MASIGNCLEAN103

Daftar Jenis Jenis Dompet (Wallet) Bitcoin Teraman Terbaik dan Tanpa Fee

Macam Macam Jenis Wallet (Dompet) Bitcoin Terbaik Dan Teraman

Dompet atau wallet bitcoin sangat penting untuk menyimpan dan mengelola bitcoin.Karena tanpa memiliki wallet bitcoin pemilik bitcoin tidak bisa melakukan transaksi baik itu menerima maupun mengirim bitcoin.

Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai cara membuat bitcoin addres,daftar bitcoin wallet address gratis,dompet bitcoin terbaik serta cara menyimpan bitcoin paling aman ataupun cara menyimpan bitcoin di flashdisk.cara memilih wallet bitcoin teraman terbaik diIndonesia dan dunia.
cara membuat bitcoin address

Dompet bitcoin bermacam macam jenis,untuk itu sebelum memutuskan mau memilih yang mana ,perlu mempertimbangkan beberapa hal terkait penggunaan bitcoin,diantaranya:

1.Seberapa sering bertransaksi dengan bitcoin?

Jika kita sering memiliki keperluan bertransaksi dengan bitcoin,disarankan menyimpan bitcoin pada wallet yang praktis atau mudah diakses,misalnya wallet bitcoin android dan dekstop.

2.Proses transaksi bitcoin

Proses transaksi bitcoin bisa dilakukan secara online melalui koneksi internet maupun secara offline.Untuk dompet bitcoin offline bisa memilih menginstall software wallet bitcoin diantaranya :copay (perangkat android dan ios),Mycelium (perangkat android), dan breadwallet (perangkat ios)

3.Banyaknya jumlah bitcoin

Semakin banyak bitcoin yang dimiliki maka keharusan memilih dompet bitcoin yang aman harus benar benar dipertimbangkan.jika memiliki banyak bitcoin disarankan menggunakan dompet jenis hardware serta offline contohnya Armory.

4.Resiko keamanan bitcoin

Seperti layaknya menyimpan uang sungguhan seperti rupiah,tentu kita memiliki dompet yang biasa menyimpan uang untuk keperluan sehari hari.Namun jumlah uang yang banyak kita simpan di tabungan bank maupun brankas misalnya.

Begitu juga dengan mengelola bitcoin,Pergunakan dompet bitcoin mobile untuk menyimpan bitcoin yang sering kita gunakan untuk transaksi,nah untuk jumlah besar kita simpan pada dompet hardware.

Macam Macam Jenis Dompet Bitcoin (wallet)

Untuk menyesuaikan berbagai macam penggunaan bitcoin,maka dompet bitcoin pun bermacam macam yaitu:

1.Bitcoin Web online wallet
wallet bitcoin yang memerlukan koneksi internet untuk mengaksesnya dan melakukan transaksi.Bitcoin tersimpan pada pihak ke-3 pada website milik perusahaan jasa dompet bitcoin.
2.Bitcoin hardware wallet
Dompet bitcoin yang menggunakan perangkat fisik,biasanya untuk keamanan yang lebih maksimal
3.Bitcoin software wallet
Dompet bitcoin berupa software atau aplikasi yang dapat diinstal pada perangkat seperti komputer,smartphone dan tab
4.Bitcoin paper wallet
dompet bitcoin rahasia dengan mencetak kode kunci melalui kertas,melalui komputer offline.

Sampai disini sudah terbayang kan kira kira mau pilih dompet bitcoin seperti apa yang sesuai dengan keperluan kita.

Agar lebih jelas akan saya bedah satu persatu jenis jenis dompet bitcoin:

1.Dompet Bitcoin Web Online

yaitu dompet bitcoin yang disimpan pada pihak ke-3 suatu website milik perusahaan yang memiliki jasa penyimpanan bitcoin,yang biasanya mengenakan fee pada setiap transaksi.Ketika kita menyimpan bitcoin pada pihak lain artinya bitcoin kita percayakan ke orang lain.

Penting sekali untuk memilih dan mencari yang terpercaya,karena ini menyangkut keamanan bitcoin yang kita miliki.

Inilah beberapa dompet bitcoin terbaik didunia dan di Indonesia:

1.Blockchain  ( web:blockchain.info )

Blockchain merupakan dompet bitcoin yang terpercaya dan sudah tidak diragukan lagi.Kita dapat melihat semua transaksi bitcoin seperti mengirim dan menerima bitcoin dari semua akun blockchain.Sistem keamanannya yang sanggup menjamin dalam setiap transaksi dan penyimpanan.

Kelebihan lainnya yaitu blockchain memberi kemudahan bagi merchant merchant online dengan menyiapkan teknologi API.Namun dibalik semua kelebihannya itu,masih memiliki kekurangan diantaranya yaitu:
  • Hanya dapat untuk menyimpan bitcoin,artinya belum bisa untuk menyimpan koin koin lain seperti etherum,litecoin dsb.
  • Untuk kita sebagai orang Indonesia,di blockchain tidak tersedia layanan penukaran bitcoin dengan mata uang rupiah.Sebaiknya selain menggunakan blockchain kita harus menggunakan dompet yang lain juga.

2.Bitcoin.co.id

Website dompet bitcoin.co.id menurut saya yang paling terbaik di Indonesia,karena selain sebagai dompet bitcoin disini kita juga dapat melakukan penukaran bitcoin dengan rupiah.Kelebihan lainnya yang sering dijadikan tempat bisnis yaitu sebagai market jual beli bitcoin biasanya orang menyebutnya dengan trading bitcoin.

Kelebihan lainnya yaitu:
  • Dapat menyimpan koin selain bitcoin
  • Memiliki platform chatroom
  • Sebagai media jual beli dan penukaran bitcoin

Walaupun begitu dalam FAQ pada situs bitcoin.co.id menyatakan alamat dompet bitcoin pada bitcoin.co.id memang dapat digunakan untuk transaksi,tetapi sebaiknya pengguna juga disarankan memiliki dompet bitcoin yang lebih permanen,contohnya blockchain.

3.Coinbase.com

 Coinbase juga salah satu dompet web terbaik didunia,tingkat kepercayaan dan kredibilitasnya hampir sama dengan blockchain.Web coinbase memiliki kantor pusat di Sanfransisco,Amerika Serikat.

Hanya saja tingkat kepopulerannya masih dibawah blockchain,akan tetapi pengguna dompet coinbase sudah banyak tersebar diseluruh dunia.Kelebihannya yaitu:
  • Verifikasi yang sangat mudah hanya melalui no handphone
  • Prosedur transaksi yang mudah
  • Gratis biaya transaksi
  • Terdapat API untuk merchant online
Hanya saja ada beberapa keluhan karena sistemnya sering terjadi eror.Di coinbase tidak tersedia layanan penukaran bitcoin dengan rupiah.

4.Xapo.com

Situs xapo selain sebagai jasa penyedia dompet bitcoin juga sekaligus sebagai tempat mendapatkan bitcoin secara gratis yang biasa disebut Faucet Bitcoin.Hal ini menambah point kelebihannya serta memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk dapat menyimpan bitcoin dengan mudah yang didapatkannya melalui faucet.

Kelebihan lainnya yang cukup berbeda dengan web wallet lainnya yaitu xapo menerbitkan kartu debit yang dapat dipergunakan para klien di toko/merchant bahkan dapat digunakan untuk menarik dana melalui mesin ATM.

Dalam pembuatan akunnya lumayan mudah dengan verifikasi hanya melalui nomor handphone.Hanya saja untuk keamanannya setiap melakukan log in selalu menggunakan kode yang berbeda yang dikirimkan melalui sms.

5.Bitx

Situs ini hampir serupa dengan bitcoin.co.id yaitu menyediakan market untuk trading bitcoin atau jual beli bitcoin.Untu penyimpanan hanya menerima bitcoin,artinya tidak menyediakan jasa penyimpanan untuk koin lainnya.Yah..dalam hal ini masih unggul bitcoin.co.id

Saat ini Bitx sudah berganti nama menjadi Luno dan bergerak sebagai perusahaan global.Sudah memiliki kantor cabang di singapura,london dan capetown.

Situs ini mendukung bagi pengguna dari Indonesia karena menyediakan transaksi jual beli dengan mata uang rupiah.Kelebihan lainnya yaitu gratis pengiriman bitcoin antar wallet serta biaya penarikan sangat kecil.

Hanya saja kekurangannya masih sedikit yang menggunakannya dan sering terjadi eror.

2.Dompet Bitcoin Perangkat Keras/Hardware

Wallet hardware yaitu komputer atau smartcard yang diciptakan untuk tujuan hanya satu yaitu menghasilkan kunci pribadi bitcoin secara online.Dompet hardware menandatangani secara aman transaksi ditempat offline yang sama.

Inilah beberapa dompet bitcoin perangkat keras terbaik:

1.Ledger Nano

Wallet hardware yang berbasis smartcard,Privat key diciptakan serta ditandatangani secara offline pada lingkungan aman smartcard.Nano dibuat menggunakan aplikasi Ledger Chrome.

Benih 24 kata secara acak dihasilkan saat penyiapan dengan dukungan offline dengan cara menuliskannya pada selembar kertas.

Seandainya terjadi kerusakan,kehilangan bahkan pencurian seluruh dompet bitcoin akan dapat dibuat lagi dengan benihnya.

Kode PIN juga dapat ditambahkan kedalam perangkat untuk melindunginya dari pencurian fisik maupun hacking.

Ledger nano dapat digunakan pada komputer maupun smartphone android melalui Mycelium atau GreenBits.

2.Trezor

Trezor hardware yang berbeda dengan ledger nano,pada trezor adalah menggunakan komputer yang sangat kecil dibanding dengan smartcard.Privat key dihasilkan secara offline.

Trezor juga sama yaitu menghasilkan 24 kata saat penyiapan,dan memiliki layar built in sendiri yang mana benih kata ditampilkan dan di copy saat backup.

Karena trezor merupakan perangkat offline ,sehingga keamanannya lebih bagus,karena benih kata tidak ditampilkan pada komputer online.Serta kata sandi ekstra dapat ditambahkan selain 24 kata.Hal tersebut memberikan keamanan ekstra,karena siapapun yang menemukan benih 24 kata,orang lain bebas untuk mengakses dana tersebut.

Jika kata sandi ditambahkan,penyerang masih tetap tidak bisa mengakses dana tanpa benih kata dan sandi.Tetapi jika melupakan kata sandi,wallet tidak dapat dipulihkan kembali.

3.Opendime

Opendime merupakan USB stick kecil yang berguna untuk melakukan penyimpanan dan transaksi seperti akun rekening virtual.Sambungkan ke USB untuk mengecek saldo,bisa untuk belanja online.Prinsip kerjanya hany untuk membaca.

Dapat digunakan pada komputer/laptop,dan smartphone.File gambar kode QR dan alamat bitcoin serta kunci pribadi dihasilkan didalam perangkat yang tidak pernah diketahui siapapun,bahkan pengguna pun tidak.

Dengan kunci pribadi keamanan lebih terjamin.Jika perangkat opendime dicuri,kita tidak perlu khawatir dengan bitcoinnya karena dengan kunci pribadi kita dapat mengambilnya kembali.

4.Ledger Unplugged

yaitu dompet perangkat keras nirkabel seukuran dengan kartu kredit,dengan kunci pribadi dihasilkan secara offline.Proses transaksi ditandatangani melalui perangkat serta dikirim ke ponsel via NFC.

Perangkat ini sangat bagus untuk penggunaan sehari hari,karena gampang dibawa dalam dompet serta tidak memerlukan kabel OTG.

3.Bitcoin Software Wallet

Software wallet adalah suatu software atau aplikasi yang diinstall pada perangkat smartphone baik android atau ios dan perangkat Dekstop.

1.Software wallet untuk smartphone android

Aplikasi atau software dompet bitcoin untuk perangkat android yaitu aplikasi wallet bicoin yang diinstal pada smartphone android.

Berikut beberapa aplikasi dompet bitcoin untuk android:

1.Breadwallet

Breadwallet merupakan dompet bitcoin paling populer,yang awalnya lebih dahulu untuk perangkat ios.Dan sekarang tersedia juga untuk perangkat android.Spesifikasi android yang kompatible yaitu Android 6.0 atau lebih tinggi.

Userface yang sederhana dan keamanan serta mudah digunakan menjadi pilihan yang tepat untuk pengguna baru,yang baru mengenal bitcoin.

2.Mycelium

Ini merupakan favorit dompet bitcoin bagi pengguna yang berpengalaman karena dompet bitcoin ini memiliki banyak fitur canggih ,diantaranya: memiliki dukungan untuk dompet perangkat keras Ledger dan Trezor.Sehingga untuk jumlah bitcoin yang banyak dapat disimpan pada ledger maupun trezor.

3.Bitcoin Wallet

Aplikasi dompet bitcoin pertama yang dibuat untuk perangkat android,sederhana gampang di backup serta terhubung langsung kejaringan bitcoin dengan SPV.

4.Airbitz

Dompet bitcoin yang tepat untuk penggunaan sehari hari,terintegrasi dengan fold,keuntungannya bisa memperoleh diskon 20% pada merchant sturbucks melalui wallet Airbitz.

Airbitz mengelola akun menggunakan nama pengguna dan kata sandi,akan tetapi Airbitz tidak memeliki kendali atau akses terhadap dana bitcoin penggunanya.

Cara membuat akunnya sangata mudah,sangat cocok untuk pengguna yang kurang mengerti mengenai benih HD.

5.GreenBits

Merupakan versi asli dari GreenAddress,aplikasi ini sederhana ,cepat dan mendukung dompet perangkat keras seperti trezor dan ledger nano.

2.Bitcoin Software Wallet Untuk Smartphone iOS

Aplikasi atau software dompet bitcoin untuk perangkat iOS yaitu aplikasi wallet bicoin yang diinstal pada smartphone iOS.

Berikut beberapa aplikasi dompet bitcoin untuk iOS:

  1. Breadwallet
  2. Copay
  3. Airbitz

3.Bitcoin Software Wallet Untuk Dekstop

Yaitu dompet bitcoin berupa software yang diinstal pada perangkat dekstop baik itu OS Windows,Linux atau Mac.

Berikut ini beberapa dompet bitcoin yang dapat diinstal pada dekstop:

1.Armory

yaitu wallet bitcoin yang paling bagus,aman dan cocok untuk menyimpan jumlah bitcoin dalam jumlah yang banyak.Pengguna memiliki kontrol penuh dengan semua privat key bitcoin yang dapat mempersiapkan proses penandatanganan offline secara aman.

2.Bitcoin Core

Bitcoin core aadalah klien resmi dari bitcoin,walaupun sedikit orang yang menggunakannya.Hal ini disebabkan karena speednya yang lambat serta fitur yang terbatas.

Meskipun begitu bitcoin core memiliki ikatan penuh dalam membantu memverifikasi dan mentransmisikan transaksi bitcoin pada seluruh jaringan serta menyimpan salinan penuh blockchain.

Bitcoin core memiliki kelebihan memberikan privasi yang lebih baik.Karena Bitcoin core tidak tidak bergantung pada data server eksternal atau klien yang lain pada jaringan.Tingkat kemanan dan kerahasiaan lebih terjaga.

3.Electrum

Software wallet ini termasuk yang terpopuler,salah satu penyebabnya adalah user friendly (mudah dalam penggunaan) dan kecepatannya.

Electrum dapat digunakan sebagai Penyimpanan dingin jika kita mempunyai komputer yang digunakan secara offline.

Tambahannya ,Electrum memberikan fitur lain diantaranya bisa dihubungkan melalui Tor,Wallet multisign,integrasi dengan wallet hardware dll.

4.Multibit HD

Kelebihan yang dimiliki multibit HD yaitu mudah digunakan serta kecepatannya yang bagus dan support dengan dompet perangkat keras Trezor dan Keepkey.

4.Dompet Bitcoin Kertas (Bitcoin Paper Wallet)


Dompet bitcoin kertas yaitu cara standar penyimpanan dingin bitcoin sebelum dompet perangkat keras dibuat.Dompet ini berupa kunci pribadi yang dicetak pada selembar kertas.

Agar lebih aman dompet kertas harus dibuat pada komputer yang aman (bebas malware) dan offline.

Mungkin kekurangannya hanya merepotkan untuk membuat serta mencetak dompet baru setiap akan mengirim bitcoin ketempat penyimpanan dingin.

Untuk mempercepat bisa dengan mencetak massal untuk menghemat waktu dan menghilangkan kembali alamat dompetnya.

Salah satu cara membuat alamat bitcoin dengan dompet kertas yang aman yaitu:

  1. Persiapkan perangkat komputer atau laptop, maupun notebook (bersih dari malware,virus)
  2. Memiliki Koneksi internet (hanya utk buka website sejenak)
  3. Printer dan kertas cukup tebal 80gram atau lebih 
Langkah-langkah membuat Bitcoin paper wallet:
1.Buka google dan Masuk ke website : bitaddress.org  sebuah situs nirlaba sama spt bitcointalk.org

2.Setelah halaman website tampil, kita putuskan koneksi internet sampai selesai langkah dibawah ini.

3.Gerakan mouse kemana saja didalam layar komputer dan bisa dicampur dengan mengetik huruf/kata/ apa saja dlm kotak isian text hingga angka mencapai 100% 

4.Tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan QR code dompet kertas Spend (alamat bitcoin) dan Load & Verify (password/privkey), satu dompet tercipta.

5.Klik tombol 'paper wallet'

6,Lalu muncul tiga dompet kertas siap untuk dicetak,

7.Nyalakan printer, siapkan kertas dan tekan tombol print (tombol kanan atas layar)tiga buah dompet kertas sekaligus dapat langsung digunakan.

8.Jika ingin 50 dompet , isi quantity dan tekan tombol generate address.nah jadi

Cara cek alamat bitcoin yang dibuat dengan dompet kertas:

1.Akses situs web penyedia cek rekening bitcoin,diantaranya:
  • blockexplorer.com
  • blocktrail.com
  • blockchain.info

2.Masukan atau ketikkan alamat bitcoin yang tertera pada dompet kertas.kedalam pencarian di situs diatas. (BUKAN Password/passphrase/private key/Spend ya Angry ) ,

3.Jika alamat bitcoin terbaca artinya alamat tersebut pasti bisa untuk terima bitcoin.

Cara memindahkan saldo bitcoin dari Dompet kertas ke dompet handphone (android atau iOS)


Dompet kertas memiliki ciri /default artinya setiap dipindahkan ke wallet online (komputer/hp) ,maka saldo akan berpindah seluruhnya.

Meskipun alamat tersebut masih dapat menerima bitcoin, tetapi baiknya jangan dipakai lagi/ dibuang karena masih bisa membuatnya.

1. Pilih salah satu aplikasi dompet mobile (misal:breadwallet,mycelium,copay)yg disukai lalu install.

2. Pastikan handphone tersebut dilengkapi dengan kamera
 
3. Jalankan aplikasinya dan cari menu "import private key", disana akan langsung konek kamera untuk scan qrcode ,lalu arahkan kamera ke dompet kertas kita.

4. Scan private key ,saldo akan langsung berpindah masuk dompet handphone.

Itulah macam macam atau jenis jenis dompet/wallet bitcoin beserta cara menyimpannya.Semoga bermanfaat.
Share This :
Eko Susilo

Mulai Mengetik Lalu Tekan Enter Untuk search