MASIGNCLEAN103

Pilih mana Bisnis Jualan di Toko Online atau Marketplace?

Menguntungkan mana bisnis online dengan berjualan di marketplace atau website toko online sendiri?


Para pebisnis online khususnya dalam bidang penjualan produk secara online,banyak yang masih bingung atau mengalami dilema.

Pertanyaan yang sering muncul yaitu apakah lebih enak atau lebih bagus jualan di marketplace ( Bukalapak,tokopedia,dll) atau lebih bagus jualan melalui website toko online sendiri (web e-commerce).

Kita akan membahas lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangan masing masing baik itu media jualan online melalui toko online sendiri dan melalui marketplace.

belajar peluang usaha bisnis jualan online

Apa itu Marketplace dan Website?


Marketplace

Marketplace jika digambarkan secara sederhana adalah pasar online.Seperti layaknya pasar,pasar adalah tempat berkumpulnya para penjual yang beragam dan para calon pembeli.

Bisnis jualan online melalui marketplace biasanya menggunakan sistem bank bersama untuk melakukan transaksi pembayaran.

Cara kerjanya ketika pembeli membeli barang kepada penjual,pembeli akan diminta melakukan transfer sejumlah uang yang disepakati kepada pihak pengelola situs marketplace.Yang selanjutnya dana akan diteruskan kepada penjual.

Namun ketika barang yang dipesan tidak sesuai dengan apa yang diinformasikan oleh penjual,maka pembeli dapat melakukan komplain dan barang bisa dikembalikan ke pihak penjual,dan akibatnya dana yang masuk ke pengelola marketplace akan dikembalikan ke pembeli.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan keamanan dan kepercayaan calon pembeli.

Website

Website/blog/situs yaitu kumpulan halaman yang berisi konten (bisa konten teks,audio,video) untuk tujuan tertentu.Dalam hal ini yang kita bahas adalah website yang berisi informasi dan produk yang dijual untuk tujuan penjualan atau disebut toko online.

Jika penjualan melalui toko online sendiri tentu saja proses transaksi pembayaran tidak serumit berjualan melalui marketplace.Artinya pembeli dapat langsung transfer uangnya ke pemilik situs tanpa melalui pihak ketiga.

Sebelum memutuskan untuk memilih mana yang lebih baik,bagus,enak untuk berjualan online kita simak dahulu pembahasan berikut agar lebih memahami.

Hal hal yang harus diketahui sebelum membangun toko online

1.Memahami cara kerja jual beli online

Bisnis jualan online berbeda dengan jualan offline.Mulai dari cara pemesanan,cara pembayaran,cara melayani dan pengiriman barang.

Sebelum memutuskan membuat toko online sendiri disarankan untuk mencoba membeli suatu produk yang dijual pada toko online,sehingga akan memahami dan mengerti bagaimana cara kerja suatu toko online.

2.Menyiapkan barang / produk yang dijual

Jika ingin berjualan pastinya harus menyiapkan barang yang akan dijual.Dalam hal ini dapat mempengaruhi dan menentukan apakah kita akan sukses berjualan atau tidak

Harus bisa memilih dan menentukan produk yang akan dijual,yaitu pilihlah produk yang sekiranya banyak diminati dalam jangka waktu lama.

Hal yang sering jadi kendala adalah modal,karena untuk membeli atau membuat produk dagangan memerlukan banyak uang.

Tetapi jika belum memiliki banyak modal dapat memulai usaha sistem dropshipper,yaitu menjual barang milik orang lain.Untuk pembahasan mengenai dropship sudah saya ulas pada artikel berikut klik => Dropshipp bisnis jualan online tanpa modal

3. Membuat website toko online

Membuat website memang tidak sulit bagi yang sudah berpengalaman,namun jika masih baru tentu akan sedikit kebingungan.Diantaranya :
  • Memilih platform (blogger/wordpress
  • Memilih domain
  • Memilih hosting (gratis/berbayar)
  • Membuat websitenya
Agar pengunjung betah pada web toko online maka harus bisa membuat website dengan desain yang menarik.

4.Mempromosikan website toko online

Ini adalah bagian yang tidak mudah,kecuali jika kita mau mengeluarkan modal untuk melakukan promosi dan optimasi website toko online tersebut.

Seperti yang kita ketahui banyak sekali toko online ,yang jika kita melakukan pencarian suatu produk pada search engine google,kebanyakan yang muncul telah didominasi oleh website website toko online besar yang bermodal.

Untuk itu perlu menguasai dan belajar tentang optimasi internet marketing.Pembahasan tentang internet marketing akan saya bahas pada artikel berikut Klik => Belajar strategi internet marketing

 Jika anda hanya bekerja sendiri ,akan membutuhkan waktu yang banyak yaitu melakukan optimasi promosi toko online,melakukan penjualan,pengiriman,dsb.

Bagaimana dengan berjualan online pada situs marketplace?


Sekarang sudah banyak situs marketplace diantaranya tokopedia,bukalapak dll.Untuk memulai berjualan di marketplace kita hanya perlu mendaftar pada situs tersebut,memasang foto produk dan deskripsi,harga dan informasinya.

Kita tidak perlu direpotkan dengan mempromosikan situs marketplace tersebut,karena pengelola situs marketplace yang melakukan itu.

Begitu pun dengan pembeli akan datang dengan sendirinya,karena seperti yang diatas dijelaskan marketplace adalah pasar,tentu saja akan ramai penjual dan pengunjung.

Jadi Manakah yang lebih baik antara berjualan lewat marketplace atau toko online sendiri?

Sebenarnya kedua duanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing.Namun keduanya sangatlah penting untuk penunjang bisnis online,jadi kenapa tidak kita lakukan saja kedua duanya agar saling melengkapi.

Saran saya agar dapat segera memulai bisnis jualan onlinenya langkah pertama adalah jualan dulu pada situs marketplace ,lalu sambil berjalan buat juga website toko online sendiri dengan begitu bisnis akan cepat berkembang.

Kenapa harus berjualan pada situs marketplace terlebih dahulu?,jawabannya adalah karena marketplace memberikan keuntungan diantaranya yaitu:

1.Gratis

Berjualan di situs marketplace tidak dipungut biaya untuk membuat tokonya,berbeda jika harus membuat toko online sendiri,maka akan membutuhkan biaya untuk membuat website,hosting,domain,optimasi SEO dan lainlain.

2.Mudah terindex oleh mesin pencari google

Berjualan melalui situs marketplace,maka produk yang tawarkan ke calon pembeli tidak hanya terbatas ada marketplace saja.Namun produk yang kita unggah juga dapat dengan cepat terindex oleh search engine google.

Berbeda dengan toko online sendiri,harus melakukan optimasi dengan persaingan tinggi agar toko online dapat terindex dan muncul dihalaman awal google.

3.Menggunakan Rekber

Rekber atau rekening bersama,menjadikan rasa kepercayaan pembeli lebih besar,ditambah dengan kredibilitas situs marketplace tersebut.

Dengan sistem rekening bersama kita tidak perlu menyediakan banyak rekening dari bank yang berbeda,karena kebanyakan pembeli akan melakukan pembayaran sesuai dengan rekening bank yang mereka miliki.Dan itu sudah dihandle oleh pengelola marketplace.

4.Tempat berkumpulnya pembeli

Inilah tujuan utama website untuk jualan yaitu dapat mendatangkan pembeli.Kebanyakan pengunjung marketplace sudah memiliki niat untuk mencari produk yang mereka ingin dan butuhkan.

Keuntungannya sebagai penjual,telah didatangkan pembeli yang mana kesempatan jual beli terbuka lebar.

5.Promosi gratis

Keuntungan lainnya yaitu dengan memanfaatkan marketplace adalah adanya promosi gratis yang diberikan pengelola marketplace tersebut.

Misalnya adanya diskon harga 25% yang ditanggung oleh pihak marketplace serta ongkos kirim yang juga ditanggung oleh pihak marketplace.Tentu saja hal ini sangat menguntungkan penjual.

Nah,bagaimana sudah mengerti dan memahami bukan? untuk memudahkan cepat berkembangnya bisnis jualan online disarankan memulailah terlebih dahulu pada situs marketplace,kemudian sembari berjalan belajarlah membuat toko online dan jalankan kedua duanya.Hasilnya akan lebih mantap.
Share This :
Eko Susilo

Mulai Mengetik Lalu Tekan Enter Untuk search