MASIGNCLEAN103

Faktor Penting Yang Mempengaruhi Pergerakan Harga Bitcoin Naik Turun

Beberapa Alasan Yang Menyebabkan Harga Bitcoin Naik Turun Secara Fluktuatif

Bagi para pengguna bitcoin ,apalagi yang terjun dalam bisnis jual beli atau yang disebut dengan trading bitcoin tentunya sangat penting melakukan analisa harga bitcoin.

Hal ini untuk mengetahui kapan harga bitcoin akan turun untuk melakukan pembelian bitcoin,begitu juga mengetahui kapan harga bitcoin akan naik.

Nilai tukar mata uang bitcoin memang fluktuatif yang selalu naik turun,dan hal inilah yang membuat banyak investor tertarik untuk melakukan trading bitcoin.

Mengapa harga bitcoin naik tinggi dan turun drastis
Setelah sebelumnya membahas strategi cara membaca grafik bitcoin,yang sangat dibutuhkan dalam melakukan analisa trading bitcoin.Jika belum membacanya bisa baca pada link berikut klik => Strategi cara membaca grafik trading bitcoin

Pada kesempatan ini kita akan membahas faktor apa saja yang mempengaruhi harga cryptocurrency khususnya bitcoin,penyebab kenapa harga bitcoin naik tinggi dan penyebab mengapa harga bitcoin turun drastis?.Serta bagaimana dengan prediksi harga bitcoin selanjutnya (2018) pada pasar bitcoin.

Sebelum kita mengetahui faktor apa saja yang menjadi alasan penyebab naik turunnya bitcoin kita cari tahu lebih dalam tentang perkembangan mengenai harga bitcoin.

Sejarah Perkembangan Harga Bitcoin

Bitcoin ditemukan ditahun 2009,yang ketika itu pada awalnya hanya bernilai $ 0.001 yang dalam mata uang rupiah hanya sebesar Rp 13,- saja.

Yang selanjutnya berkembang hingga tahun 2013 ,namun belum mengalami kenaikan yang signifikan,karena harga hanya naik secara perlahan dan hanya sedikit mengalami fluktuasi selama 4 tahun tersebut.

Nah mulai tahun 2013 mulai banyak peminatnya,hal ini karena terjadi krisis keuangan pada perbankan Cyprus yang terjadi pada bulan november tahun 2013.

Ketika itu orang china mulai melakukan pembelian Bitcoin dalam jumlah yang banyak,yang menjadikan harganya naik sekitar 1,000%,akan tetapi kenaikan harga bitcoin secara drastis tersebut tidak berlangsung lama.

Penurunan harga bitcoin terjadi pada bulan februari tahun 2014,akibat adanya serangan DDoS pada server Mt.Gox yang ketika itu menguasai kurang lebih 60% transaksi bitcoin.

Akibat terjadinya pembobolan (hacking) banyak para pengguna bitcoin merasa terpukul.Dan sebagai dampaknya harga bitcoin menjadi turun sekitar 40%.Ya selama dari tahun 2014 hingga januari 2015 harga bitcoin terus turun.

Barulah pada pada tahun 2015 selanjutnya bitcoin mulai memperoleh popularitas secara perlahan namun pasti,sehingga harga mulai perlahan menjadi naik.

Tahun 2016,Bitcoin berhasil mendapatkan minat dan kepercayaan dari banyak orang sehingga harganya terus naik.

Selanjutnya pada bulan mei 2017 hingga sekarang,harga bitcoin mengalami kenaikan harga secara tajam.Kenaikan harga bitcoin sekitar 435% hanya dalam beberapa bulan saja,yang mana peergerakan fluktuatif seperti ini tidak akan terjadi pada trading forex maupun perdagangan komoditas lainnya.

Dari sejarah perkembangan ,naik turunnya harga bitcoin kita bisa mengambil kesimpulan mengenai apa saja yang menyebabkan terjadinya pergerakan harga bitcoin.

Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Harga Bitcoin:


1.Supply (Penawaran) dan Demand (Permintaan) bitcoin pada market

Setiap market entah itu market fisik maupun digital pasti akan dipengaruhi oleh hukum ekonomi yaitu supply dan demand (besarnya penawaran dan permintaan).
  • Ketika permintaan lebih banyak daripada penawaran maka,harga akan Naik
  • Ketika penawaran lebih banyak daripada permintaan maka,harga akan Turun 

2.Jumlah Keseluruhan Bitcoin dan Pemiliknya

Dikatakan bahwa total Bitcoin seluruhnya adalah 21 juta BTC (itu sudah termasuk yang belum dimining/didapatkan).Sedangkan saat ini yang sudah beredar sekitar 16 juta BTC serta telah dimiliki oleh lebih dari 14 juta orang.

Sesuai dengan hukum supply and demand yaitu karena jumlah Bitcoin tetap/terbatas hanya 21 juta BTC ,sementara orang yang ingin memiliki semakin bertambah banyak menjadikan harga Bitcoin akan terus naik.

3.Berita Yang Mempengaruhi Bitcoin

Banyak berita yang muncul dan mampu mempengaruhi sentimen pasar bitcoin.Misalnya pada kasus penangkapan Ross Ulbricht,yaitu pengelola situs SilkRoad yang banyak mempergunakan bitcoin.

Akibatnya harga bitcoin menjadi turun secara cepat/tiba tiba sekitar 25%.

Untuk itu sebagai trader bitcoin perlu mempertimbangkan ketika telah rilis berita yang berkaitan dengan bitcoin,entah itu penggunanya maupun kebijakan pemerintah.

Bitcoin memang tidak mempunyai jaminan atau dukungan didunia nyata secara fisik.

Maksudnya mata uang Bitcoin tidak didukung oleh logam mulia seperti emas,maupun perjanjian internasional.

Akan tetapi Bitcoin mempunyai semua karakter dan peranan yang dimiliki oleh uang yaitu:

1.Keseragaman

Semua Bitcoin adalah sama,dan tidak ada yang dapat membedakan antara satu Bitcoin dengan Bitcoin lainnya.Sehingga setiap Bitcoin mempunyai harga yang sama.

2.Divisibility

Bitcoin dapat dipecah menjadi pecahan yang lebih kecil.Dan pecahan pecahan kecil disebut satoshi.Dan nilai 1 satoshi adalah 0.00000001 BTC.

3.Portabilitas

Setiap penggunanya dapat membawanya maupun melakukan transaksi secara mudah.

4.Longevity

Bitcoin memiliki karakter kekal,yang mana eksistensi Bitcoin tidak dibatasi oleh system,melainkan akan tetap ada selagi tekhnologi masih ada.

5.Pengakuan

Sekarang pengguna Bitcoin telah banyak sekali,yang mana sekarang Bitcoin sudah dapat digunakan sebagai alat pembayaran untuk transaksi jual beli barang maupun jasa.

6.Keamanan

Bitcoin aman karena terlindungi dari pencurian,pemalsuan serta perubahan informasi transaksi melalui proteksi pada sistem Blockchain.

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pergerakan Harga Bitcoin Pada Trading Bitcoin

Pergerakan harga bitcoin yang terus berubah/fluktuatif memiliki daya tarik untuk para trader bitcoin dalam mendulang keuntungan.

Karena keuntungan trader bitcoin diperoleh dari pergerakan naik dan turunnya harga bitcoin yang dapat terjadi dengan cepat bahkan dengan harga yang fantastis.

Maka tidak aneh,apabila bitcoin menjadi salah satu mata uang yang juga direkomendasikan untuk dijadikan bisnis trading (jual beli bitcoin).

Akan tetapi masih banyak trader yang belum begitu mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi tinggi rendahnya atau naik turunnya harga Bitcoin secara umum.

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Tinggi Rendahnya Harga Bitcoin


1.Volume Bitcoin Masih Sedikit

Yang menentukan adalah hukum supply and demand.Maksudnya,Apabila banyak pengguna yang melakukan pembelian,maka harga bitcoin akan Naik,begitu juga sebaliknya,apabila banyak yang menjual daripada membeli maka harga bitcoin akan turun.

Sesuai data dari blockchain,yaitu volume peredaran bitcoin untuk sekarang ini masih sedikit.Dan hal ini akan membuat harga bitcoin dapat naik atau turun secara drastis,disaat terjadi transaksi jual beli bitcoin dalam jumlah besar.

2.Pengaruh Trading Bitcoin

Perlu diketahui jumlah pengguna bitcoin yang menggunakan bitcoin sebagai aset trading lebih banyak ketimbang dari mereka yang benar benar menggunakannya sebagai alat tukar/jual beli.

Penyebabnya adalah relevansi bitcoin masih kurang,yang mana penggunaannya belum tersebar dan familiar dikalangan seluruh masyarakat.

Sebagai gambaran,kita pasti akan sulit menemukan toko terdekat yang bersedia menerima pembayaran dengan bitcoin.Sehingga banyak pengguna yang selanjutnya memilih menggunakan bitcoin sebagai instrumen trading untuk investasi.

Semakin tinggi popularitas bitcoin,maka semakin banyak juga yang memulai profesi sebagai trader bitcoin.Dan faktor inilah yang termasuk menjadikan naik turunnya harga bitcoin secara signifikan.

3.Berita Baik dan Berita Buruk Mengenai Bitcoin

Berita termasuk salah satu faktor yang mampu mempengaruhi perubahan harga bitcoin secara signifikan.

Pengguna bitcoin yang mendengar berita buruk tentang bitcoin,akan merasa panik selanjutnya akan menjual bitcoin miliknya demi mengamankan aset dari kerugian.Akibatnya harga bitcoin akan turun secara drastis.

Sebaliknya ,ketika ada berita baik tentang bitcoin,para pengguna bitcoin banyak yang akan melakukan pembelian bitcoin.Dengan adanya pembelian secara besar besaran,akibatnya harga bitcoin naik secara drastis.

4.Penipuan Investasi Bitcoin

Banyaknya penipuan berkedok investasi yang menggunakan mata uang bitcoin membuat harga bitcoin turun secara signifikan.

Hal tersebut karena pengguna yang telah menjadi korban penipuan akan menjual sisa bitcoin yang mereka miliki.Jika banyak yang secara tiba tiba menjual akan berdampak turunnya harga bitcoin.

Sebelumnya harga bitcoin sempat naik,disaat para pengguna melakukan pembelian bitcoin untuk investasi pada perusahaan yang sistem pembayarannya menggunakan bitcoin.Sehingga bitcoin akan naik karena banyak yang melakukan pembelian.

Tetapi ketika baru menyadari ternyata investasi tersebut scam/penipuan,secara otomatis harga bitcoin akan turun kembali.

5.Kejahatan Hacker

Ketika muncul isu tentang kejahatan hacker bitcoin,berakibat banyak investor pengguna bitcoin akan panik disaat ada pihak yang telah kehilangan bitcoin karena dihack.

Akibat panik itulah banyak investor bitcoin melakukan penjualan bitcoin secara besar besaran sehingga dampaknya harga bitcoin anjlok.

Meskipun harga Bitcoin begitu fluktuatif atau selalu bergerak naik turun,tetapi sebagian besar investor bitcoin masih berpendapat bahwa harga bitcoin pasti akan terus naik dimasa depan.

Beberapa analisa menyatakan bahwa pergerakan harga bitcoin tidak akan terhenti hanya pada angka $10,000 saja.Karena diprediksi pada tahun depan akan lebih banyak investor institusional yang akan memasuki market bitcoin dengan dana besar.

Inilah Alasan Mengapa Harga Bitcoin Akan Naik di Masa Depan


1. Harga Bitcoin diDesain Agar Semakin Mahal Seiring Berjalannya Waktu

Permintaan yang terus meningkat (demand) yang tidak diimbangi dengan penawaran (supply/stock) yang memadai akan berakibat harga bitcoin semakin meroket naik.

Apalagi telah kita ketahui bahwa stock bitcoin seluruhnya hanya 21 juta Bitcoin,dan jumlah bitcoin yang telah beredar telah lebih dari 16,6 juta Bitcoin.Artinya stock bitcoin hanya sisa sekitar 3,4 juta BTC saja.

Dengan sisa tersebut tidak akan mampu mencukupi permintaan dari seluruh dunia,sehingga sesuai hukum supply and demand yaitu:Permintaan yang lebih besar dari penawaran akan menjadikan harga semakin mahal/naik.

2.Hanya Supply & Demand Yang Mempengaruhi Harga Bitcoin

Bitcoin adalah mata uang yang terdesentralisasi yang bersifat kebal terhadap data data ekonomi suatu negara contohnya inflasi yang seringnya mempengaruhi nilai mata uang suatu negara.

Bitcoin tidak terpengaruh oleh inflasi mata uang negara manapun.

Yang mampu mempengaruhi harga bitcoin hanyalah supply (penawaran) dan demand (permintaan) para pengguna bitcoin atau pelaku pasar bitcoin.

Hal tersebut dikatakan dengan konsensus sempurna,yang mana kesepakatan harga tidak diatur oleh siapapun kecuali pelaku pasar itu sendiri.

3.Adanya Perusahaan Besar Yang Terjun ke Dunia Bitcoin

Tekhnologi blockchain yang menjadi dasar penciptaan bitcoin sering disebut sebagai teknologi masa depan tak terbatas.

Dikatakan tanpa batas karena memiliki transparansi dan kemudahan serta keamanan yang terjamin.Yang mana sekarang bitcoin mulai diterapkan oleh perusahaan besar didunia.

4.Dukungan Dari Kriptorafis yang lainnya

Salah satunya Ethereum yang telah menjalin aliansi dengan nama Enterprise Ethereum Alliance (EEA) yang telah mempunyai lebih dari 500 perusahaan startup serta perusahaan raksasa didalamnya.

Beberapa perusahaan raksasa yang telah bergabung di EEA yaitu:
  • Microsoft
  • Intel
  • CME Group
  • Toyota
  • Cisco
  • British Proteleum
Mereka bersama sama turut mengembangkan teknologi dasar pembuatan Ethereum,Blockchain yang termasuk menjadi basic teknologi awal penciptaan Bitcoin,untuk bisnis utamanya dengan tujuan efektifitas transaksi.

Mereka memastikan harga mata uang Ethereum tidak akan jatuh dengan mendekati nol lagi.Yang mana tentu saja akan berpengaruh terhadap mata uang kripto yang lainnya,apalagi bitcoin,sebagai mata uang kripto termahal sekarang ini.

Itulah hal hal dan beberapa faktor alasan yang turut mempengaruhi dan menyebabkan pergerakan harga bitcoin bisa naik turun.


Semoga wawasan ini dapat memberi pemahaman tentang dasar dari perubahan tinggi rendahnya harga bitcoin sebagai pedoman dasar dalam trading bitcoin.Semoga bermanfaat dan salam profit...
Share This :
Eko Susilo

Mulai Mengetik Lalu Tekan Enter Untuk search