MASIGNCLEAN103

Inilah Keuntungan dan Manfaat Menabung di Bank Syariah

15 Manfaat,Keunggulan dan Kelebihan Menyimpan Uang di Bank Syariah

Banyak masyarakat awam yang belum mengetahui apa saja manfaat menabung di bank syariah. Tentunya menabung di bank syariah akan berbeda dengan menabung di bank konvensional.

Wajar jika bank konvensional hadir lebih dahulu dari bank syariah sebab masyarakatnya sendiri lebih mengenal bank konvensional.

Pada kesempatan ini kita akan membahas kelebihan dan kerugian serta keuntungan menabung di bank syariah dibanding bank konvensional serta manfaatnya bagi masyarakat.

Masyarakat kita banyak yang ragu dan juga takut ketika menabung di bank syariah, mereka tidak tahu kebijakan apa yang akan diberikan bank syariah. 

manfaat bank syariah bagi masyarakat

Anda pastinya sudah tahu modal utama ketika menabung ialah mengetahui kebijakan dan juga hukum yang ditetapkan oleh bank tersebut.

Pengertian bank syariah


Bank syariah ialah bank yang operasionalnya menggunakan prinsip syariah islam. Maksudnya bank ini beroprasi atas ketentuan yang sudah ditetapakan oleh agama islam atau dasar – dasar islam.

Syariah sendiri menyangkut tentang bagaimana cara melakukan muamalah secara islam. Contohnya saja agama islam mengharamkan tentang bunga bank.

Jadi bank syariah akan menjiwai hubungan disetiap transaksi yang ada. Termasuk transaksi efisisensi, keadilan dan kebersamaan.
Efisiensi disini mengarah pada prinsip saling memperoleh keuntungan sebesar mungkin.

Dan prinsip keadilan akan mengarah pada sebuah hubungan anatar pihak bank dan nasabah tidak saling mencurangi antara satu sama lain. Dalam prinsip kebersamaan akan mengarah dalam rasa saling membant dan saling memberi nasihat untuk peningkatan produktifitas.

 Kelebihan dan Manfaat Menyimpan Uang Di Bank Syariah

Di bawah ini akan saya sebutkan beberapa manfaat bank syariah :


1.Terhindar dari riba

Dalam islam haram atau tidak diperbolehkan memakan uang dari riba. Riba dalam islam dosa, jadi ketika anda memakan uang riba anda akan  mendapatkan dosa. Dengan menabung di bank syariah anda dapat menghindarkan diri dari dosa.

2.Berdasar syariah islam

Ketika anda menabung di bank syariah maka anda sudah menjalankan syariah islam dan sudah melaksanakan muamalah dalam ajaran agama islam. Ketika anda melakukan syariah islam maka anda akan mendapatkan pahala.

3.Mendapat pengalaman baru

Anda dapat mendapatkan pengalaman yang baru, sebab produk di bank syariah ini menawarkan bermacam – macam pengalaman yang baru bagi para nasabahnya.

Bank syariah sendiri menawarkan dua jenis tabungan yang dapat di pilih nasabahnya, tabungan tersebut ialah iB yang saat ini memiliki skema kemudahan dalam transaksi sehari –hari dan skema keamanan dana.

Sedangkan tabungan yang kedua ini memiliki skema investasi yang memiliki sistem keamanan dan perolehan hasil investasi.

4.Bonus

Bank syariah memang tidak memiliki sistim bunga untuk menghindari riba, namun jangan khawatir bank syariah memiliki sistem bonus. Jika nasabahnya mempunyai investasi yang besar di bank maka bonus yang anda peroleh setiap bulan akan terasa.

5.Nasabah tidak rugi

Para nasabah tentunya akan merasa was – was jika bank yang ia percaya digunakan sebagai lahan investasi mengalami rugi. Para nasabah takut jika investasi yang ia tanamkan hilang bersamaan dengan hilangnya bank tersebut.

Nasabah tidak perlu khawatir dengan praduganya sebab nasabah tidak akan pernah dirugikan meski bank sudah mengalami kerugian.

 Bank syariah memiliki sitem bagi hasil pada keuntungan yang ia peroleh berdasar pada pendapatan yang ia peroleh setiap bulannya. Dengan cara diatas maka nasabah tidak akan rugi ketika menanamkan investasi di bank syariah.

6.Memiliki fasilitas Net Banking

Meski berbasis syariah teknologi dan juga fasilitas yang dimiliki oleh bank syariah ini tidak kalah dengan bank konvensional. Bank syariah ini dilengkapi dengan ATM dan juga e- banking yang dapat memudahkan nasabahnya dalam melakukan segala transaksi.

7.Bagi hasil

Keuntungan yang baik di bank syariah ini nasabah akan mendapatkan keuntungan bagi hasil dari pihak bank. Dengan sistem bagi hasil ini pihak bank dan nasabah dapat melakukan perhitungan anatara biaya bank dan juga pendapatan bank.

Biaya yang dikeluarkan bank juga diambil dari bagi hasil yang sudah menjadi hak dari bank. Sistem bagi hasil yang satu ini dapat menguntungkan nasabah yang menabung dan juga menginvestasikan uangnya di bank syariah.

8.Aman

Bank syariah ini aman dan terpercaya, sistem keamanannya sendiri sama dengan menbung di bank konvensional sebab bank syariah sendiri telah di dukung dengan teknologi keamanan yang tinggi.

Dengan begini orang yang tidak memiliki kepentingan tidak dapat mengacak – acak isi rekening anda dan tidak dapat mengetahui tabungan anda.

9.Memiliki dukungan fasilitas menarik

Ketika anda menjadi nasabah di bank syariah maka anda akan semakin dimudahkan oleh fasilitas yang ada di bank syariah. Di bawah ini beberapa fasilitas yang ada di bank syariah :
  • Gratis biaya bulanan untuk kartu ATM
  • Gratis biaya administrasi sehingga setiap bulan tabungan anda tidak akan dipotong
  • Gratis untuk biaya debit prima
  • Gratis melakukan biaya transfer di ATM BRI atau ATM Prima
  • Gratis cek saldo di ATM BRI atau ATM Prima

10.Mudah di segala transaksi

Bank syariah memudahkan nasabahnya untuk melakukan tranasaksi melalui ATM. Selain itu lebih menguntungkan lagi jiika anda melakukan transaksi tidak terkena biaya atau potongan ketika melakukan transaksi.

Jika anda mempunyai tabungan di bank syariah maka ATM yang anda miliki dapat anda gunakan sebagi kartu kredit agar dapat digunakan untuk pembayaran belanjaan tanpa harus menggunakan uang tunai.

11.Bank syariah memberlakukan saldo tabungan yang rendah

Bank syariah sangatlah berbaik hati kepada nasabahnya, berbeda dengan bank konvensional yang memiliki ketentuan jumlah saldo yang agak besar maka di bank syariah anda dapat memiliki minimum saldo yang lebih sedikit dari bank konvensional.

Namun anda harus memperhatikan nilai minimal saldo untuk menabung di bank syariah sebab ketika anda memilki tabungan di bawah minimal saldo maka anda akan dikenakan biaya administrasi bulanan.

12.Nasabah merupakan mitra bank

Bank syariah melihat nasabahnya ialah mitra , berbeda dengan bank konvensional yang melihat hubungan nasabahnya ialah pihak kreditur dan debitur.

Dengan asas yang demikian bank akan membayarkan bunga kepada nasabahnya dan tidak peduli berapa rugi yang ditanggung oleh pihak bank. Sedangkan untuk bank syariah nasabah merupakan mitra yang memiliki hak untuk menerima hasil investasi yang sudah ia tanamkan di bank.

Muamalah di bank syariah memilki konsep kebersamaan dan juga keuntungan dalam resiko. Sehingga dapat anda lihat jika bank syariah ini memiliki ekonomi yang sifatnya adil dan trasnparan.

13.Pemanfaatan dana penabung

Manfaat menabung di bank syariah sendiri dapat anda manfaatkan untuk hal – hal yang berupa kebaikan yang sesuai dengan syariat islam. Sedangkan di bank konvensional nasabah tidak akan tahu dimana dananya akan disalurkan.

Yang lebih mengerikan lagi jika anda disalurakn untuk pendanaan proyek haram yang dilarang agama islam atau bisnis yang tidak sesuai dengan syariat islam.

Namun di bank syariah segala proyek akan diseleksi terlebih dahulu dan melihat keuntungan yang diberikan usaha tersebut. Selain itu bank juga meninjau proyek tersebut dengan sisi halal dan haram.

14.Peringatan dini bahaya

Bank syariah memiliki keunggulan dengan memberi peringatan dini terhadap nasabahnya. Ketika bank mengalami kemerosotan nasabah akan mendapatkan pemberitahuan tentang sesuatu yang tidak diinginkan akan terjadi.

Sehingga nasabah dapat melakukan tindakan antisipasi terhadap situasi yang sedang dihadapi.

15.Dana untuk umat

Keunggulan yang lain dari bank syariah ialah dana yang didapat berasal dari dana untuk umat dan di dapatkan dari umat serta mengumpulkan dana dari umat untuk umat.

Sedangkan di bank konvemsional pengumpulan dananya sebagaian besar untuk para konglomerat.

Demikian artikel tentang 15 manfaat menabung di bank syariah yang dapat anda manfaatkan dengan baik. Semoga dengan terbitnya artikel ini anda akan mengerti manfaat dari bank syariah yang baik sekali untuk anda terutama anda yang beragama islam.

Dengan menabung di bank syariah maka anda sudah menjalankan syariah islam dan menjauhi riba serta dosa.

Baca juga:
Selain itu anda pastinya sudah tahu jika bank syariah ini memiliki konsep yang merakyat untuk umat dan cocok bagi anda.

Maka saya sarankan anda menabung di bank syariah untuk mendapatkan hidup yang tentram serta berkah. Terimakasih .
Share This :
Eko Susilo

Mulai Mengetik Lalu Tekan Enter Untuk search