MASIGNCLEAN103

Cara Memulai Berbisnis Dan Langkah Membuka Usaha Yang Sukses Dari Nol

Langkah Awal Dalam Memulai Usaha atau Bisnis

Buat Anda yang masih bingung disaat akan memulai membuka usaha bisnis,pada kesempatan ini kita akan membahas langkah cara memulai berbisnis yang sukses.

Sebagian banyak orang menganggap membuka usaha atau berbisnis adalah hal yang memerlukan mental yang kuat dan selalu banyak tantangan serta rintangannya.

Oleh karena itu diperlukan strategi dan langkah langkah memulai usaha dari nol agar sukses.

Memang tidak bisa kita pungkiri,masuk kedalam dunia usaha atau bisnis seperti memasuki medan pertempuran,jika kita tidak memiliki senjata yang kuat dan taktik yang cerdas,sangat sulit agar kita bisa menang.

Biasanya yang menjadi rintangan awal yang ingin membuka usaha adalah keterbatasan atau kurangnya modal,hal ini sering membuat mereka menyurutkan niatnya.

cara memulai membuka usaha kecil kecilan tanpa modal bisnis kuliner,pakaian

Pada dasarnya jumlah modal bukanlah faktor atau hal utama,akan tetapi kekuatan mental seseoranglah yang menentukan sukses tidaknya usaha yang akan dijalankan.Meskipun modal itu sangat penting.

Bahkan dengan modal yang sangat minim pun kita masih dapat memulai bisnis,salah satunya bisnis jualan online tanpa modal yang disebut dropship.

Untuk pembahasan tentang dropship dapat dibaca pada artikel berikut Klik => Peluang Usaha Jualan Online Tanpa Modal

Apapun usaha yang akan dijalankan pastinya harus menyiapkan rencana agar lebih mudah bersaing.Entah itu membuka usaha kecil kecilan,kuliner,pakaian,jualan/dagang,maupun online shop.

Berikut ini cara memulai membuka usaha bagi pemula dari awal sampai usaha tersebut berjalan.

Langkah Langkah Awal Memulai Usaha Dari Nol 


Kebanyakan para pemula yang belum memiliki pengalaman menjalankan sebuah usaha,akan mengalami kebingungan.Bagaimana caranya memulai usaha agar sukses?.Berikut ini tips secara lengkapnya.

Berikut Langkah Langkah Memulai Usaha Agar Sukses:


1.Menentukan Jenis Usaha

Cara ini penting sekali karena berkaitan dengan memilih jenis usaha yang sesuai passion atau minat anda dan bisnis yang memiliki prospek jangka panjang.

Sebagian besar orang suka memilih jenis usaha yang sedang ngetren/booming,sebab dikira akan cepat menghasilkan keuntungan.

Tentu saja hal tersebut boleh dilakukan,akan tetapi kita harus mempertimbangkan faktor minat anda sendiri,apakah sesuai minat anda atau tidak.

Biasanya sebuah usaha/bisnis yang dijalankan sesuai minat pelaku,akan lebih bertahan lama daripada usaha yang dijalankan karena faktor ikut ikutan saja (mengikuti usaha yang sedang booming).

2.Menentukan Visi dan Misi Usaha/Bisnis

Biasanya dibelakang usaha yang sukses selalu ada visis dan misi yang kuat didalamnya.Hal tersebut juga berlaku untuk usaha yang akan anda jalankan,harus ada visis dan misi yang akan dicapai.

Dengan menetapkan visi dan misi didalam sebuah bisnis,maka bisnis tersebut akan mampu fokus terhadap tujuan usaha tersebut dibangun dan dijalankan.

Kesalahan umum yang sering dialami pemula adalah ketika merintis sebuah usaha tidak menentukan visi dan misi yang jelas,sehingga ketika dijalankan usaha tersebut tidak konsisten pada tujuan awal membuka usaha tersebut.

3.Melakukan Analisa atau Survey

Setelah memastikan jenis usaha apa yang akan dirintis,langkah berikutnya adalah melakukan analisa atau survey dilapangan.

Tujuannya tidak lain untuk mengetahui seberapa besar tingkat persaingan,pangsa pasar dan seberapa besar potensi usaha yang akan dibangun.

Beberapa survey/analisa yang harus dilakukan:
  • Analisa Perilaku Konsumen
Cermati seperti apa perilaku konsumen dari jenis usaha yang akan dibangun.Pastikan jenis bisnis tersebut mempunyai banyak peminat serta daya beli yang bagus.
  • Analisa Tingkat Persaingan
Bisa saja jenis usaha yang akan anda rintis telah ada yang mendahuluinya yang nantinya akan menjadi pesaing.

Dengan melakukan analisa ini,pastikan kita mengetahui seberapa banyak bisnis yang sejenis,mengetahui kualitas produk,pelayanan,persaingan harga serta informasi lain yang bermanfaat.

Melalui informasi tersebut,selanjutnya kita akan menyusun rencana dan strategi agar kita mampu bersaing dengan jenis bisnis yang sama.
  • Analisa Lokasi Usaha
Tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa lokasi untuk usaha sangat mempengaruhi kesuksesan suatu usaha/bisnis.Pemilihan lokasi yang strategis sangat besar pengaruhnya terhadap penjualan usaha.

4.Menyiapkan Modal

Mempersiapkan modal adalah hal yang wajib,baik itu modal materi ataupun modal informasi dan pengetahuan akan usaha.Tetapi untuk hal ini adalah modal dana atau uang untuk kebutuhan bisnis.

Besarnya modal tergantung dari jenis usaha yang akan dirintis.Tentu saja semakin besar sebuah bisnis/usaha yang akan dirintis,semakin besar pula uang yag diperlukan.

Banyak cara untuk mendapatkan modal misalnya:
  • Dari tabungan sendiri
  • Mencari investor
  • Meminjam ke Bank
  • Meminjam dari keluarga/saudara
Akan tetapi untuk para pemula bisnis sebaiknya menggunakan modal milik sendiri,karena setiap usaha pasti memiliki potensi resiko kegagalan.

Apabila modal diperoleh dari pinjaman,maka bisa saja anda akan kerepotan dalam menjalankan usaha yang masih baru,dengan dibebani harus membayar pinjaman tersebut.

Jika anda membutuhkan modal usaha bisa membaca artikel berikut ini klik =>
5.Menentukan Lokasi Usaha

Setelah melakukan analisa/survey tentang lokasi usaha,selanjutnya adalah menentukan lokasi usaha.

Disarankan memilih lokasi usaha yang strategis dan ramai dilalui banyak orang.Berbeda dengan akan menjalankan bisnis online,karena bisnis online tidak mengharuskan calon konsumen mendatangi pembeli.

Usaha yang memerlukan calon pengunjung mendatangi pembeli sebaiknya memilih lokasi yang strategis.

6.Menyiapkan Segala Kebutuhan

Memulai usaha/bisnis baru memang membutuhkan persiapan yang sungguh sugguh.Usaha yang dijalankan tanpa persiapan akan berjalan tanpa arah yang jelas dan resiko gagalnya lebih besar.

Beberapa persiapan tersebut meliputi:
  • Persiapan produk/jasa
  • Persiapan alat
  • Strategi pemasaran
  • dan lain lain
Tidak lupa hal yang utama adalah mempersiapkan diri untuk merintis dan menjalankan usaha tersebut.

7.Memulai Membuka Usaha

Setelah hal hal diatas telah dilakukan,maka anda sudah siap untuk memulai usaha/bisnis tersebut.Dan sekarang waktunya membuka usaha untuk khalayak umum.

Biasanya ketika pertama kali membuka usaha,volume order/penjualan belum sesuai harapan.

Jangan menyerah,ini wajar karena usaha/bisnis anda belum banyak diketahui orang dan usaha anda belum memiliki kepercayaan dari para calon konsumen.

Pasti akan tiba waktunya para konsumen mulai berdatangan dan percaya terhadap bisnis anda itu.

Intinya adalah Anda jangan menunda untuk merintis usaha/bisnis dan jangan langsung putus asa,apabila bisnis/usaha tersebut sepi.

8.Memiliki Keunikan Dalam Persaingan

Cara agar mampu bersaing dengan baik adalah menjadi unik diantara persaingan bisnis yang sejenis.

Usaha/bisnis boleh sama,tetapi usaha anda yang dijalankan harus terlihat memiliki keunikan ketimbang usaha lain yang sejenis.

Contohnya pada usaha jualan bakso,hal hal yang dapat menjadikan bakso terlihat unik dan berbeda dengan bakso yang lain yaitu:
  • Memilih nama bisnis yang beda/unik (contoh:bakso beranak sumanto,bakso kepala sapi dll.)
  • Menjaga rasa dan cara penyajian yang beda
  • Menjaga kebersihan tempat usaha
Contohnya jika bisnis anda adalah bisnis online,kita dapat menjadikan toko online anda unik,contohnya:
  • Memberikan tawaran gratis ongkos kirim
  • Pengiriman kilat
  • Menjaga kualita
  • Layanan komunikasi secara baik dengan konsumen 
  • dan lain lain.

9.Selalu Mengamati Pasar dan Mau Belajar

Semua jenis usaha pasti akan selalu mengalami perubahan pasar,Oleh karena jika bisnis/usaha anda ingin tetap bertahan,maka harus selalu memperhatian perkembangan pasar.

Disamping itu,para pelaku bisnis harus mau terus belajar mengikuti perubahan yang terjadi.

Contoh yang umum yaitu: jika pada jaman terdahulu belum ada sistem pemasaran online,maka untuk pengusaha jaman sekarang harus mau belajar tentag internet marketing agar terus maju.

10.Promosi Secara Berkala

Apapun jenis usaha yang anda bangun pasti akan membutuhkan pemasaran dengan kualitas baik agar sukses dan selalu bertahan didalam persaingan.

Untuk cara melakukan promosi juga harus memilih dengan menyesuaikan jenis usaha,yang biasanya membutuhkan trial dan error.

11.Melatih Mental Pelaku Bisnis

Salah satu modal untuk membangun sebuah usaha adalah memiliki mental yang kuat.Dengan memiliki mentalitas yang kuat membuat anda mampu bertahan didalam persaingan.

Segala macam bisnis pasti akan menemukan masa masa sulit,dan hanya mereka yang memiliki mental kuat yang mampu bertahan didalam persaingan.

Itulah 11 point penting dalam memulai,membuka dan menjalankan usaha/bisnis agar sukses.Disaat anda menemukan informasi dari hasil analisa untuk membangun usaha,pastikan anda siap terhadap tantangan yang akan dihadapi.

Membangun usaha dari bawah atau dari nol memang bukanlah hal yang mudah,yang pasti akan membutuhkan pengorbanan uang,pikiran,tenaga dan waktu.

Baca juga  => Kiat Sukses Memulai Usaha Agar Menang Dalam Persaingan

Semoga pembahasan ini dapat membantu anda yang ingin merintis usaha agar sukses dan bertahan dalam jangka panjang.Semoga bermanfaat...
Share This :
Eko Susilo

Mulai Mengetik Lalu Tekan Enter Untuk search