Intensif
Cara ternak ayam berikutnya adalah metode semi intensif yang mana anda harus membuat kandang sangat luas, sehingga tidak lepas kamana-mana. Jika ingin memulai bisnis ini, anda dapat membuat pagar di lahan yang luas.

Pagar itu digunakan untuk membatasi ayam-ayam agar tidak keluar dari lahan yang telah anda sediakan. Selain itu, tujuan hal ini baik untuk kesehatan, makanan sampai pertumbuhan ayam-ayam kampung.
  • Metode intensif
Selanjutnya ada metode intensif untuk merawat ayam kampung. Pemeliharaannya dilakukan dengan cara dikandang sepanjang hari dan tidak dilepaskan.

Cara ini memerlukan banyak modal, karena untuk pembuatan kandang dan juga pakan ayam.

Setiap metode mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, pilih metode berdasarkan kemampuan anda dan mana yang memberikan keuntungan lebih.

3.Peluang usaha kuliner

Sedangkan bagi anda yang suka makan, bisa membuka bisnis kuliner adalah langkah yang tepat. Bisnis ini terus berkembang seiring pertambahan jumlah penduduk.

Selama manusia membutuhkan makan, selama itulah bisnis kuliner akan berkembang. Meskipun anda berada di desa, bukan berarti kuliner tidak berkembang dan bervariasi.

Karena usaha kuliner tetaplah menjadi favorit di berbagai lingkungan asalkan disitu banyak orang. Untuk pemasarannya, anda bisa sistem pre order atau sistem pesan dulu baru kirim, promosikan secara online dan tambahkan jasa kirim. Kalau tidak bisa membuka warung atau kedai.

4.Pulsa hp dan token listrik

Kalau mau bisnis di desa modal kecil adalah membuka bisnis pulsa hp dan token listrik PLN. Setiap orang mempunyai hp, pasti mereka membutuhkan pulsa.

Kalau dalam satu rumah ada minimal 2 orang yang menggunakan hp, maka banyak yang akan membeli pulsa anda.

Begitu pula dengan token listrik yang mana setiap rumah dialiris listrik PLN dan butuh token unuk mengisinya. Kalau ingin berbinis ini, anda harus mempunyai hp.

5.Rental band

Bisnis selanjutnya yang menjanjikan di desa adalah rental band. Jika anda dapat membeli peralatan nge band, maka sewakanlah dalam hitungan jam. Lingkungan desa jarang ada yang membuka usaha ini.

Harga rental ini berkisar antara Rp 30 ribu – Rp 45 ribu per jam. Kalau dalam satu hari ada yang menyewa 5 jam, maka hasilnya pun lumayan sekali.

Namun, anda juga perlu pengetahuan dalam perawatan peralatan tersebut agar kalau terkadi kerusakan tidak selalu ke ahlinya yang membutuhkan biaya banyak. Pastikan kamar band anda kedap suara supaya tidak membuat bisning tetangga.

6.Beternak kroto

Jika anda hobi beternak, maka membuka usaha budidaya kroto akan menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Lroto adalah semut rangrang yang biasanya buat pakan burung.

Harga telur kroto mulai dari Rp 150 ribu per kilogramnya. Sedangkan cara ternaknya dengan membuat rak dan menyediakan toples sebagai tempat bertelur.

Umumnya, dalam setiap toples, anda bisa menghasilkan 1-2 ons telur kroto yang dalam 15-20 hari bisa dipanen. Semakin banyak jumlah toples, maka semakin banyak kroto yang dapat dipanen. Saat ini banyak pecinta burung, jadi bisa dipastikan kroto-kroto anda laris di desa.

7.Usaha kerajinan tangan

Jika anda termasuk orang yang kreatif dan pintar membuat kerajinan tangan, kenapa tidak mencoba berbisnis kerajinan ini. Bisnis ini sekarang sudah tidak hanya bisa dipasarkan secara nasional sajam melainkan secara internasional juga.

 Anda bisa memasarkan secara online, dari mulut ke mulut atau membuka toko kerajinan. Cobalah untuk menitipkan barang-barang kerajinan yang anda buat di penjualan souvenir pada tempat-tempat wisata. Maka, kemungkinan mendapatkan hasil yang besar sangat memungkinkan.

8.Buka usaha pangkas rambut atau salon

Ketrampilan cukur rambut bisa sangat menjanjikan. Harga cukur yang sekitar Rp 15 ribu itu kalau dikalikan 10 orang saja, anda akan mendapatkan penghasilan kotor Rp 150 ribu perhari.

Buat ruangan yang tidak terlalu besar, kemudian taruh kaca besar disana. Jangan lupa kursi dan peralatan cukur juga.

9.Usaha bimbingan belajar

Karena kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan semakin besar, peluang usaha bimbingan belajar cukup populer di pedesaan. Anda yang cukup pintar, bisa membuka kursus-kursus yang dibutuhkan didesa anda seperti kursus komputer, les anak SD, kursus mata pelajaran seperti matematikan dan lain sebagainya.

Tidak usah mahal-mahal, anda bisa mematok harga harian saja agar kelihatan lebih ringan untuk orang tua.

10.Toko Sembako

Toko sembako merupakan salah satu bidang bisnis yang menguntungkan diwilayah pedesaan. Sembako adalah kebutuhan pokok masyarakat, jadilah mereka setiap hari akan membeli sembako. Jadi, bisa dipastikan dagangan anda laris setiap hari. Sebelum membuka toko sembako anda harus menentukan posisi dan lokasi warung, jenis barang atau produk yang dijual, catatan tentang keluar masuknya barang dan uang, ramah dalam melayani dan pastikan harga kompetitif dengan toko lain.

11.Warung Sarapan atau Toko Kelontong

Usaha toko klontong juga cukup menguntungkan, khususnya bagi anda yang tinggal di daerah berkembang. Warung ini biasanya menjual beragam produk makanan dan minuman seperti nasi yang harganya murah, gorengan, kue-kue basah, pulsa elektrik, kerupuk, es batu dan lainnya. Sekarang, toko kelontong telah berubah menjadi waserba atau warung serba ada. Jadi, bisa membuka bisnis apa saja.

12.Jual aneka bibit

Kebutuhan akan bibit cukup besar di desa. Karena masyarakat pedesaan suka menanam berbagai pohon yang bisa ditanam pada tanahnya.

Maka, sediakanlah berbagai jenis bibit. Perhatikan kebutuhan bibit apa saja yang diperlukan masyarakat.

Umumnya seperti bibit sayuran, bibi cabai, bibit kelapa sawit, bibit karet dan beberapa tanaman kebun lain.

13.Bercocok tanam

Masyarakat desa biasanya mempunyai lahan yang luas, jika anda begitu bisa memanfaatkannya untuk menanam beberapa tumbuhan. Terdapat berbagai jenis tanaman perkebunan yang bisa anda manfaatkan, misalnya

  • Seledri

Daun seledri sering digunakan dalam sup, sehingga banyak orang yang membutuhkannya untuk masakannya. Daun seledri bisa dijual per ikatan atau per kg. Harganya juga lumayan tinggi, tergantung daerah anda.

  • Kebun kelapa

Kawasan desa memang sangat berharga, anda yang memiliki lahan luas, bisa menggunakannya untuk menanam kelapa.

Menanam kelapa juga cukup menjanjikan karena buah kelapa digunakan untuk berbagai keperluan. Airnya bisa untuk memasak atau langsung diminum karena mengandung banyak vitamin dan manfaat dalam memasak.

 Selain itu, daunnya bisa untuk membuat jajanan, kulitnya juga bisa dibuat kasur atau barang lainnya. Hampir semua bagian kelapa dapat digunakan untuk kebutuhan manusia.

  • Kebun cabai

Tentu anda tahu kalau cabai sangat dibutuhkan. Banyak masakan yang membutuhkan cabai, sehingga harganya naik terus. Anda harus belajar bagaimana merawat tanaman cabai dengan baik, bisa dengan membaca buku atau dari internet.

Sebab, cabai memerlukan penangan khusus agar bisa hidup dan hasilnya bisa lebih banyak.

14.Budidaya ikan 

Jadilah pemasok ikan di pasar, anda bisa memelihara ikan-ikan entah itu ikan hias atau ikan untuk dimakan. Anda harus mencari tahu terlebih dahulu kebutuhan ikan di pasar sebelum membudidayakan ikan.

Pelajari apa yang yang dibutuhkan dan tentang perawatan ikan yang baik. Hitung berapa banyak modal yang dibutuhkan dan juga perkirakan berapa keuntungan yang anda dapatkan.

15.Bisnis online

Bisnis online dapat menjangkau ke seluruh daerah, baik desa, perkotaan sampai seluruh dunia. Bisnis online tidak mengenal waktu dan jarak. Karena saat ini jaringan internet sudah tersebar di berbagai daerah.

Baca juga:
Anda bisa memanfaatkan jaringan internet untuk memulai bisnis online. Tentukan strategi pemasarannya, bisa melalui media sosial, membuat website atau pemasaran melalui aplikasi chat.Semoga bermanfaat.
Share This :
Eko Susilo

Mulai Mengetik Lalu Tekan Enter Untuk search