MASIGNCLEAN103

Daftar Bank Yang Menyediakan Produk Kredit Pinjaman Syariah Tanpa Riba

7 Bank Yang Menawarkan Produk Pinjaman Tanpa Riba

Pinjaman syariah merupakan kredit pinjaman yang diberikan oleh lembaga keuangan dengan basis syariah.

Sebab pembiayaan syariah yang disalurkan oleh lembaga ini prinsipnya mengikuti kaidah atau tata cara syariat islam.

Karena Indonesia mayoritas beragama islam,maka sangat penting ketika akan melakukan pinjaman uang untuk memilih produk pinjaman atau kredit tanpa riba atau syariah.

Pada kesempatan ini kita akan membahas syarat pinjaman bank syariah tanpa riba baik secara online maupun offline.

Di dalam hukum islam sendiri utang piutang ini harus dikembalikan dengan jumlah yang sama, uang yang dikembalikan juga tidak boleh lebih besar atau lebih kecil dari jumlah pinjaman.

Prinsip syariah  sendiri menggunakan perjanjian dalam hukum islam antara nasabah dan bank untuk menyimpan dana atau pendanaan terhadap usaha atau kegiatan lain yang sesuai dengan hukum syariah.

daftar bank yang menyediakan kredit pinjaman syariah tanpa riba

Bank syariah menyediakan pinjaman tanpa riba dengan prinsip sebagai berikut:

1.Murabahah ( Pembiayaan prinsip jual beli )

Jual beli atau yang biasa disebut murabahah dalam islam merupakan jual beli antar pihak nasabah dan bank.

 Di mana bank anak membeli kebutuhan para nasabah dan menjualnya kembali kepada nasabah dengan jumlah keuntungan yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak.

Jadi untuk layanan kredit yang ditawarkan oleh bank syariah ini dapat berupa kredit pembelian rumah, kredit cicilan kendaraan atau bahkan kredit usaha yang menggunakan konsep jual beli atau yang biasa disebut Al- Murabahah

2.Nisbah ( Pembiayaan dengan prinsip bagi hasil )

Dalam sistem bank syariah ini menggunakan sistem prinsip nisbah atau bagi hasil. Sistem yang satu ini untuk nasabah yang akan meminjam dana yang mana nantinya akan digunakan modal usaha.

Jadi nanti hasil yang diperoleh nasabah dari usaha yang ia jalankan akan dibagi dengan pihak bank sebagai ganti bunga atas modal yang ia pinjam.

3.Ijrah ( pembiayaan barang modal menggunakan prinsip sewa )

Ijrah merupakan perjanjian pemindahan hak guna jasa dan objek yang tentunya terdapat biaya sewa yang sebelumnya sudah disepakati oleh kedua belah pihak baik pihak nasabah dan bank.

Sistemnya sendiri hampir sama dengan prinsip jual – beli namun yang membedakan dari keduanya ialah tidak adanya pemindahan kepemilikan objek yang telah dibiayai.

Di dalam praktiknya di akhir sewa bank syariah ini menjual barang yang ia sewakan kepada nasabah. Maka dengan itu ia sudah masuk dalam prinsip ijrah muntahhiyah bittmlik atau yang biasa disebut sewa yang diikuti dengan perpindahan kepemilikian.

Perbedaan Pembiayaan Bank Syariah dan Bank Konvesional


Pinjaman Bank Syariah

  1.  Memakai sistem prinsip bagi hasil
  2. Melakukan sistm pembiayaan halal dalam syariat islam
  3. Hubungan nasabah dalam bentuk kemitraan
  4. Orientasi mengarah pada falah dan keuntungan ( kebahagiaan dunia akhirat )
  5. Menghimpun dana dan menyalurkan dana sesuai dengan fatwa dewan pengawas syariah

Bank Konvesional

  1.  Melakukan investasi baik halal atau haram dalam syariat islam
  2. Orientasi berdasar keuntungan semata
  3. Hubungan nasabah dengan bank ialah debitur dan kreditur
  4. Penghimpunana dan juga penyalur dana tidak diatur denan dewan majelis bank untuk pengajuan pinjaman tunai yang berbasis syariah

 Daftar Bank Yang Menawarkan Produk Kredit Pinjaman Syariah Tanpa Bunga

 

Di bawah Ini daftar Bank yang Menyediakan Pinjaman Syariah:


1.Kredit Bank Mandiri Syariah

Bank Madiri Syariah masuk dalam barisan bank syariah terbesar di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1999.

Bank syariah mengenalkan berbagai macam produk perbankan, seperti penyaluran dana dan penyimpanan dana kepada nasabahnya.

Bank syariah ini memiliki berbagai produk pinjaman seperti BSM implan, pembiayaan pensiunan, pembiayaan koperasi syariah, pembiayaan edukasi bank syariah dan pembiayaan usaha mikro.

Pembiayaan modal kerja dapat digunakan oleh calon nasabah untuk modal kerja usaha mikro. Bank Syariah sendiri menetapkan limit pinjaman hingga Rp.200 juta dengan jangka waktu pengembalian 4 tahun.

Calon nasabah dapat memilih akad seperti akad mudrabahah, musyarakah dan murabahah. Anda dapat memilih akad sesuai dengan spesifikasi kebutuhan modal kerja anda.

Bagaimana cara mengajukan pinjaman Bank Mandiri untuk Modal Kerja?


Caranya mudah sekali untuk mengajukan pinjaman bank syariah mandiri untuk mengajukan pinjaman nasabah wajib .

Apabila nasabah memenuhi syarat maka langkah selanjutnya yang dapat ditempuh ialah melengkapi syarat administrasi pinjaman syariah Bank Mandiri. Di bawah ini dokumen yang akan anda butuhkan nanti :
  • Legalitas usaha yang masih berlaku contohnya saja NPWP,  TDP,  SIUP.
  • Surat berdirinya usaha yang anda lakukan minimal 3 tahun
  • Menyerahkan bukti kepemilikan agunan yang sah
  • Untuk anda seorang wiraswasta dapat menyerahkan legalitas perorangan yang masih berlaku saat ini contohnya saja : KTP, KK, NPWP dan akte nikah.
  • Menyerahkan mutasi rekening minimal 6 bulan terakhir
Calon nasabah dapat mengunjungi kantor cabang dari Bank Syariah Mandiri untuk pengajuan pembiayaan ini. Anda juga dapat mengajukan pembiayaan secara online di situs finansial halomoney.

2.Kredit BNI Syariah

Pinjaman BNI Syariah ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan usaha produktif dengan investasi dan modal kerja serta pemenuhan kebutuhan konsumtif lain yang tidak bertentangan dengan syariat islam dan juga undang – undang yang berlaku saat ini.

Ada pembagian produk yang dapat dipilih oleh nasabah dan calon nasabah yang akan meminjam di BNI Syariah.

Kategori di atas dikategorikan dengan kta bni syariah, pembiayaan usaha kecil skala menengah dan juga mikro atau pinjaman pribadi.

BNI Syariah juga menawarkan 7 produk untuk usaha kecil menegah, diantaranya :
  • BNI Syariah Linkage
  • BNI Syariah usaha kecil iB Hasanah
  • BNI Syariah tunas usaha iB hasanah
  • BNI Syariah dealer iB hasanah
  • BNI Syariah kokar
  • BNI Syariah valas iB Hasanah
  • BNI Syariah wirausaha
Anda dapat mengambil pembiayaan ini dengan biaya minimal Rp.50 juta dan maksimal 100 juta dengan jangka waktu yang diberikan hingga 7 tahun masa pengembalian akhir.

Produk pinjaman yang diberikan oleh Bank Syariah sendiri memiliiki konsep akad musyarakah, mudharabah dan murabahah.

3.Pinjaman BRI Syariah

Pinjaman dana tunai BRI Syariah ini dapat diajukan oleh individu atau badan usaha. Saat ini ada 4 pinjaman Bank BRI Syariah yang dapat diajukan oleh nasabah diantaranya ialah pinjaman mikro, biaya SME, pembiayaan auto dan pembiayaan koperasi.

•Pembiayaan koperasi ialah layanan pinjaman yang menyalurkan pinjamananya melalui koperasi pegawai RI atau koperasi karyawan. Namun koperasi ini harus memiliki pembukuan kas valid setidaknya dalam jangka waktu 2 tahun terakhir.

•Pembiayaan SME atau pinjaman yang ditujukan bagi pelaku UKM. Pihak bank menyediakan dana pinjaman mulai dari 500 juta hingga 5 miliar

•Pembiayaan auto ditujukan bagi nasabah yang ingin melakukan kredit kendaraan. Dalam mekanismenya ada dua macam yang diberikan pihak bak kepada pengusaha otomotif.

•Pembiayaan mikro ialah pinjaman yang ditujukan untuk modal usaha dengan nilai pinjaman yang lebih kecil dari yang lain yaitu kisaran 25 juta hingga 500 juta saja.

4.Bank Syariah Muamalat

Bank syariah muamalat ini merupakan bank  syariah pertama yang ada di Indonesia. Bank ini juga menawarkan berbagai produk pinjaman syariah untuk para nasabahnya.

Pinjaman tunai syariah yang ditawarkan sanagt beragam diantaranya : Pembiayaan pensiun, pembiayaan umroh, pembiayaan, multiguna, pembiayaan kta syariah dan juga KPR.

Bank muamalat sudah menetapkan jika limit pinjaman mencapai 100 juta dengan waktu 5 tahun. Dana pinjaman ini dapat digunakan sebaagai keperluan usaha atau konsumtif.

Bank muamalat ini menerapkan prinsip syariah memiliiki konsep akad musyarakah, mudharabah dan murabahah yang telah ditetapkan sebagai spesifikasi kebutuhan pembiayaan.

5.Bank Syariah Bukopin

Bank Syariah Bukopin memberi pinjaman secara tunai yang sesuai dengan akad yang dipilih nasabahnya.

Dimana masing – masing pihak dapat memberi kontribusi dana atau keahlian dengan kesepakatan atau keuntungan dan juga resiko yang nantinya akan ditanggung bersama sesuai kesepakatan.

Pembiayaan yang dipinjamkan ini ditujukan kepada badan usaha maupun perorangan dengan self financing minimal 30%. Jangka waktu atau penyelesaian proyeknya 125% dari plafon pembiayaan utama. Plafon kreditnya sendiri ialah 1 juta hinga 200 juta.

Selain pembiayaan yang saya sebutkan diatas Bank Bukopin ini menawarkan pembiayaan menggunakan akad  musyarakah, mudharabah dan murabahah muqoodah, iB kepemilikan rumah, iB pinjaman Qardh, iB kepemilikan mobil, pembiayaan iB K3A dan masih banyak lagi produk yang lain.

6.Bank BCA Syariah

BCA Syariah ini merupakan bank konversi dari bank UIB yang telah dahulu  mengantongi ijin operasional bank syariah pada 2 Maret 2010 silam. Bank syariah BCA sendiri memberikan layanan yang cukup banyak seperti layanan Giro iB, deposito iB dan tahapan iB.

Selain itu BCA syariah juga memberikan layanan produk pembiayaan pinjaman modal kerja iB, pembiayaan UMKM bina usaha rakyat dan juga pembiayaan KKB iB, pembiayaan investasi iB, pembiayaan KPR iB.

• Produk pembiayaan modal kerja yang satu ini membantu para nasabah  Bank BCA Syariah agar dapat memenuhi kebutuhan modal kerjanya seperti halnya bahan baku, penyediaan barang dagangan dan kebutuhan modal kerja yang lain.

• Pembiayaan UMKM bina usaha rakyat, pembiayaan ini ditujukan bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang menggunakan akad jual beli atau murabahah.

Pembiayaan yang diberikan sendiri mencapai 2 miliar dengan jaminan yang sangat fleksibel dan memudahkan nasabahnya yaitu tanah adat, sewa kios pasar, bilyet deposito BCA Syariah.

• Pembiayaan KPR iB merupakan pembiayaan yang didasari oleh prinsip murabahah. Dimana sitemnya Bank BCA Syariah akan melakukan pembiayaan pembelian rumah dan apartemen yang diperlukan oleh nasabah dengan harga pokok yang ditambahkan dengan margin keuntungan bank yang sudah disepakati sebelumnya.

• Pembiayan untuk KKB iB ini sama halnya seperti KPR namun yang membedakan keduanya ialah untuk pembelian rumah dan kendaraan.

7.Bank BTN Syariah

Bank BTN syariah merupakan bisnis unit yang strategis dari bank BTN sendiri yang kini menjalankan bisnisnya dengan prinsip – prinsip syariah yang sesuai dengan syariat islam.

Bank syariah yang satu ini mulai beroprasi pada tahun 2005, bank BTN syariah sendiri memberikan layanan yang beragam jenisnya dalam hal pendanaan dan juga pembiayaan.

Di sini saya akan sebutkan produk pembiayaan BTN Syariah yang meliputi dari 11 produk :
  • Multimanfaat
  • Multijasa dan talangan haji BTN
  • KPR sejahtera
  • Pembiayaan bangunan rumah
  • Pembiayaan kendaraan bermotor
  •  KPR BTN platinum iB
  • KPR BTN indent iB
  •  Pembiayaan kontruksi
  •  Pembiayaan investasi
  • Tunai emas
  • Pembiayaan modal kerja

Demikian 7 bank yang saat ini menawarkan produk pinjaman berbasis syariah islam. Pinjaman syariah yang anda lakukan ini merupakan alternatif yang tepat serta cepat bagi anda yang memang tergesa- gesa untuk mendapatkan dana.

Namun ketika anda meminjam uang di bank syariah anda juga wajib memperhatikan sistimbagi hasil yang sudah ditetapkan para pegawai bank.

Baca juga:
Dengan begitu nantinya akan jelas dan tidak bermasalah di belakang. Bank – bank yang sudah saya sebutkan diatas merupakan bank syariah yang sudah terkenal sejak dahulu menangani peminjaman modal berbasis syariah dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, terimakasih.
Share This :
Eko Susilo

Mulai Mengetik Lalu Tekan Enter Untuk search