MASIGNCLEAN103

Apa Itu Bitcoin?Penjelasan,kegunaan dan Cara Cepat Mendapatkannya

Apa itu bitcoin? dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Sedang penasaran mengenai kegunaan bitcoin,yah memang sekarang lagi ngetrend didunia maya membicarakan Bitcoin,buat kamu yang baru mendengar pasti masih awam atau bingung apa itu bitcoin dan cara mendapatkannya?Apa itu bitcoin mining?keuntungan apa yang didapat dari memiliki bitcoin?dan untuk apa kegunaan bitcoin?

Banyak juga istilah yang terkait dengan bitcoin diantaranya Bitcoin faucet,Minning Bitcoin,trading bitcoin dan masih banyak lagi.

Apakah Bitcoin Bisa DiUangkan?

Jawabannya:Tentu saja bisa ,caranya yaitu dengan menukarkan bitcoin atau menjual bitcoin dengan rupiah pada market atau exchanger salah satunya di bitcoin.co.id.

Baiklah langsung saja kita bedah dan buka apa itu sebenarnya Bitcoin.Penjelasan Bitcoin

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin yaitu salah satu mata uang digital yang tercipta dari tekhnologi criptocurrency.Boleh dibilang bitcoin itu seperti emas versi dunia maya.Dikatakan seperti itu karena dalam penciptaannya harus melalui proses penambangan (mining).
penjelasan keuntungan dan kegunaan bitcoin

Sebenarnya bitcoin sudah lama di temukan yaitu sekitar tahun 2009 yang diluncurkan secara terbuka (open source) ke khalayak publik.Disebutkan bitcoin diciptakan oleh orang jepang bernama Satoshi Nakamoto.

Mengapa Banyak Yang Mencari Dan Ingin Memiliki Bitcoin?

Menurut saya alasan utama kenapa banyak yang menginginkan bitcoin adalah karena nilai tukar bitcoin terhadap mata uang negara selalu meningkat dari waktu ke waktu atau mahal.

Yang mempengaruhi nilai bitcoin adalah faktor pembelian dan penjualan oleh para pengguna bitcoin.Banyak yang membeli tetapi bitcoin yang tersedia masih kurang mencukupi.

Disamping hal tersersebut menjadi alasannya bitcoin juga memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut:

apakah bitcoin bisa diuangkan

Kelebihan Bitcoin yaitu:

1.Transfer lebih cepat karena secara peer to peer
Peer to perr maksudnya adalah bitcoin bergerak mandiri tidak memiliki pusat server.Penyimpanan server bitcoin bersifat desentralisasi dan tersebar keberbagai sever yang dimiliki oleh setiap pengguna bitcoin yang terhubung dalam jaringan.

2.Mudah dalam transfer kemana saja,keseluruh dunia
Bitcoin dapat dikirimkan kemanapun dengan waktu yang sangat cepat yaitu dalam hitungan detik.Darimana pun dan kapan pun kita mau.Proses transfer bitcoin juga sangat mudah dan gampang yaitu hanya dengan menggunakan smartphone dengan koneksi internet.

3.Fee/Potongan biaya transfer sangat kecil
Bahkan biaya transfer bitcoin dapat dihilangkan hingga gratis,tetapi untuk untuk proses yang lebih cepat,Biasanya wallet bitcoin akan mengenakan fee sekitar Rp 500.-Rp 3.000,Berapapun jumlah pengirimannya,fee tetap.

4.Transfer bitcoin tidak bisa dibatalkan
Ketika kamu salah mengirimkan bitcoin ke orang lain,tidak bisa ditarik sepihak.Tidak seperti paypal.Terkecuali orang yang telah mendapat kiriman bitcoin,mengirimkannya kembali.

5.Transaksi bitcoin bersifat pesudonymous
Semua transaksi dan saldo bitcoin dapat kita lihat,tetapi kita tidak tahu siapa pemilik alamat bitcoin tersebut,kecuali si pemilik memberitahu.

Semua pengguna bitcoin dapat memilih apakah namanya ingin diperlihatkan atau tidak,walaupun si pengguna merahasiakan identitasnya,semua transaksi tetap tercatat dan dapat dilihat oleh publik.

6.Bitcoin adalah mata uang kebebasan
Bitcoin tidak seperti mata uang resmi negara yang keberadaannya dikontrol oleh lembaga perbankan negara.

Bitcoin tidak dikontrol oleh suatu pihak,tetapi sangat terbuka untuk publik,kelebihannya sangat mustahil bagi seseorang jika ingin memalsukan transaksi.Karena seluruh transaksi tercatat secara Live,transaparan serta tersebar juga keseluruh jutaan server pengguna.

Jika memang ingin merubah dan memalsukan data transaksi bitcoin,maka harus nge-hack jutaan server pengguna dalam waktu bersamaan.

Kekurangan Bitcoin yaitu:

1.Nilai tukar bitcoin yang tidak stabil
Sangat berbeda dibandingkan dengan mata uang konvensional lainnya yang nilainya dipengaruhi oleh faktor politik ekonomi dan berbagai macam faktor lainnya sehingga perubahan nilai yang terjadi tidak terlalu signifikan.

Tetapi nilai bitcoin sangat mudah berubah nilainya setiap waktu,faktor ini disebabkan karena nilai bitcoin dipengaruhi oleh minat para  pengguna.Sesuai dengan hukum ekonomi jika peminatnya banyak maka nilai harganya meningkat,begitu juga sebaliknya.

2.Stock bitcoin terbatas
Dikatakan supplay bitcoin hanya tersedia 21 juta bitcoin diseluruh dunia termasuk yang belum di mining.Sistem penciptaan bitcoin yang semakin berkurang setiap 4 tahun sekali,termasuk sistem ekonomi berdasarkan deflasi,akibatnya karena semakin sedikit nilai bitcoin semakin naik.

3.Bitcoin dapat hilang dan rusak atau dihapus.
Bitcoin merupakan sebuah file,sehingga bitcoin dapat dengan mudah rusak dan hilang jika terhapus atau jika terjadi masalah pada perangkat yang digunakan.Kemungkinan bitcoin dapat hilang,rusak dan terhapus dapat terjadi meskipun sangat jarang terjadi.

Dimana Saya Menyimpan Bitcoin?

Karena bitcoin merupakan uang virtual digital tentu untuk menyimpannya tidak seperti uang konvensional lainnya. Untuk menyimpan bitcoin memerlukan Dompet bitcoin atau wallet.Ada beberapa macam jenis dompet bitcoin. 

''Baca Selengkapnya: Macam-macam jenis Wallet/dompet Bitcoin''
 

Bagaimana  Cara Transaksi Menggunakan Bitcoin

Kita dapat transfer bitcoin kemana pun dan kapan pun keseluruh dunia asalkan gadget pengguna tersedia atau terkoneksi internet.

Kedua belah pihak yaitu pengirim dan penerima harus memiliki wallet/dompet bitcoin yang sudah terinstall pada masing masing gadget.Sesudah menginstal wallet,kita akan mendapatkan Bitcoin address.
Cara transaksinya begitu mudah yaitu:
  1. Buka aplikasi dompet bitcoin
  2. masukkan bitcoin address dari lawan transaksi
  3. masukan juga jumlah bitcoin yang akan ditransfer
  4. Lalu kirim
Pastikan bitcoin address sudah tepat,jangan sampai salah kirim

Bagaimana Cara mendapatkan bitcoin bagi pemula?

Ada 5 cara untuk dapat memiliki mata uang digital bitcoin dari yang gratis hingga bermodal uang.Untuk cara mendapatkan bitcoin gratis salah satunya yaitu melalui Bitcoin Faucet.

Inilah 5 cara mendapatkan bitcoin:
1.Exchanger Bitcoin
Yaitu dengan membeli bitcoin secara langsung pada market exchanger bitcoin.Penjelasan mudahnya adalah menukarkan mata uang dunia nyata(Rupiah) dengan bitcoin.

2.Minning atau Menambang Bitcoin
yaitu mendapatkan bitcoin dengan cara memasang aplikasi bitcoin miner pada perangkat komputer yang dilengkapi dengan tekhnologi GPU dan ASIC.

3.Minning Cloud
yaitu mendapatkan bitcoin dengan cara minning tetapi dengan menyewa perangkat dan tekhnologi,sehingga kita tidak perlu membeli perangkat mining sendiri.

4.Bitcoin Faucet
Yaitu Cara paling mudah mendapatkan bitcoin gratis.Faucet merupakan sebutan untuk situs situs web yang memberikan bitcoin gratis kepada membernya dengan persyaratan misalnya:menonton iklan,melakukan survey,memainkan game dll.Faucet banyak dimanfaatkan oleh pemburu receh bitcoin karena bitcoin yang didapat relatif kecil.

Pada dasarnya ini bukanlah cara gratis karena memerlukan koneksi internet.

5.Melalui Advertiser A-ads.com
Cara ini hanya bisa dilakukan jika kamu telah memiliki sebuah website atau blog.Cara kerjanya yaitu blog dipasang dengan iklan dari A-ads yang nantinya pemilik website akan dibayar dengan bitcoin.


Untuk apa memiliki bitcoin


Dari awal kita membahas mengenai bitcoin mulai dari penjelasan ,cara menyimpan dan mendapatkan bitcoin.Sebelum memutuskan mencari dan memilikinya pastikan kamu tahu apa tujuannya.
Biasanya para pemilik dan pengguna bitcoin memiliki salah satu atau semua dari ketiga tujuan berikut:

1.Investasi Bitcoin
Layaknya sebuah aset seperti emas dan aset berharga lainnya,menyimpan bitcoin menjadi salah satu investasi,disamping harganya yang cenderung naik dari waktu ke waktu.

2.Sebagai Alat Pembayaran
Bitcoin merupakan mata uang jadi sudah sewajarnya jika mata uang dijadikan sebagai alat pembayaran,memang di Indonesia masih belum banyak yang menerima pembayaran via bitcoin,tetapi untuk merchant merchant tertentu sudah mulai menggunakannya.

3.Bisnis Bitcoin
Hampir sama dengan investasi bedanya cuma sedikit,jika investasi cenderung menyimpan,tetapi jika berbisnis lebih cenderung memutar bitcoin agar menghasilkan keuntungan.

Bisnis dengan bitcoin yaitu jual beli bitcoin ,sama seperti jual beli barang apapun caranya yaitu beli bitcoin disaat harga sedang turun (murah) dan jual ketika harga sedang naik (mahal),dengan begitu bisa menghasilkan keuntungan.

''Bisnis bitcoin dikenal dengan trading bitcoin, baca juga:
Cara Trading Bitcoin Bagi Pemula''

Itulah penjelasan mengenai penjelasan mengenai kegunaan dan keuntungan serta cara mendapatkan bitcoin.Salam profit...
Share This :
Eko Susilo
avatar

Cryptocurrency prices, market cap rankings, charts and more.

6 Maret 2018 17.54

Mulai Mengetik Lalu Tekan Enter Untuk search